Sungai Maron, Susuri Eksotisnya Alam Pacitan

Meski dikenal dengan julukan ‘Seribu Goa’, Pacitan juga punya sejumlah destinasi alam menarik lainnya lho Teman Traveler. Salah satu yang belakangan mulai populer adalah Sungai Maron. Di sini kalian bisa menyusuri eksotisnya alam Pacitan. Benar-benar memukau dan tentunya bakal jadi pengalaman liburan tak terlupakan.

Pemandangan Eksotis

sam_0962_Saw.jpg
Wisata susur sungai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sungai Maron menawarkan aktivitas susur sungai di sekitaran Pacitan. Teman Traveler bakal rasakan sensasi penjelajahan alam menggunakan perahu. Sepanjang perjalanan kalian akan dimanja pemandangan sekeliling yang begitu memukau dan tampak eksotis.

Secara administratif, wisata sungai ini masuk dalam area Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Pacitan sendiri merupakan kabupaten kecil di sisi paling barat Jawa Timur. Wilayahnya sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Bermuara di Pantai Ngiroboyo

sam_0997_GoM.jpg
Menuju Pantai Ngiroboyo (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Wisata Sungai Maron bermuara di Ngiroboyo, sebuah pantai yang masih jarang dieksplorasi dan belakangan tengah dikembangkan menjadi destinasi wisata oleh Pemerintah Pacitan. Jarak kedua tempat tersebut kurang lebih sekitar 4,5 km, dengan waktu tempuh kira-kira 45 menit menggunakan perahu. Selama itu Teman Traveler bakal dimanja pemandangan hijau dari beragam pepohonan di sisi kanan dan kiri.

Sewa Perahu

sam_0954_B29.jpg
Maksimal berisi lima orang (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Untuk bisa menikmati serunya wisata susur sungai, Teman Traveler cukup
membayar sewa perahu sebesar Rp 100.000. Perahu yang digunakan merupakan milik warga lokal dan sanggup menampung hingga maksimal lima orang. Cukup murah, bukan? Apalagi jika dibandingkan dengan pengalaman seru yang bakal kalian dapatkan.

Teman Traveler nantinya juga bakal mendapat sedikit penjelasan dari tour guide lokal, mengenai sejarah dan keindahan alam sekitar. Sang Pemandu biasanya merupakan salah satu warga lokal, yang notabene telah benar-benar mengenal karakteristik serta kondisi lingkungan di sekitar sungai.

Rute Menuju Sungai

sam_0948_u0W.jpg
Asyiknya menyusuri sungai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jika berangkat dari Jogja, jarak menuju Sungai Maron sekitar 120 km ke arah timur. Teman Traveler bisa langsung arahkan kendaraan ke Solo dan berikutnya lanjutkan ke Kabupaten Pacitan. Teman Traveler cukup menuju ke arah Kecamatan Pringkulu, hingga sampai di Desa Darsono. 

Teman Traveler juga bisa berangkat dari daerah Gunung Kidul, menuju Wonosari. Begitu keluar batas kota, ikuti penunjuk arah menuju Pracimantoro. Berikutnya tinggal lurus hingga masuk wilayah Pacitan.

Mengingat kondisi jalan menuju lokasi sedikit kurang bagus dan lumayan menanjak serta berkelok, Teman Traveler sebaiknya ekstra hati-hati. Jika menumpang kendaraan pribadi, pastikan sang pengemudi benar-benar handal dan memahami medan.

Itulah sedikit pengalaman saya merasakan serunya Sungai Maron. Jika Teman Traveler sedang liburan atau menjelajah wisata Pacitan dan sekitarnya, tak ada salahnya mencoba mampir ke sini. Rasakan asyiknya sensasi menyusuri eksotisme alam Kota Seribu Goa. Tak sabar untuk mencoba, bukan?

Tags
kontributor pacitan sungai maron Travelingyuk Wisata Pacitan
Share