Kampung Cai Ranca Upas, Berkemah di Sejuknya Kaki Gunung Patuha

Di Indonesia sudah banyak sekali menyediakan tempat berkemah dengan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah Kampung Cai Ranca Upas yang berlokasi di Jl. Raya Ciwidey – Patengan. KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Di area berkemah satu ini, Teman Traveler bisa melakukan beragam aktivitas, salah satunya memberi makan rusa. Penasaran kan bagaimana tempat berkemahnya? Simak ulasan di bawah ini, ya.

Berkemah Sambil Nikmati Sejuknya Udara

kampung cai ranca upas
Berkemah dengan Pemandangan Gunung Patuha (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kampung Cai Ranca Upas berada pada ketinggian 1.700 mdpl. Sehingga kalian bisa membayangkan betapa sejuknya udara di sini. Kawasan ini sejatinya adalah Hutan Lindung yang merupakan habitat asli berbagai tumbuhan pengunungan. Seperti Albizia Saman (Ki Hujan), Dacrycarpus imbricatus (Jamuju) dan Schima wallichii (Puspa).

Masuk ke area perkemahan ini kalian akan dikenai biaya Rp.10.000 per orang. Itu belum termasuk biaya parkir kendaraan, ya. Untuk mobil dikenakaan harga Rp5.000 , lalu motor Rp2.000 dan bus sebesar Rp20.000.

Beberapa Persiapan Ketika Ingin Berkemah

kampung cai ranca upas
Suasana di dalam tenda (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Teman traveler yang berkemah di Ranca Upas, wajib sekali mempersiapkan kebutuhan untuk meredam udara dingin. Seperti jaket gunung, sweater, kaos kaki, kupluk dan masih banyak lagi. Kalau ingin praktis, di tempat ini kalian bisa sewa semua peralatan berkemah.  Sewa tenda dome (kapasitas 6 orang) dengan harga Rp60.000/malam, sleeping bag Rp5.000, matras Rp4.000, kompor gas Rp. 10.000 dan berbagai perlengkapan lainnya.

Bisa Memberi Makan Rusa

kampung cai ranca upas
Memberi makan rusa (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tidak hanya berkemah atau menyalakan api unggun. Di kawasan ini Teman Traveler juga bisa berinteraksi langsung dengan rusa. Untuk masuk ke area penangkaran rusa, pengunjung tidak dipungut biaya apapun. Namun, kalau kalian ingin memberi makan rusa, bisa membeli sebungkus wortel dengan harga Rp10.000.

Tersedia Waterboom

water_boom_kampung_cai_ranca_upas_jv1.jpg
Waterboom Kampung Cai Ranca Upas (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Area berkemah satu ini sangat unik dan menarik. Ini dikarenakan selain menyajikan pemandangan indah dan menyediakan penangkaran rusa, Kampung Cai juga memiliki sebuah waterboom. Untuk bisa menikmati kesegarannya, kalian cukup membayar sebesar Rp10.000.

Itulah sekelumit info mengenai Kampung Cai Ranca Upas. Area berkemah satu ini menyediakan beberapa fasilitas yang sangat mengasyikan. Jadi, kapan kalian berencana berkemah di sini?

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat Kampung Cai Ranca Upas kontributor Wisata
Share