Kuliner Jogja yang Mantap di Lidah, Makanan dengan Citarasa Khas Jawa

Kuliner Jogja sudah seperti bahan perburuan yang diperebutkan oleh para pencinta makanan. Memang kalau ke Jogja tapi nggak melakukan wisata kuliner itu pasti kurang lengkap. Padahal, liburan menuju warung pinggir jalan akan membuat kamu mendapatkan pengalaman seru yang berharga.

Kamu jadi tahu, bahwa Jogja bukan hanya terkenal karena wisata budaya, tapi juga karena makanan tradisionalnya. Beberapa mungkin nyaris punah karena sudah tidak ada lagi yang membuat apalagi menjualnya. Namun jangan khawatir, karena yang masih eksis dan jadi favorit juga tidak sedikit. Seperti beberapa makanan berikut ini. Langsung saja, simak informasinya ya.

1. Soto Medan
Soto Medan [image source]
Soto Medan [image source]

Kita memang akan mengulas kulineran di Jogja, namun nggak ada salahnya kita juga menyingung makanan khas kota lain yang populer dan bersarang di Kota Pelajar itu. Mungkin kamu pernah tahu soal Soto Medan, sajian berkuah yang mantap sekali itu bisa kamu cicipi di Jogja. Tak perlu jauh-jauh ke Sumatera, jika yang di Jogja saja menyuguhkan rasa lezat. Kamu bisa menemukan hidangan tersebut di GO Warung. Selain soto, ada juga mie rebus medan dan aneka camilan khas jawa seperti cenil dan lupis. Paduan berbagai budaya kuliner dalam satu tempat makan, pasti akan seru sekali kan? Go warung terletak di Jalan Prawirokuat no 172, Yogyakarta.

2. Bakso & Es Teller Original Pak Hadi
Bakso Pak Hadi [image source]
Bakso Pak Hadi [image source]

Jogjakarta itu kaya akan budaya, tapi jika kamu ingin berburu kuliner juga cocok banget ada di kota tersebut. Berbagai macam hidangan terdapat di sini, termasuk bakso yang sebenarnya lebih lekat dengan Kota Malang atau Solo. Namun, angan dikira rasanya bakal asal-asalan karena bakso di Jogja itu juga enak-enak. Misalnya di kedai Pak Hadi. Hidangan utamanya adalah bakso yang kenyal disandingkan dengan es  teller yang segar. Ada juga camilan berupa tetelan yang terbuat dari ketan. Warung Pak Hadi ini letaknya di Jalan Bhayangkara, kios Pasar Pathuk No. 1, Jogja. Harga untuk menu-menunya berkisar antara Rp. 5 ribu hingga 14 ribu.

3. Tengkleng
Tengkleng [image source]
Tengkleng [image source]

Tengkleng ini sebenarnya adalah makanan khas Solo, namun ada satu kedai di Jogja yang terkenal dengan menu tersebut. Bumbu kuahnya begitu mantap di lidah, begitu juga dagingnya empuk serta gampang sekali untuk digigit. Coba saja sendiri dengan datang ke Warung Tengkleng Gajah di Jalan Kaliurang KM. 9,3, Bulurejo, Minomartani, Jogjakarta. Penyaji kuliner Jogja yang enak itu buka dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 09.00 malam WIB.

4. Bakmi Bhayangkara
Bakmi Bhayangkara [image source]
Bakmi Bhayangkara [image source]

Bakmi dan nasi goreng bisa dibilang adalah sahabat para mahasiswa, harganya murah ditambah rasa yang gurih selalu bisa membuat seseorang jadi kenyang. Di Jogja ada bejibun banyaknya penjual nasi goreng. Salah satunya adalah Warung Bhayangkara, kamu bisa memilih beberapa menu. Tapi yang jadi andalan adalah bakminya. Lokasi warung Bhayangkara ada di Jl. Gandekan, Jogja. Tidak begitu jauh dari Pasar Pathuk. 

5. Ayam Kenduri
Ayam Kenduri [image source]
Ayam Kenduri [image source]

Ayam Kenduri ini kalau di Jawa, umum dikenal sebagai ingkung. Kuliner Jogja itu menjadi hidangan yang cukup mewah pada zaman dulu berupa satu potong ayam utuh kemudian dimasak dengan bumbu khusus. Jadi, rasanya itu begitu pas di lidah. Untuk sandingannya ada berbagai macam sayuran dan lauk pauk. Dapatkan hidangan seperti itu dengan datang ke Omah Dahar Mbah Wanto di  Jalan Berbah, Kuton, Tegaltirto, Sleman.

6. Gudeg Bromo
Gudeg Bromo [image source]
Gudeg Bromo [image source]

Kalau ngomongin soal makanan legendaris di Jogja, maka kita wajib menyinggung soal gudeg. Ada banyak sekali penjual gudeg, tak jarang para wisatawan sampai bingung menentukan pilihan. Mungkin kamu juga begitu, nggak usah khawatir kamu bisa mulai perburuan kuliner Jogja dari Gudeg Bromo atau biasa disebut Gudeg Yu Tekluk. Jangan kaget ya, jika saat datang ke sini sudah ada antrian panjang karena memang tempat makan itu cukup tenar di seantero Jogja.

7. Gulai Ayam Kheray
Gulai Ayam [image source]
Gulai Ayam [image source]

Ayam bisa dimasak dalam berbagai olahan, entah digoreng atau dimasak dengan kuah seperti sajian di ala Kheray. Menu di warung tersebut adalah gulai ayam. Saat datang ke sana untuk makan, kamu akan menghadapi hidangan daging ayam dengan kuah beraroma mantap. Harga yang dipatok untuk menu di warung yang terletak di Jl. Moses Gatotkaca, Mrican, Jogja itu cukup terjangkau. Hanya sekitar Rp. 11 ribu saja. Jangan datang terlalu sore, karena kedai Kheray buka hanya sampai pukul 14.00 WIB.

8. Gudeg Yu Yah
Gudeg [image source]
Gudeg [image source]

Kuliner Jogja berupa gudeg yang berikutnya adalah milik Yu Yah. Yang unik, tempat tersebut buka pada tengah malam. Namun jangan salah, suasananya tetap ramai dan selalu diserbu pengunjung lho. Selain gudeg, ada juga menu lain yang nggak kalah terkenal yaitu oseng mercon, rasanya bikin kamu melek sampai subuh. Seperti tempat-tempat lain di Jogja, harga makanannya dibandrol mulai dari Rp. 8 ribu. Lokasinya ada di Jalan Magelang dan buka pada pukul 01.00 WIB.

9. Es Gosrok Jadoel
Es Gosrok [image source]
Es Gosrok [image source]

Jogja memang memiliki pegunungan, namun layaknya kota-kota besar lain. Cuacanya panas dan udaranya bikin mudah gerah. Di saat dahaga mulai terasa, maka menyantap minuman segar seperti Es Gosrok Jadoel adalah keputusan yang tepat. Disebut begitu karena esnya dipasrah atau disgosrok di atas minuman yang isinya adalah tape ketela, kelapa dan santan. paling enak jika disantap bareng roti coklat jadoelnya. Satu porsi es gosrok hanya dihargai Rp. 3 ribu saja. Kuliner Jogja di Jalan Abu Bakar Ali itu murah sekali kan?

10. Tempo Gelato
Tempo Gelato [image source]
Tempo Gelato [image source]

Tempo Gelato bisa kamu nikmati di sebuah kafe yang cukup mentereng di kampung bule atau Jl. Prawirotaman No. 43, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Memang kesegaran Es Gosrok tadi tiada duanya, namun jika kamu ingin sensasi kesegaran ala es krim khas Italia itu, kamu wajib hadir ke Tempo Gelato. Ada banyak sekali pilihan rasa.

12. Bakso Klenger
Bakso Klenger [image source]
Bakso Klenger [image source]

Gimana nggak klenger jika bakso sebesar ini dihabisin sendiri? Kamu jangan coba-coba ya, tapi kalau merasa kuat yang silakan. Menu unik seperti ini ada di Kedai bakso Klenger. Meski ukurannya besar,  tapi baksonya matang sampai ke dalam-dalamnya lho. Lokasi Bakso Klenger ada di Jalan Wahid Hasyim no 296, Nologaten, Caturtunggal, Sleman Yogyakarta. Lebih menyenangkan jika kamu mengajak serta sahabat atau keluargamu. Satu saja, bahkan cukup untuk warga sekampung.

13. Sate Klathak
Sate Klathak [image source]
Sate Klathak [image source]

Sate Klathak adalah kuliner Jogja wajib yang harus kamu incip. Meski berbentuk sate, tapi menu tersebut memiliki banyak perbedaan dari hidangan sate yang lainnya. Hal itu bisa dilihat dari ukurannya yang 3  kali lebih besar dari sate biasa, kemudian bahan yang digunakan adalah daging kambing muda. Termasuk juga dalam hal bumbu, karena saat pembakaran daging hanya dibumbui garam dan merica saja.  Ada beberapa warung sate klathak yang terkenal, salah satunya adalah warung Pak Bari di Jl. Kedaton, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14.  Cilok Gajahan
Cilok Gajahan [image source]
Cilok Gajahan [image source]

Ingat kan waktu SD dulu jajan apa yang paling kamu sukai. Jujur saja, kamu pasti sering lirik-lirik ke arah penjual cilok. Namun apa daya, uang sakumu hanya pas untuk naik angkot pulang. Kini adalah waktu yang tepat untuk balas dendam. Yuk berburu kuliner cilok di seantero Jogja. Nah Cilok Gajajah wajib masuk dalam daftar utamamu karena rasanya yang enak, Setiap harinya, penjual cilok ini selalu ramai diserbu pembeli hingga para konsumen membuat antrian yang panjang. Jadi penasaran kan, seenak apa sih ciloknya? Datang saja langsung ke sudut alun-alun selatan Jogja. Biasanya dalam waktu dua jam saja, dagangan Cilok Gajahan sudah ludes terjual.

15. Mie Ayam Ceker
Mie Ayam Ceker [image source]
Mie Ayam Ceker [image source]

Coba lihat foto hidangan Mie Ayam Ceker ini, begitu menggugah selera kan? Bumbunya merata dan paduan antara mie dan ceker adalah kombinasi yang super mantap. Setiap harinya banyak orang rela antri hanya untuk mencicipi kelezatan kuliner Jogja yang legendaris itu. Harga satu mangkok mie dengan ceker hanya sekitar Rp 10 ribu saja. Sedangkan lokasinya ada di Jalan Imogiri Timur 187 Jogja (Utara Terminal Giwangan).

16. Jenang Gempol Bu Gesti
Jenang Gempol [image source]
Jenang Gempol [image source]

Jenang Gempol itu adalah jajanan tradisional Jogja yang tetap dilestarikan hingga saat ini karena memang rasanya itu enak dan mantap. Buktinya kamu bisa membeli hidangan tersebut dari Bu Gesti. Penjual kuliner Jogja di Komplek Pasar Lempuyangan. Bagi kamu yang belum tahu, Jenang Gempol adalah makanan seperti bubur yang terbuat dari tepung beras dengan kuah santan, nggak rugi deh jika kamu sampai blusukan ke pasar hanya untuk menyantap jenang legendaris itu.

17. Ayam Goreng Suharti
Ayam Goreng Suharti [image source]
Ayam Goreng Suharti [image source]

Yang satu ini enaknya nancap banget di lidah. Tapi ya begitu, kalangan mahasiswa golongan dompet pas-pasan pasti menganggapnya sebagai ranjau darat. Tentu saja alasannya adalah karena harganya selangit, terutama bagi para mahasiswa. Meski begitu, harganya sebanding kok sama rasanya yang juara. Lokasi Ayam Goreng Suharti ini ada di Jl. Gedong Kuning No.187, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta. 

18. Wedang Tahu
Wdang Tahu [image source]
Wdang Tahu [image source]

Wedang Tahu juga ada di Jogja. Mungkin tidak banyak yang tahu seputar kuliner enak tersebut. Padahal selain rasa, kandungan gizinya baik untuk tubuh dengan serat dan protein tinggi dari tahu. Seperti namanya, bahan utama minuman ini adalah tahu sutera yang memiliki tekstur halus. Kemudian di siram dengan kuah jahe. Penjual wedang tahu ini bisa kamu temui di jalan Kranggan, depan Gudeg Bu Djuminten Yogyakarta.

19. Jadah Tempe
jadah Tempe [image source]
jadah Tempe [image source]

Masyarakat Jogja pasti akrab dengan olahan tempe yang dimasak dengan bumbu ini. Sebutan khas adalah jadah tempe. Bahkan keluarga sultan pun kabarnya sangat suka dengan kuliner ini. Selain disantap di tempat, jadah tempe juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Yang cukup terkenal di Jogja adalah jadah tempe Mbah Carik. Kuliner legendaris itu bisa kamu dapatkan jika datang ke Jalan Astamulya Kaliurang atau di utara gapura Kaliurang.

20. Mie Lethek Pak Ronto
Mie Lethek
Mie Lethek [image source]

Mie Lethek Pak Ronto juga masuk dalam jajan kuliner tradisional Jogja yang menarik. Lokasinya tidak begitu jauh dari Sate Klathak Pak Bari yaitu sekitar 10 menit perjalanan. Tempat makan itu berada di sekitar Lapangan Imogiri atau di bagian Selatan Pasar Imogiri, Bantul. Disebut lethek karena warna mienya yang kusam kecoklatan akibat dijemur di bawah teriknya sinar matahari. Harga satu porsinya, hanya sekitar Rp. 12 ribu saja. Sedangkan soal rasa, mirip dengan bihun goreng.

21. Angkringan Lik Man
Angkringan [image source]
Angkringan [image source]

Ke Jogja ya harus nongkrong di angkringan, baru deh kamu benar-benar merasakan sensasi yang luar biasa mantap. Jalan-jalan menikmati Malioboro di malam hari adalah keseruan tersendiri. Namun sempatkan untuk mampir ke Angkringkan Lik Man. Bisa dibilang tempat kulineran itu adalah salah satu yang menjadi pelopor angkringan lain di berbagai penjuru Jogja. Selain ada sego kucing dan aneka gorengan, Angkringan Lik Man juga menyuguhkan minuman legendaris khas Jogja yaitu kopi jos yaitu seduhan kopi yang dicelupi arang yang sedang membara. Lokasi Angkringan Lik Man ada di Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta.

22. Soto Pak Dalbe
Soto pak Dalbe [image source]
Soto pak Dalbe [image source]

Jogja memang istimewa kalau soal kuliner. Selain murah, makanannya itu loh, enak-enak. Cukup membawa beberapa lembar uang sepuluh ribuan saja, kamu sudah kenyang seharian di Jogja. Tempat yang terkenal menjual makanan murah adalah Warung Pak Dalbe dengan menu andalannya berupa soto. Hidangannya masih bisa ditambah dengan menu seperti sate, tempe, sayap dan lain sebagainya. Lokasi Soto Pak Dalbe ada di Jalan Jenderal Sudirman Jogja.

23. Telur Gulung Gajah
Telur gulung [image source]
Telur gulung [image source]

Telur gulung ini ukuranya jauh lebih besar jika dibanding makanan biasanya dijual pada anak-anak kecil di sekolahan. Jika kamu ingin bernostalgia dengan salah satu jajanan zaman dulu itu, datang saja ke kawasan Sunmor di Jogja. Biasanya ada stand yang khusus menjual telur gulung dengan harga yang cukup murah.

24. Es Oyen
Es Oyen [image source]
Es Oyen [image source]

Emang deh kalau lagi gerah-gerah sehabis jalan atau liburan di Jogja itu obatnya pasti es atau minuman yang segar. Jangan sepelekan es oyen karena kombinasi bahan-bahannya itu begitu mantap. Ada buah seperti nangka dan alpukat, semakin membuat rasanya jadi begitu lezat. Dari sekian banyak penjual es tersebut, yang cukup terkenal dengan rasanya yang enak adalah Es Oyen
di Jl. Taman Siswa, Jogja. 

25. Sego Pecel Bu Wiryo
Sego Pecel [image source]
Sego Pecel [image source]

Menikmati kuliner di tempat yang legendaris dan penuh kenangan pasti memberikan keseruan tersendiri. Apalagi jika tempat itu mengingatkanmu pada kisah-kisah zaman dulu. Ada satu tempat yang memiliki nilai sejarah penting bagi sebagian orang yaitu Warung Sego Pecel Bu Wiryo yang ada di dekat UGM. Pertama kali muncul sekitar tahun 1959 dan hingga saat ini tetap setia menghidangkan menu makanan yang lezat khas dengan Jogja.

26. Brongkos
Brongkos [image source]
Brongkos [image source]

Brongkos merupakan makanan yang terbuat dari tahu dan tempe kemudian disiram dengan kuah santan berkaldu. Cita rasa yang gurih akan semakin kamu rasakan karena ada tambahan bahan berupa kacang tolo. Hampir sama seperti rawon karena menggunakan kluwak untuk membuat kuahnya. Konon, kuliner khas Jogja ini adalah menu favorit Sultan Hamengkubuwono X. Beberapa warung yang menyuguhkan menu tersebut adalah warung brongkos Bu Padmo di Tempel dan Rumah Makan Handayani di dekat Alun-alun Selatan Yogyakarta.

27. Soto Sulung
Soto Sulung [image source]
Soto Sulung [image source]

Karena menjadi tempat wisata, maka tidak heran jika Jogja menjadi tujuan orang-orang merantau dan mengadu nasib membawa pengetahuan dan budaya dari kampung halaman termasuk resep masakan. Sehingga tidak begitu mengherankan jika ada banyak makanan khas daerah lain dijual di Jogja. Termasuk salah satunya adalah Soto Sulung. Asal boleh dari Madura, namun rasanya pas banget di lidah orang-orang Jogja. Kamu pun juga harus mencobanya. Jadi, datang saja langsung ke lokasi Soto Sulung di berbagai penjuru Jogja, misalnya saja yang ada di Stasiun Tugu.

 28. Bakmi Mbah Mo
Bakmi Mbah Mo [image source]
Bakmi Mbah Mo [image source]

Bakmi Mbah Mo ini adalah sajian ala Jogja yang sudah terkenal dari dulu hingga sekarang. Baik artis atau pun pejabat, sengaja mampir ke sini untuk melahap hidangannya yang berupa bakmi godok, bakmi nyemek, hingga bakmi goreng. Lokasinya sendiri ada di Desa Code, Bantul, Yogyakarta. Jika kamu ingin membeli satu porsi bakmi Mbah Mo ini, cukup sediakan uang sekitar Rp. 16 ribu saja.

29. Gudeg Yu Jum
Gudeg Yu Jum [image source]
Gudeg Yu Jum [image source]

Gudeg Yu Jum adalah kuliner Jogja yang sudah tersohor sebagai jujukan para wisatawan untuk merasakan seperti apa sih gudeg yang benar-benar enak itu. Lokasi Gudeg Yu Jum berada di Jalan Kaliurang Yogyakarta. Tempatnya sederhana dan begitu nyaman. Sangat mencerminkan Jogja yang elegan. Saat mencicipi gudegnya, barulah kamu akan mengerti seenak apa olahan sayur nangka dengan sambel goreng krecek super mantap di sana.

30. Bakso Mawut
Bakso Mawut [image source]
Bakso Mawut [image source]

Berada di sebuah bangunan di Jalan Penembahan Senopati, pemilik kedai Bakso Mawut melayani para pembeli yang ingin menjajal kelezatan bakso dengan tekstur kenyal di Jogja. rasanya juga enak, bahkan sampai ke dalam-dalamnya. Untuk satu porsi bakso mawut harganya bisa lebih dari Rp. 10 ribu. Kunci dari rasa enak yang ditawarkan ada pada pemilihan bahan seperti daging hingga kaldu untuk membuat kuahnya.

Itulah beberapa kuliner Jogja yang lezat enak dan pas banget di lidah. Dari beberapa menu di atas, manakah yang paling ingin kamu coba?

Tags
Jogja kuliner kuliner Jogja wisata jogja
Share