Empat Air Terjun di Flores, Penangkal Gerah Paling Mujarab

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Banyak destinasi indah yang dapat kamu jadikan tujuan plesir saat ke Flores. Beberapa yang paling populer adalah Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo. Namun di tengah cuaca Nusa Tenggara Timur yang begitu terik, terdapat destinasi lain yang dapat menjadi oase di tengah paparan matahari. Tak kalah dengan pantainya, Flores juga memiliki air terjun memukau yang dapat memberikan kesegaran.

1. Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami [image source]
Cunca Rami adalah air terjun yang masih dikelilingi oleh hutan rindang dan pepohonan. Dari Labuan Bajo, destinasi ini berjarak sekitar tiga puluh kilometer. Jarak tersebut bisa ditempuh selama satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor jalur darat. Akses perjalanan bisa dimulai dari Kampung Roe, Desa Wae Lolos. Pada desa tersebut, kamu juga dapat menemui beberapa penduduk lokal yang menawarkan diri untuk menjadi guide.

Gambar Aerial dari Cunca Rami [image source]

2. Cunca Lega

Dua tingkatan Cunca Laga [image source]
Cunca Lega atau yang lebih dikenal dengan Tengku Lese, memiliki tempat yang tersembunyi. Keindahan yang tersimpan di balik hutan Kampung Tebo, Kecamatan Rahong Utara ini memiliki dua tingkat air terjun yang cukup tinggi. Masing-masing memiliki ketinggian mendekati 25 meter dengan debit air yang cukup deras. Sekelilingnya pun juga masih tertutup pepohonan yang rimbun.

Debit air Cunca Lega yang cukup deras [image source]

3. Air Terjun Ogi

Tebing sekitar air terjun yang masih rimbun [image source]
Air terjun Ogi berada di desa Faobata, kecamatan Bajawa, letaknya sekitar 7 km dari kota Bajawa. Namun karena penunjuk jalan menuju lokasi yang masih terbatas, ada baiknya kamu bertanya kepada penduduk setempat untuk memperoleh informasi. Dengan ketinggian sekitar 30 meter, Air Terjun Ogi dikelilingi oleh pepohonan rindang dan udara yang sejuk.

Debit air yang deras [image source]

4. Air Terjun Murundao

Air terjun Murundae [image source]
Air terjun Murundao memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan berada di lembah bukit. Letaknya pun dekat dengan Danau Tiga Warna Kelimutu, sehingga kamu dapat sekaligus menjangkau lokasi ini seusai menikmati pemandangan Danau Tiga Warna Kelimutu. Air terjun Murundao terletak kurang lebih 400 meter dari Kampung Moni, salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Kelimutu.

Debit air yang aman dan tak terlalu deras [image source]
Tentu saja di tengah cuaca panas Flores, Ibarat menemukan oase di tengah ladang yang gersang, destinasi wisata seperti ini akan membuatmu kembali segar di tengah cuaca panas Flores. Masih ingat kapan terakhir menginjakan kaki di Pulau Flores?