Gumuk Pasir, Simak Fenonema Alam Langka di Jogja

Jogjakarta selalu memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Baik dari masyarakat, budaya, maupun wisatanya. Salah satu destinasi yang cukup unik dan hits di Kota Pelajar adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Atmosfer tempat ini seolah membawa Teman Traveler menjelajah Timur Tengah. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Apa Sih Gumuk Pasir?

dscf1248_sxE.JPG
Terdapat kaktus (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Gumuk merupakan gundukan pasir yang biasanya terletak di dekat pantai. Fenomena alam ini terjadi dalam jangka waktu lama. Namun satu yang membuatnya istimewa adalah gumuk semacam ini hanya ada di dua. Satunya lagi bisa Teman Traveler temukan di Meksiko. Hal ini membuatnya jadi fenomena alam yang langka dan memukau.

dscf8036_6T1.JPG
Selalu ramai didatangi wisatawan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo, Teman Traveler bakal merasa seperti di gurun pasir luas. Suasananya benar-benar mirip seperti di Timur Tengah. Dijamin kalian bakal merasakan suasana yang sangat berbeda jika sedang berada di sini.

Memiliki Banyak Spot Instagenic

bd8a8d6b_e1ad_460c_a39e_cd7c3bd4db85_kPI.jpg
Banyak spot Instagenic (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Gumuk Pasir Parangkusumo dulunya sempat dipandang tak lebih dari sekadar tumpukan atau gundukan tak berguna. Namun kini, kawasan ini telah menjelma menjadi salah satu destinasi favorit di Jogja.

Di sini Teman Traveler bisa lakukan berbagai aktivitas menarik. Salah satunya adalah bermain sand boarding alias meluncur di atas hamparan pasir dengan menggunakan papan. Peralatan yang digunakan hampir mirip skateboard, hanya saja papannya tidak dilengkapi roda. Selain itu, penampang sisi bawah papan dibuat halus dan harus dilapisi lilin agar bisa meluncur mulus.

854595ac_9bab_4f05_9a63_715f1bcd6c89_Fwc.jpg
Ayunan di Gumuk Pasir (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang hobi fotografi, Gumuk Pasir Parangkusumo adalah tempat tepat untuk berburu gambar menarik. Datang sore hari, kalian akan disambut panorama sunset luar biasa memikat. Bahkan tak jarang ada pasangan yang lakukan foto pre-wedding di sini. Maklum saja, pemandangannya memang begitu unik.

Taman Love

dscf1130_LgE.JPG
Taman 1000 Bunga (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Taman Love 1000 Bunga merupakan sebuah spot menarik yang berada tak jauh dari area gumuk. Kawasan ini begitu unik lantaran di dalamnya terdapat banyak jenis bunga, mulai dari matahari hingga celosia. Kebanyakan wisatawan memanfaatkannya sebagai tempat berswafoto karena memang panoramanya sangat Instagenic.

dscf1213_czm.JPG
Lokasi asyik buat berfoto (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jika ingin berkunjung ke gumuk, harga tiket masuknya cukup murah lho. Teman Traveler hanya perlu membayar Rp6.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk retribusi untuk masuk kawasan Pantai Parangtritis. Keluarkan biaya ekstra Rp5.000 jika ingin mampir ke Taman Love 1000 Bunga.

Akses Menuju Gumuk Pasir

dscf8085_otK.JPG
Sisi utara gumuk pasir (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Rute menuju gumuk sebenarnya cukup mudah. Jika berangkat dari pusat kota Jogja, Teman Traveler bisa langsung ambil arah menuju Parangtritis. Ikuti jalur selatan, dengan jarak tempuh sekitar 35 kilometer. Kalian bakal butuh waktu kurang lebih 48 menit.

Begitu melewati loket retribusi Parangtritis, pelankan laju kendaraan. Pasalnya lokasi gumuk berada tepat di pinggir jalan sebelum masuk kompleks wisata pantai.

Bagaimana, tertarik mampir ke sini? Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari, ketika cuaca tidak mendung. Teman Traveler bakal mendapat suguhan panorama sunset yang begitu indah. Selamat menjelajah wisata Jogja!   

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share