Karimunjawa, Keindahan Bawah Lautnya Mengagumkan

Pariwisata Indonesia mulai menunjukkan geliat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya destinasi wisata anyar yang menunjukkan eksitensinya. Salah satu yang belakangan kian mengkilap ketenarannya adalah Karimunjawa.

gopr0868_HWO.jpg
Keindahan alam bawah laut Karimunjawa (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Selama beberapa tahun terakhir kawasan ini mampu menyedot banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, khususnya mereka yang menyukai wisata bahari. Karimunjawa sendiri terdiri dari 27 pulau cantik dan kerap jadi tujuan snorkeling utama di Jawa Tengah, lantaran keindahan alam bawah lautnya begitu menakjubkan.

Snorkeling di Karimunjawa

gopr0735_l9v.jpg
Snorkeling (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Pesona keindahan Karimunjawa tak hanya terletak pada keindahan pantainya yang berpasir putih halus dengan lautan jernih. Namun juga pada kehidupan bawah lautnya. Pemandangan yang disuguhkan begitu cantik, hingga bisa disebut sebagai surga ribuan biota laut dan terumbu karang. Semuanya tampak begitu memesona, hingga wajib untuk terus dijaga kelestariannya.

gopr0865_2Wu.jpg
Aneka terumbu karang (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Keindahan bawah laut ini bisa Teman Traveler nikmati dengan banyak cara, salah satu yang paling praktis adalah ber-snorkeling. Kalian bisa melihat ikan beraneka warna berenang bebas ke sana kemari. Pastinya bakal hadirkan pengalaman mengesankan selama menikmati liburan di sini.

Tips Snorkeling

dscf8617_tAk.jpg
Menikmati segarnya lautan sekitar (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Ada sedikit tips buat Teman Traveler yang ingin menjelajah indahnya pemandangan bawah laut di sini. Pertama, usahakan memakai pakaian renang, namun jangan yang terlalu tipis, terutama untuk perempuan. Berikutnya, kenakan perlengkapan snorkeling dengan benar. Jika kurang mengerti caranya, tanyakan pada guide demi keamanan kalian sendiri. Buat yang ingin berfoto-foto di bawah laut, jangan lupa membawa kamera underwater.

gopr0873_9D8.jpg
Asyik menyelam (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Oh iya tips terakhir, jika Teman Traveler ingin dikerubuti ikan-ikan cantik beraneka warna selama snorkeling, bawalah sepotong roti untuk menarik mereka datang. Kalian bisa membelinya di penginapan atau warung-warung sekitar. Rasakan sensasi geli dan seru ketika deretan mulut imut ikan-ikan tersebut memakan roti di genggaman tangan. Bakal jadi pengalaman seru yang takkan terlupakan.

Spot Terbaik

dscf7759_EFB.jpg
Menuju spot (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Di Pulau Karimunjawa terdapat beberapa spot snorkeling yang bisa Teman Traveler coba. Namun dua yang paling recommended adalah Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Tengah. Menjangan kecil letaknya cukup dekat dengan dermaga pulau, hanya sekitar lima menit perjalanan menggunakan perahu motor.

Lokasi ini cukup populer di kalangan penggemar diving dan snorkeling. Teman Traveler bisa melihat banyak kumpulan ikan hias cantik, termasuk ikan nemo. Ada juga gugusan terumbu karang yang relatif lebih bagus dibanding di Pulau Menjangan Besar.

dscf8569_mFY.jpg
Menikmati segarnya lautan sekitar (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Spot berikutnya, Pulau Tengah, memiliki kondisi alamnya yang masih sangat terjaga kelestariannya. Tak salah jika tempat ini dijadikan kawasan wisata bawah laut. Buat Teman Traveler yang menyukai keanekaragaman terumbu karang, sebaiknya mencoba menyelam di sisi barat pulau. Di sini kalian bisa menemukan banyak nudibranchia alias siput air.

Biaya Snorkeling

gopr0761_pZm.jpg
Open trip (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jika Teman Traveler memakai jasa tour, biaya snorkeling sudah include dengan paket wisata. Namun jika tidak, kalian bisa mendaftar one day trip atau open trip, dengan biaya berkisar antara Rp150.000 hingga Rp200.000. Fasilitasnya terdiri dari kapal wisata, dua spot snorkeling, dua pulau untuk island hopping, dan makan siang dengan menu ikan bakar segar.

Buat Teman Traveler yang suka backpacker-an, mengikuti one day trip bisa jadi pilihan. Kalian bakal diajak melakukan perjalanan eksploratif yang menyenangkan.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah indahnya alam bawah laut Karimunjawa. Bagaimana Teman Traveler, tertarik untuk mampir ke sini? Jika kalian sedang jalan-jalan menjelajah wisata Jepara, jangan lupa agendakan untuk habiskan liburan di sini ya.

Tags
Jepara Karimun Jawa kontributor Travelingyuk wisata jepara
Share