Bukan Pastel, Ini Jalangkote Khas Makassar dengan Sensasi Rasa Berbeda

Advertisement

Ragam kuliner khas Nisantara sangat banyak sekali jenisnya. Ada olahan santan, olahan ayam, sampai dengan berbagai camilan. Contoh camilan dari Indonesia yang memiliki nama unik dengan rasa yang enak adalah jalangkote khas Makassar. Banyak orang menyebutkan jika kuliner khas Makassar satu ini memiliki bentuk yang sangat menyerupai pastel.

Buat kamu yang penasaran dengan jalangkote ini, bedanya apa dengan pastel, yuk merapat ke sini. Mari kita ulas lebih jauh mengenai jalangkote yang sangat terkenal dari Makassar ini. Bahkan saking terkenalnya belakangan ada jalangkote versi hitam pekat yang warnanya berasal dari zat arang aktif dari Jepang.

Sejarah Dinamakan Jalangkote

Tampilan jalangkote, Via Instagram mayasefry
Tampilan jalangkote, Via Instagram mayasefry

Saat pertama kali mendengar nama ‘jalangkote’ terdengar cukup unik dan tidak biasa ya. Ternyata ada sejarah dibaliknya kenapa kuliner satu ini disebut sebagai jalangkote. Biar kamu nggak terlalu penasaran dengan nama uniknya ya.

Berdasarkan catatan sejarah yang dilansir Tribunnews.com dari Dinas Pariwisata Makassar, menyebutkan jika jalangkote ini berasal dari kata ‘jalang’ yang memiliki arti jalan dan juga ‘kote’ yang memiliki berkotek-kotek ataupun berteriak. Penamaan itu lantaran dahulu jalangkote ini dijajakan oleh anak kecil yang berjualan keliling berjalan kaki sembari berteriak-teriak.

Perbedaan dengan Pastel

Jalangkote dipadu dengan saus sambal, Via Instagram mingjane31
Jalangkote dipadu dengan saus sambal, Via Instagram mingjane31

Tidak sedikit orang menyebutkan jika jalangkote ini sekilas sangat mirip dengan pastel. Perbedaanya terletak di kulit pastel yang lebih tebal dibandingkan dengan jalangkote. Sehingga, tekstur kulit dari kuliner Makassar satu ini cukup garing atau crispy.

Selain itu dari segi penyantapan jalangkote ini juga berbeda dari paste. Jika biasanya pastel dicamil dengan cabai rawit, jalangkote ini disantap dengan sambal cair yang merupakan kombinasi dari cuka dan juga cabai. Gurih-gurih asam yang sangat enak.

Bahan-bahan Pembuat Jalangkote

Mirip banget sama pastel ya, Via Instagram whestyputri
Mirip banget sama pastel ya, Via Instagram whestyputri

Jika pada umumnya pastel berisi bihun dengan wortel, jalangkote ini sedikit berbeda. Isian dari jalangkote adalah wortel, kentang, tauge, dan juga laksa yang dipadu dengan bawang putih, bawang merah, dan diberi bumbu. Ada juga yang membuat jalangkote dengan bahan-bahan dari telur rebus dan daging cincang. Untuk kulitnya terbuat dari tepung terigu, santan, telur, mentega dan tidak lupa garam.

Jadi Takjil Kala Puasa

Dipadukan dengan sambal cair, Via Instagram food_sulawesi
Dipadukan dengan sambal cair, Via Instagram food_sulawesi

Karena citarasanya yang begitu enak, jalangkote ini seringkali dijadiakn sebagai takjil untuk buka puasa. Ditemani dengan segelas teh hangat, menjadikan jalangkote ini jadi santapan yang begitu istimewa. Karena menjadi salah satu camilan favorit kala puasa, tidak mengherankan jika jalangkote banyak sekali ditemui saat Bulan Ramadan.

Penasaran dengan rasa dari jalangkote ini? Yuk segera agendakan waktu untuk bisa traveling ke Makassar. Liburan selalu kurang lengkap tanpa menyantap makanan khasnya jangan lupa juga membawa oleh-oleh khas Makassar juga.

Advertisement
Tags
Indonesia jalangkote khas Makassar Makassar
Share