Menikmati Kuliner Khas Makassar di 6 Kota Besar Indonesia

Advertisement

Makassar memiliki beragam kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Warung dengan makanan khas kota Daeng itu semakin menjamur di seluruh penjuru negeri. Kali ini, tim Travelingyuk ingin memberikan rekomendasi tempat untuk bisa mencicipi makanan Ibukota Sulawesi Selatan ini di beberapa kota besar Indonesia.

1. Rumah Makan Mamink Daeng Tata, Jakarta

Rumah makan Mamink Daeng Tata Tebet [image source]
Salah satu menu andalan tempat ini adalah Tata Ribs yang merupakan hidangan iga bakar. Satu porsinya dibanderol dengan harga Rp58.000 saja. Selain itu, rumah makan yang terletak di Jalan Casablanca No. 33, Tebet menjual menu lain khas kota kelahiran Sultan Hasanuddin ini.

Es Pisang Ijo Mamink Daeng Tata [image source]

2. Rumah Makan Marannu, Bandung

Sop Konro Marannu Bandung [image source]
Meskipun Bandung memiliki banyak ragam kuliner, bukan berarti hidangan Makassar tidak tersedia di sini. Rumah makan Marannu terletak di Jalan Riau No. 189, Bandung ini tak pernah sepi pengunjung. Sop Konro yang menjadi menu andalan tempat ini dibanderol seharga Rp49.000 per porsinya.

Ada iga bakar juga [image source]

3. Coto Makassar Daeng Kulle, Surabaya

Coto Makassar Daeng Kulle [image source]
Coto Makassar Daeng Kulle menjadi menu primadona di Surabaya. Hidangan yang ditawarkan pun beragam, di antaranya ada Sop Sodara dan Es Pallubutung. Warung ini mematok kisaran harga Rp7.500 sampai Rp30.000 saja per porsinya.

Nasi Campur Khas Makassar [image source]

4. La Capila, Yogyakarta

Coto Makassar di La Capila [image source]
Berada di Jalan Krasak No. 5, Kotabaru, tempat ini menjadi salah satu tujuan untuk menikmati hidangan khas Makassar di kota Yogyakarta. La Capila menjual berbagai macam menu makanan yang berasal dari timur Indonesia ini. Rumah makan ini hanya mematok harga tidak lebih dari Rp 15.000 saja.

Es Pisang Ijo [image source]

5. Coto Makassar Sudirman, Denpasar

Coto Makassar Sudirman, Denpasar [image source]
Rumah makan yang berlokasi di Jalan P.B. Sudirman ini menjadi tempat favorit warga Denpasar untuk menyicipi sajian Coto Makassar. Tak hanya itu, Coto Makassar Sudirman juga menyajikan Sop Konro dan Pisang Ijo. Satu porsi makanan memiliki variasi harga sekitar Rp 15.000-Rp 45.000 saja.

Pisang Ijo [image source]

6. Rumah Makan Bunda, Medan

Konro Bakar RM Bunda [image source]
Jarak yang jauh tak menjadi hambatan bagi penikmat kuliner untuk bisa merasakan nikmatnya hidangan khas Makassar. Berada di Jalan Candi Biara No.2 Medan, rumah makan ini menyajikan berbagai macam hidangan tradisional Ibukota Sulawesi Selatan. Harga yang dibanderol untuk makanan ini berkisar Rp10.000 sampai Rp35.000.

Es Pisang Ijo RM Bunda [image source]
Tak perlu jauh-jauh ke Makassar untuk bisa menikmati hidangannya. Bagaimana? Masih ada alasan untuk tidak mencoba makanan spesial ini?

Advertisement
Tags
Bandung Denpasar Indonesia Jakarta kuliner Makassar Medan Surabaya Yogyakarta
Share