Kenang Masa Kecil dengan 7 Jajanan SD Favorit, Kamu Pernah Coba yang Mana?

Advertisement
Advertisement

Apakah Teman Traveler masih ingat masa-masa di waktu kecil? Bayangkan kalian baru saja pulang dari sekolah, kemudian bersama teman-teman membeli aneka jajanan SD kegemaran yang ada di depan gerbang. Pastinya kangen kan ya? Nah, saya mau membahas aneka makanan masa kecil tersebut. Masihkah kalian mengingatnya?

1. Mie Gaul

whatsapp_image_2019_08_20_at_21_hFx.jpeg
Mie gaul (c) Denah Lucky Sari/ Travelingyuk

Mie ini sangat lezat, apalagi dimakan ketika kita sedang lapar banget. Biasanya hidangan ini disajikan di mangkok atau sterofoam dengan sumpit yang khas. Dijual dengan harga Rp2.000- Rp5.000 per porsi, makanan ini jadi favorit anak-anak di zaman kita.

Mie gaul ini biasanya dibuat dari merk Mie Sakura. Tapi sekarang sudah banyak divariasikan dengan merk lain, seperti Mie Sedap.

2. Lidi-Lidian

whatsapp_image_2019_08_20_at_21_YEh.jpeg
Lidi-lidian (c) Denah Lucky Sari/ Travelingyuk

Siapa sih yang tidak tahu jajanan ini? Camilan yang sudah hits dari dulu ini masih ada hingga sekarang loh! Biasanya dijual dengan harga Rp2.000 per plastik. Varian rasanya pun beragam. Ada yang asin dan pedas. Karena bentuknya seperti lidi, makanya disebut dengan nama ‘lidi-lidian’.

Saat ini, rasanya dimodifikasi menjadi bermacam-macam. Mulai dari rasa barbeque, keju, dan sebagainya. Meskipun begitu, camilan ini tetap lestari tak dimakan zaman.

3. Cilok

whatsapp_image_2019_08_20_at_21_bGm.jpeg
Cilok (c) Denah Lucky Sari/ Travelingyuk

Pastinya Teman Traveler tahu jajanan SD favorit yang satu ini, bukan? Ternyata, cilok memiliki singkatannya sendiri, loh, yakni ‘aci dicolok’. Unik, ya? Makanan berbahan dasar sagu ini biasanya juga dicampur dengan daging cincang. Ditambah dengan sambal atau bumbu kacang, rasanya makin maknyus! Harganya sekitar Rp500 – Rp1.000 per cilok. 

4. Cilung

whatsapp_image_2019_08_20_at_21_wv8.jpeg, jajanan sd
Cilung (c) Denah Lucky Sari/ Travelingyuk

ini adalah kombinasi dari telur gulung, aci atau sagu yang ditambah dengan bihun. Akhirnya nanti adonan akan dilumuri tepung roti, lalu telur, lalu tepung roti lagi, baru kemudian digoreng. Rasanya gurih-gurih enak gitu, Teman Traveler! Harganya sekitar Rp1.000an. Murah sekali.

5. Martabak Mini

whatsapp_image_2019_08_20_at_21_AYm.jpeg, jajanan sd
Martabak telur mini (c) Denah Lucky Sari/ Travelingyuk

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas ini? Memang terinspirasi dari martabak telur dan manis yang biasa kita jumpai. Tapi ukuran yang dijual di SD jauh lebih kecil alias mini abis!

whatsapp_image_2019_08_20_at_21_zFX.jpeg, jajanan sd
Martabak manis mini (c) Denah Lucky Sari/ Travelingyuk

Martabak mini telur ini terbuat dari kulit lumpia yang tipis kemudian di tambah telur dan sayuran. Kemudian itu tadi ditambah saus sesuai selera. Untuk rasa tidak berbeda jauh dengan martabak telur pada umumnya. hanya berbeda ukuran saja. 

Nah ini, martabak ini memang terbilang sederhana, tapi cukup mengenyangkan dan sangat pas dimakan ketika sedang panas. Harganya hanya Rp500 saja. Murah banget, kan?

6. Bakso Goreng

whatsapp_image_2019_08_20_at_21_Ti5.jpeg, jajanan sd
Bakso goreng (c) Denah Lucky Sari/ Travelingyuk

Familiar dengan bakso yang satu ini? Tidak hanya nikmat jika berkuah, bakso ternyata juga enak kalau digoreng loh! Biasanya penyajiannya dilengkapi dengan aneka saos agar lebih terasa nikmatnya. Harganya bervariasi, mulai dari Rp1.000 per bakso.

7. Gulali Lolipop

whatsapp_image_2019_08_20_at_21_mkx.jpeg, jajanan sd
Gulali (c) Denah Lucky Sari/ Travelingyuk

Salah satu makanan yang manis ini bernama gulali. Penjual nanti menyediakan cetakan yang beraneka ragam bentuknya. Kalian tinggal memilih sesuai dengan kesukaan, kemudian dicetak, dan voila! Jadi deh! Siapa yang sudah pernah mencoba ini?

Nah, bagaimana? Ngiler dengan jajanan sewaktu kecil dulu? Jangan lupa untuk datang dan kunjungi lagi sekolah kita dulu ya! Selagi bisa bersillahturahmi kepada guru-guru semasa sekolah, kita juga bisa mencoba aneka jajanan SD favorit.

Advertisement
Tags
Indonesia Jajanan SD kontributor kuliner Travelingyuk
Share