4 Jalan Setapak yang Keren Banget, Bisa Jalan-jalan Sekaligus Refreshing

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Luar Negeri

Berjalan kaki tentu menjadi kegiatan yang seru. Sayangnya tidak semua kota atau negara peduli terhadap pedestrian. Namun kegiatan ini tak hanya dapat dilakukan di wilayah perkotaan saja. Beberapa destinasi wisata juga memiliki spot jalan setapak yang seru untuk pejalan kaki. Tak hanya jalan-jalan, di tempat ini kamu bisa sekalian refreshing.

1. Ha’iku Stairs, Hawaii

Jalan setapak dengan 3922 anak tangga, via instagram/@jakelorow

Hai’ku Stairs berada di area Gunung Koolau, Hawaii. Ketinggiannya mencapai 945 meter di atas permukaan laut. Jalan setapak Ha’iku Stairs merupakan rute yang akan dilewati untuk menuju ke gunung ini. Pada jalan setapak dengan anak tangga sebanyak 3922 buah ini, berbagai pemandangan indah dapat ditemukan di kanan dan kiri.

Jalur trekking di punggung gunung, via instagram/@jakelorow

2. Danau Plitvice, Kroasia

Danau yang menjadi situs warisan dunia UNESCO, via instagram/@vagarlust

Tempat ini termasuk salah satu situs warisan UNESCO yang ditetapkan pada tahun 1979. Karena tempat ini menjadi destinasi utama para wisatawan, di sekitar danau dibuatkan jalan setapak yang bernama Plitvica. Panjangnya mencapai 9 km. Kemudian ada juga Corkovola Uvala dengan panjang mencapai 21 km.

Jalan setapak di tepi danau, via instagram/@ssssmone

3. Terowongan Cinta, Ukraina

Terowongan yang diselimuti tumbuhan, via instagram/@miracles__of__nature

Terowongan yang memiliki panjang 3 kilometer ini juga dikenal dengan nama Tunnel of Love. Mitosnya, jika ada pasangan yang datang dan melewati terowongan ini, seluruh permohonannya akan terwujud. Karena dikelilingi dengan tumbuhan, tempat ini paling ramai dikunjungi wisatawan ketika musim semi datang.

Paling tepat datang saat musim semi, via instagram/@the___world___is___yours

4. Terowongan Wisteria, Jepang

Salah satu destinasi impian yang ditetapkan CNN internasional di tahun 2014, via instagram/@piyotaro164

Taman Bunga Ashikaga ini ditetapkan oleh CNN internasional sebagai salah satu destinasi impian pada tahun 2014. Bulan April hingga pertengahan Mei merupakan waktu yang tepat untuk datang ke sini, karena di bulan tersebut terdapat The Great Wisteria Festival. Sebuah festival yang menampilkan terowongan bunga yang terbentuk oleh bunga wisteria yang jumlahnya lebih dari 350 pohon.

Jalan setapak yang beratapkan tanaman cantik, via instagram/@luthfiabdulaziss

Katanya, sering berjalan kaki dapat membuat manusia lebih sehat dan memiliki umur yang lebih panjang. Seperti orang-orang tua yang berumur hingga umur 90 tahun. Namun kalau di kota belum cukup nyaman, beberapa tempat seperti di atas dapat menjadi opsi. Tak hanya sehat fisik, namun pikiran juga sehat, bukan?