Daftar Spot Snorkeling di Banten, Lokasi Seru untuk Sapa Penghuni Laut

Snorkeling memang sangat mengasyikkan. Teman Traveler bisa menikmati beragam keindahan alam bawah laut Indonesia, seperti terumbu karang, ikan-ikan, maupun biota laut warna warni jadi hal menarik yang bisa disaksikan ketika asyik menyelam. Berikut adalah deretan spot snorkeling di Banten yang bisa kalian kunjungi di liburan berikutnya.

1. Pantai Beach Club Tanjung Lesung

Beach Club Tanjung Lesung (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Beach Club Tanjung Lesung (c) Yudi Rachmatullah/Travelingyuk

Pesona Pantai Beach Club Tanjung Lesung seolah tidak ada habisnya untuk dieksplor. Kayaking dan Banana Boat jadi salah satu aktivitas favorit wisatawan lakukan di sini. Teman Traveler juga bisa snorkeling di sekitar area pantai.

Tidak semua bagian Pantai Beach Club menawarkan keindahan terumbu karang dan ikan. Hanya saja ketika Teman Traveler menyelam, kalian bisa melihat birunya laut dan putihnya pasir pantai. Tak terlalu buruk untuk sedikit memuaskan hasrat ber-snorkeling.

Dermaga Beach Club - Sumber Foto FB Pesona Pulau Liwungan
Dermaga beach club via Facebook.com/Pesona Pulau Liwungan

Teman Traveler juga bisa mencoba snorkeling di bawah dermaga. Kawasan ini mempunyai banyak terumbu karang dan ikan laut. Harus hati-hati ya, karena permukaan airnya tidak terlalu dalam dan terkadang bisa membuat tubuh terluka. Sebaiknya fokus di area pinggiran dermaga saja.

Beach Club Tanjung Lesung (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Beach Club Tanjung Lesung (c) Yudi Rachmatullah/Travelingyuk

Terkait alat snorkeling, Teman Traveler bisa membawa sendiri atau menyewa. Harganya antara Rp35.000 hingga Rp50.000 tergantung ukuran alat.

2. Pulau Liwungan

Snorkeling di Pulau Liwungan - Sumber foto: FB: Pesona Pulau Liwungan
Snorkeling di Pulau Liwungan via Facebook.com/Pesona Pulau Liwungan

Memasuki daerah Tanjung Lesung akan ada banyak agen wisata menawarkan paket wisata pulau. Salah satunya paket jelajah Pulau Liwungan. Teman Traveler harus jeli dalam memilih agen serta paket wisata tersebut.

Waktu tempuh menuju Pulau Liwungan adalah sekitar 30 menit dari daerah Tanjung Lesung. Kalian akan berangkat menggunakan perahu boat atau perahu nelayan.  

Sebaiknya Teman Traveler bertanya pada pengelola hotel atau homestay tentang paket wisata Pulau Liwungan. Selain untuk berjaga-jaga, ada beberapa pengelola penginapan yang telah menyediakan jasa khusus untuk mengantar ke Pulau Liwungan.

Pulau Liwungan - Sumber foto: FB: Tina Apriliani

Biaya paket wisata Pulau liwungan biasanya sudah termasuk sewa alat-alat snorkeling. Oh iya Teman Traveler, pulau ini juga punya banyak spot Instagramable untuk jadi background indah foto-foto kalian. . 

3. Pantai Karang Meong 

Spot Pantai Karang Meong- Sumber Foto FB: Aldi Suardi

Tidak banyak yang tahu bahwa di sekitar Anyer ada pantai untuk snorkeling. Kebanyakan wisatawan lebih tertarik berenang, bermain banana boat, atau duduk-duduk menikmati suasana. Tak heran jika hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan Pantai Karang Meong.

Spot Pantai Karang Meong- Sumber Foto FB: Aldi Suardi
Spot pantai Karang Meong via Facebook.com/Aldi Suardi

Spot snorkeling di Banten satu ini berada dekat Pantai Pasir Putih Sirih. Teman Traveler bisa masuk lewat pantai di sekitarnya. Di sini terdapat penyewaan alat-alat, plus instruktur khusus agar snorkeling lebih aman.

4. Pulau Sanghiang

Pulau Sanghiang - Sumber Foto FB: Aldi Suardi
Pulau Sanghiang via Facebook.com/Aldi Suardi

Sama seperti Pulau Liwungan, Teman Traveler juga harus membayar paket wisata khusus jika ingin mengunjungi Pulau Sanghiang. Biasanya pihak hotel menyediakan atau menghubungkan dengan pihak yang sudah sering mengantar ke sana.

Pulau Sanghiang berada di Kabupaten Serang, Banten. Teman Traveler dapat mengunjungi pulau ini dari Anyer menggunakan perahu boat atau perahu nelayan selama kurang lebih satu jam.

Menyelam di Pulau Sanghiang via Facebook.com/Aldi Suardi

Harus pintar-pintar membandingkan harga dan agen wisata ya, Teman Traveler. Pasalnya, penyedia jasa antar ke Pulau Sanghiang tak sebanyak yang menawarkan tur ke Pulau Liwungan.

Teman Traveler, itulah empat spot snorkeling di Banten yang bisa kalian kunjungi di liburan berikutnya. Jangan lupa share foto dan pengalaman jika berkunjung ke sana ya. Happy snorkeling.

Tags
Banten Indonesia Snorkeling wisata banten
Share