Pasar Kaki Langit Jogja, Tempat Kulineran dengan Pertunjukan Tradisional

Menikmati kuliner Jogja dengan datang ke tempatnya dan langsung menikmati hidangan kemudian pulang tentu sudah biasa. Jogja yang istimewa punya daya tarik lain yang akan membuat pengalaman kulineranmu jadi lebih seru. Datanglah ke kawasan wisata Pasar Kaki Langit yang berada di kawasan wisata Dlingo, Bantul. Apa saja yang ada di dalam pasar kuliner ini?

1. Tersedia Berbagai Macam Makanan Ndeso

Kuliner di Pasar Kaki Langit
Kuliner di Pasar Kaki Langit via Instagram/@danangsetoaji

Wisata Dlingo sudah jadi magnet yang kuat bagi para wisatawan. Agar pengunjung semakin betah, maka warga setempat bekerja sama dengan banyak pihak mulai menggelar pasar sederhana sejak beberapa waktu yang lalu. Pengunjung yang datang ke beberapa wisata seperti hutan pinus, Watu Goyang dan Lintang Sewu, bisa datang ke sini untuk beristirahat dan menikmati kuliner lezat. Sebagian besar yang dijual adalah hidangan-hidangan tradisional yang saat ini semakin susah ditemukan.

Kuliner di Pasar Kaki Langit
Kuliner di Pasar Kaki Langit via Instagram/@danangsetoaji

2. Belanja dengan Koin Kayu

Koin Kayu Pasar Kaki Langit
Koin Kayu Pasar Kaki Langit via Instagram/@wildayanti.icha

Cara bertransaksi antara penjual dan pembeli di pasar ini juga terbilang unik. Bukan dengan lembaran uang tunai tapi dengan koin kayu khusus. Sebelumnya, kamu bisa menukarkan beberapa rupiah di sebuah gubuk yang bertuliskan Lurah Pasar. Angka 1 pada koin mewakili Rp1.000, 2 untuk Rp2.000 sedangkan 5 senilai dengan Rp.5.000. Dengan begitu, kesan tradisional jadi semakin terasa.

Koin Kayu Pasar Kaki Langit
Koin Kayu Pasar Kaki Langit via Instagram/@wildayanti.icha

3. Tidak Buka Setiap Hari

Suasana di pasar Kaki Langit
Suasana di Pasar Kaki Langit via Instagram/@adtadt_

Keunikan tersebut sayangnya tidak bisa kamu nikmati setiap hari. Pasar Kaki Langit hanya buka setiap Hari Sabtu dan Minggu. Dimulai dari pukul 06.00 hingga 11.00 WIB. Kalau kamu bingung mau ke mana liburan akhir pekan nanti. Bisa ke Mangunan sekaligus menikmati banyak pilihan kuliner enak yang khas. Ada tiwul, pecel, gudeg manggar, dawet ayu, wedang uwuh, kelanan, brongkos, sego ireng, sego goreng, dan lain sebagainya.

Pasar Kaki Langit
Pasar Kaki Langit via Instagram/@monyokudotcom

4. Pertunjukan Musik Tradisional Ibu-ibu

Ibu-ibu yang bermain lesung
Ibu-ibu yang bermain lesung via Instagram/@danangsetoaji

Saat Pasar Kaki Langit digelar, biasanya ada pertunjukan tradisional yang seru sekali. Namanya adalah gedug lesung. Yang memainkannya adalah ibu-ibu warga setempat dengan memakai pakaian tradisional khas Jawa. Dengan gerakan yang pas, diciptakan suara merdu bak lagu. Enak sekali didengar saat kamu sedang menyantap makanan enak.

Pertunjukan Musik Tradisional
Pertunjukan Musik Tradisional via Instagram/@driexyzvie

Itulah beberapa hal tentang Pasar Kaki langit yang unik di Jogja. Tempat untuk seru-seruan sambil kulineran enak. Kapan kamu akan ke sini? Akhir pekan ini saja yuk.

Tags
Bantul Indonesia Jogja kuliner
Share