Menjelajah Pulau Jinato, Wisata Bahari Tersembunyi di Sulawesi Selatan

Sudah bukan hal yang asing lagi kalau Indonesia mempunyai banyak sekali wisata bahari yang indah. Salah satunya berada di Palau Jinato, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Untuk lebih lengkapnya, bisa simak ulasan berikut ini.

Cara Menuju Pulau Jinato

pulau jinato
Bawah laut Pulau Jinato (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Ada dua cara untuk menuju ke Pulau Jinato. Pertama adalah naik Kapal Feri Sabuk Nusantara. Teman Traveler bisa menuju ke pelabuhan kota benteng selayar dengan tarif Rp50 ribu yang sudah termasuk tempat tidur. Tapi, kalian harus memeriksa dulu sebelum meluncur ke pelabuhan, karena jadwalnya hanya ada dua minggu sekali.

Cara yang kedua yaitu menggunakan kapal reguler dengan biaya Rp100 ribu. Kalau ingin menaikinya, kalian bisa menuju ke pelabuhan kota benteng selayar atau pelabuhan pattumbukang selayar. Bedanya terletak pada waktunya, ya. Kalau melalui pelabuhan kota, menghabiskan waktu sekitar 8 jam. Sedangkan dari pelabuhan pattumbukang hanya butuh waktu kurang lebih 4 jam.

Pulau Jinato Memiliki Ciri Khas Terumbu Karang

pulau jinato
Punya ciri khas terumbu karang (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Terdapat karakteristik terumbu karang yang dimiliki oleh Pulau Jinato ini. Yaitu semi reef wall yang bagian wall-nya hanya sampai 30 meter. Kemudian, pulau ini juga punya tutupan karang yang tergolong bagus, yakni sekitar 50 sampai 90%. Hebatnya lagi, tutupan karangnya didominasi oleh hard dan soft coral.

Terdapat Spot Penyelaman Terbaik

Ada spot penyelaman terbaik (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Di pulau ini terdapat spot penyelaman terbaik yang dinamakan Jinato Wall Paradise. Dikatakan terbaik karena karakteristik wall-nya yang berwarna warni dan juga banyak sekali jenis ikan di dalamnya. Misalnya ikan big head dan penyu.

Bagi Teman Traveler yang belum mempunyai kemahiran dalam aktivitas diving tak perlu berkecil hati. Spot ini masih bisa dijangkau oleh orang-orang awam. Tapi, harus tetap didampingi oleh para ahli, ya.

Pantainya yang Juga Luar Biasa Indah

Milky way (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Teman Traveler tak hanya bisa menikmati pesona alam bawah laut dari Pulau Jinato ini. Pantainya juga menyediakan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Apabila kalian beruntung, pada malam hari terdapat deretan bintang yang menghiasi langit. Sangat cocok untuk kalian yang suka berburu foto milky way.

Itulah indahnya Pulau Jinato yang mempunyai beragam keindahan di setiap sisinya. Kalau Teman Traveler mengunjungi Kabupaten Selayar, jangan lupa mampir ke pulau cantik satu ini, ya.

Tags
Indonesia kabupaten selayar kontributor pulau jinato Sulawesi Selatan Wisata
Share