Jenis-jenis Dimsum, Mana yang Paling Sering Kamu Santap?

Nggak cuma populer di negara asalnya, Dimsum juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari banyaknya restoran yang menyajikan makanan dari Tiongkok ini. Mulai dari bentuk, isian, dan cara masaknya pun bermacam-macam. Berikut jenis-jenis dimsum yang populer di tanah air. Apa saja?

Har Gow (Haukau)

Har Gow (Haukau)
Har Gow (Haukau) via Shutterstock

Bagi Teman Traveler yang suka makan dimsum mungkin nggak asing dengan yang satu ini. Har Gow atau yang kerap disapa Haukau ini berbentuk mungil dan memiliki warna sedikit transparan. Isiannya terdiri dari cacahan udang. Teksturnya sedikit kenyal dan bercita rasa gurih. Hidangan ini memang paling enak disantap selagi hangat bersama segelas teh sesuai dengan tradisi di negara asalnya.

Shumai

Shumai dengan isian udang
Shumai dengan isian udang via Shutterstock

Jenis dimsum kedua yang juga populer di kalangan pecinta kuliner ialah Shumai. Di sejumlah daerah di Tiongkok seperti Hohhot, Kanton, Hunan, Jiangnan, Uyghur, shumai hadir dalam berbagai variasi. Mulai dari penggunaan isian, bahan yang digunakan, hingga bumbu khusus.

Uniknya beberapa negara juga memiliki cara penyajian dan tampilan yang berbeda-beda. Salah satunya seperti di Jepang, isian shumai sudah digiling hingga berbentuk pasta. Selain itu di Indonesia biasa disajikan dengan potongan kentang, kubis, dan siraman saus kacang di atasnya.

Tofu Skin Roll

Tofu Skin Roll yang digoreng
Tofu Skin Roll yang digoreng via Shutterstock

Hidangan ini banyak dijumpai di Hongkong dan hampir semua daratan di Tiongkok. Ciri khas dari Tofu Skin Roll ialah menggunakan kulit tahu sebagai pembungkusnya. Isiannya pun beragam. Ada yang terdiri dari sayuran, ikan, hingga daging babi.

Sebelumnya, kulit tahu dihidrasi terlebih dulu agar teksturnya lembut dan empuk. Jika Teman Traveler tidak terlalu suka, kalian bisa mencoba versi Tofu Skin Roll yang digorenga. Dikenal dengan sebutan Fu Pei Gyun, teksturnya pun lebih renyah dan biasa disajikan dengan saus mayones untuk dicocol.

Mantou (Mantau)

Mantou atau Mantau
Mantou atau Mantau via Shutterstock

Sekilas, Mantau memiliki bentuk menyerupai jajanan Bakpao. Namun tahukah Teman Traveler bahwa kedua hidangan ini ternyata berbeda? Mantou hadir dalam dua jenis yakni dengan dan tanpa isian. Namun kebanyakan daerah di Tiongkok menyajikan Mantau tanpa isian. Hal itu tentu saja berbeda dengan Bakpau yang biasanya terdiri dari isian daging dan varian rasa lainnya. Rasanya manis dan bertekstur lembut.

Pecinta kuliner Asia wajib menyimak, nih. Setelah menyimak jenis-jenis dimsum tadi, mana yang paling sering Teman Traveler santap?

Tags
Dimsum Indonesia Jenis-jenis dimsum kuliner
Share