Eksotisnya 4 Kampung Adat di Flores dengan Budaya Istimewanya

Kabar mengejutkan dari tanah Flores. Kampung Adat Gurusina yang menjadi andalan mengalami kebakaran hebat pada Senin (13/8/2018) petang. Akibatnya, 26 rumah ludes terbakar dan hanya menyisakan 6 unit dan ruang baca. Berbicara mengenai kampung adat di Flores, sebenarnya tidak hanya Gurusina. Ada banyak yang menjadi destinasi wisata budaya di Nusa Tenggara Timur. Beberapa di antaranya ada di bawah ini.

1. Kampung Bena

Kampung Bena
Kampung Bena via instagram/@cathyonthecoast

Selain Gurusina, sebenarnya ada kampung adat lain yang tak kalah menawan di Kabupaten Ngada. Namanya Kampung Bena yang juga berlokasi puncak bukit dengan latar pemandangan Gunung Inerie. Destinasi wisata budaya ini merupakan perkampungan megalitikum dengan jumlah 40 rumah adat. Sementara penghuni kampung ini adalah suku Bajawa yang seharinya bekerja di ladang dan menenun kain. Selain bisa menikmati keberagaman budaya, Teman Traveler yang liburan ke sini juga bisa membeli oleh-oleh berupa kain serta kopi Bajawa yang khas dari Kampung Bena.

2. Kampung Waerebo

Kampung Waerebo
Kampung Waerebo via instagram/@steffilunardy

Siapa yang tak kenal dengan desa adat di atas awan ini. Yap, Waerebo merupakan salah satu destinasi wisata di Flores yang memiliki penggemar cukup fantastis. Setiap harinya, ada saja wisatawan baik lokal maupun manca yang rela trekking demi sampai di desa tertinggi ini. Keunikan kampung adat di Kabupaten Manggarai ini tidak hanya keramahan penduduknya, tapi eksotisnya bangunan yang menyerupai kerucut. Rumah adat yang mirip hanoi ini kabarnya sudah berusia lebih dari 60 tahun.

3. Kampung Ruteng Pu’u

Kampung Ruteng Pu'u
Kampung Ruteng Pu’u via instagram/@petrus.apry

Kampung adat di Flores selanjutnya yang menarik perhatian karena budayanya adalah Ruteng Pu’u. Lokasinya berada di Kelurahan Golo Dukal, Langke Rembong, Manggarai atau sekitar 4 km dari Ruteng. Di destinasi ini pula, pengunjung dapat melihat keaslian rumah adat Mbaru Niang yang masih terjaga. Jika beruntung, Teman Traveler bisa menyaksikan upacara tradisional yang biasanya diikuti dengan penyembelihan kerbau atau sapi. Jangan lupa untuk membawa kamera dengan baterai penuh, agar bisa mengabadikan foto terbaik di sini.

4. Kampung Wologai

Kampung Wologai
Kampung Wologai via instagram/@mw.arch

Satu lagi, kampung adat di Flores yang memiliki keunikan tersendiri. Namanya Wologai yang berada di Kecamatan Detusoko, Ende, Flores. Berbeda dengan Waerebo, nama Wologai tidak terlalu terkenal. Namun, destinasi wisata budaya ini wajib dikunjungi. Apalagi mengingat usianya yang sudah lebih dari 800 tahun. Selain bangunan yang eksotis, Teman Traveler juga bisa mengikuti acara adat mereka yang menarik. Atau juga menikmati keindahan lembah dan bukit berwarna hijau.

Nah, itulah lima kampung adat di Flores yang istimewa dengan keindahan budayanya. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke permata cantik di pedalaman tanah Flores kan?

Tags
Desa adat di Flores Flores Indonesia Kampung Adat di Flores Nusa Tenggara Timur
Share