Kafe Pustaka UM, Wadah Nongkrong Pegiat Literasi

Kafe Pustaka UM merupakan sebuah tempat ngopi yang berada di komplek kampus Universitas Negeri Malang. Beda dari kedai kopi lainnya, tempat ini mengusung jargon ‘Sembari Ngopi Membangun Literasi’. Diharapkan para pengunjungnya tak cuma membuang waktu ngobrol ngalor-ngidul, namun juga berbagi soal literasi dan wawasan lain.

Jadi Wadah Penggemar Sastra

img_5519_5Qw.JPG
Kafe dikelilingi taman asri (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Tak mengherankan jika Kafe Pustaka UM belakangan juga sering dijadikan tempat untuk menggelar beragam acara seputar sastra. Mulai dari pameran buku, talkshow, hingga diskusi ringan. Para mahasiswa juga kerap memilihnya sebagai tempat untuk bertukar pikiran seputar dunia sastra.

Keberadaan kafe ini merupakan buah pemikiran Profesor Djoko Saryono, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang yang juga seorang pegiat literasi dan sastrawan. Gagasannya akan sebuah tempat nongkrong yang diramaikan oleh pembicaraan literasi dan sastra terwujud sejak 7 Mei 2015 silam.

Nongkrong Oke, Ngobrol Serius Bisa

img_5520_QtK.jpg
Sisi depan kafe pustaka (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Kafe Pustaka UM buka mulai pukul 07.00 hingga 20.00. Mereka biasanya beroperasi antara Senin hingga Sabtu. Meski lokasinya berada di komplek kampus, tempat ini terbuka untuk umum lho Teman Traveler. Siapapun boleh datang dan mampir, tanpa memandang latar belakang sosial.

img_5514_PG8.jpg
Tempat untuk pesan makan dan minum (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Tak hanya nongkrong para pengunjung di sini kerap melakukan diskusi umum. Ada pula mahasiswa dan dosen yang serius menggelar konsultasi bimbingan skripsi. Benar-benar bukan lebih dari sekedar tempat nongkrong atau kedai kopi biasa.

Beragam Menu dengan Harga Mahasiswa

img_5523_6lO.jpg
Kopi susu (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Layaknya kafe, tempat ini juga punya beberapa menu yang bisa dipesan. Pilihannya beragam, mulai dari kopi tubruk, kopi susu, kopi coklat, green tea latte, coklat, dan masih banyak lagi. Sementara untuk makanannya, ada nasi pecel, kentang goreng, pisang goreng, hingga donat kentang. Tak perlu khawatir soal harga, semua dibanderol sesuai kantong mahasiswa.

Nuansanya Sejuk

img_5512_DKW.jpg
Bagian dalam kafe (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Suasana di sekitar Kafe Pustaka UM juga sangat cocok untuk santai dan diskusi berlama-lama. Lingkungan sekitarnya dipenuhi pohon rindang dan taman bunga. Lokasinya tepat berada di sebelah Perpustakaan Universitas Negeri Malang, sajikan mahasiswa lalu lalang sebagai pemandangan utama.

img_5511__1__3Q4.jpg
Meja kursi di sebelah barat (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Kafe ini cocok dikunjungi Teman Traveler yang tengah penat mengerjakan tugas di perpustakaan atau jenuh dengan suasana di ruang perkuliahan. Tempatnya bisa dibilang sangat strategis, dekat dengan Masjid UM sehingga takkan mengganggu jalannya ibadah.

img_5509__1__JXb.jpg
Lingkungan sekitar kafe (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Tak heran jika Kafe Pustaka UM seakan tak pernah sepi pengunjung. Keberadaannya kerap dirindukan, bahkan oleh mereka yang telah selesai menimba ilmu di kampus UM sekalipun. Jika Teman Traveler sedang liburan di Malang, boleh coba mampir ke sini untuk rasakan serunya nongkrong sembari berdiskusi literasi.

Tags
kontributor kuliner malang Malang Travelingyuk
Share