Berkunjung ke Tempat Wisata di Makassar? Inilah Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Advertisement

Berburu oleh-oleh merupakan kegiatan wajib saat liburan ke tempat wisata di Makassar suatu tempat. Sebab banyak benda dan kuliner lezat yang mungkin tidak mudah didapatkan di kotamu. Bisa juga dijadikan buah tangan untuk kerabat terdekat, kan? Jika bingung ingin membeli apa, ada baiknya membaca rekomendasi oleh-oleh Makassar dari Travelingyuk ini. Dicatat, ya!

1. Kain Tenun Toraja

Kain tenun khas Toraja via Instagram/@republiktenun

Kain tenun Toraja dulunya digunakan oleh orang tertentu saja, seperti bangsawan. Kini, semua golongan masyarakat bisa membelinya. Umumnya benda ini memiliki motif zig-zag yang membentuk pola geometris yang indah. Uniknya, pewarnanya menggunakan bahan dari alam sekitar. Harganya pun bervariasi, tergantung kerumitan corak dan ukurannya.

Bahan pewarna dari alam sekitar, via torajaparadise.com

2. Minyak Gosok Cap Tawon

Minyak Gosok cap Tawon [image source]
Minyak Gosok Cap Tawon seringkali menjadi barang buruan wisatawan sebelum pulang ke kota asal. Obat tradisional cair ini berfungsi untuk mengatasi keluhan kesehatan ringan yang tak harus ditangani oleh dokter. Contohnya luka kecil, memar, nyeri sendi, dan masih banyak lagi. Terdapat dua jenis dengan warna tutup botol yang berbeda, yaitu merah dan putih.

Penuh khasiat, via Instagram/@rhearifaramadhanti

3. Sirup DHT

Sirup DHT khas Makassar, via Instagram/@catur_esty

Sirup DHT sering digunakan untuk melengkapi kuliner tradisional seperti pisang ijo dan pallubutung. Teksturnya kental dan berwarna merah gelap. Rasanya manis dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau jamuan untuk tamu di rumah. Sulit untuk menemukan minuman ini di kota lain karena produksinya terbatas di Makassar saja. Jadi, jangan sampai lupa membelinya ya.

Sirup DHT, via Instagram/@oleholehsulawesi

4. Bakso Ati Raja

Bakso Ati Raja, via Instagram

Kuliner ini menjadi tujuan utama wisatawan untuk mengisi perut. Saking enaknya, banyak yang rela merogoh kocek dalam hanya untuk membawanya pulang ke kota asal. Bahannya menggunakan daging tanpa lemak dan sedikit kanji. Tekturnya pun terasa lembut di lidah. Makin lezat dengan tambahan sambal kuning khas Makassar yang super pedas. Rasanya maknyus!

Bakso Ati Raja, via Instagram/@desy_maria_christina_borsim

Itulah ragam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Makassar. Beli yang banyak agar semua kerabat kamu kebagian. Selamat berbelanja! Jangan lupa datang ke berbagai tempat wisata di Makassar yang keren. Dari pantai hingga pegunungan.

Advertisement
Tags
Indonesia Makassar Sulawesi Selatan tempat wisata di makassar
Share