Kali Cokel, Serunya Wisata Susur Sungai ala Pacitan

Selama Pacitan dikenal dengan julukan Kota Seribu Goa. Namun tahukah Teman Traveler bahwa di sini kalian juga bisa temukan wisata susur sungai yang luar biasa menarik di Kali Cokel? Pemandangan yang ditawarkan tak kalah indah dengan Sungai Maron, Amazon-nya Pacitan. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya.  

Pesona Kali Cokel

dscf1101_NX0.jpg
Bermain air di Kali Cokel (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sungai Cokel atau sering disebut Kali Cokel merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menarik dikunjungi di Pacitan. Tempat ini bisa jadi alternatif aktivitas susur sungai selain Sungai Maron. Pemandangannya cukup indah, terdapat pohon kelapa berjajar di tepian sungai plus deretan tumbuhan liar.

dscf0639_vtb.jpg
Bermuara di Pantai Watukarung (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Serunya lagi, wisata susur Kali Cokel ini bermuara di Pantai Watukarung. Teman Traveler bakal rasakan sensasi menyusuri sungai hingga sampai di lautan lepas. Pengalaman terombang-ambing sembari naik perahu tentu bakal jadi sesuatu yang tak terlupakan. Kalian juga bakal dimanja sepoi-sepoi angin, jernihnya air, dan panorama perbukitan mempesona khas Pacitan.

Segarnya Mandi di Sungai

dscf1180_cr7.jpg
Bermain air di Kali Cokel (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sungai Cokel terkenal memiliki karakter air cukup jernih, lantaran sumbernya berasal dari Goa Luweng Jaran. Beda dengan Sungai Maron, yang airnya bakal lebih keruh begitu memasuki musim penghujan.

dscf1161_lgJ.jpg
Keseruan bermain air (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Lantaran airnya begitu jernih, di sini Teman Traveler bisa bermain air serta mandi sampai puas. Deretan pohon kelapa di sekelilingnya seolah makin menambah kesejukan udara sekitar. Sudah kebayang kan seperti apa segarnya berbasah-basah ria sambil bercanda tawa bersama teman di sini? Pastinya bakal sangat asyik!

Tak Jauh dari Pantai Watu Karung

dscf1115_KTP.jpg
Mencoba perahu sampan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Kali Cokel terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Tempatnya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota dan bisa dijangkau menggunakan kendaraan bermotor. Teman Traveler akan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam menuju sini.

dscf0715_RVp.jpg
Menikmati keindahan kali (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Untuk menuju destinasi wisata ini, Teman Traveler cukup arahkan kendaraan menuju jalur ke Pantai Watu Karung. Begitu sampai di pos tiket, lanjutkan perjalanan ke arah jalur aspal kecil di sisi kiri. Di sana kalian akan temukan petunjuk arah menuju Pantai Seruni dan Kali Cokel. Kurang lebih 100 meter, kalian bakal menemukan sungai dengan air hijau jernih ini.

Biaya Sewa Perahu

dscf0660_jvo.jpg
Perahu diisi empat orang (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Beda dengan Sungai Maron yang tarifnya dihargai per perahu, di Kali Cokel biaya sewa perahu dibebankan per orang. Tarifnya berkisar antara Rp17.000 hingga Rp20.000, dengan jumlah penyewa minimal dua orang. Sementara untuk kapasitas maksimal perahu sendiri adalah tujuh orang, termasuk pengemudi dan kru.

Akses menuju destinasi ini dibuka selama 24 jam penuh. Para wisatawan bakal dibuat takjub dengan pemandangan yang tersaji selama menyusuri muara sungai sepanjang kurang lebih dua kilometer ini. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencoba? Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Pacitan ya.

Tags
kontributor pacitan Travelingyuk Wisata Pacitan
Share