Stone Garden dan Gua Pawon, Wisata Petualangan Tersembunyi di Padalarang

Advertisement

Buat Teman Traveler yang hobi bertualang dan punya rasa penasaran tinggi, boleh coba mampir ke Stone Garden dan Gua Pawon di Padalarang. Di sini kalian bakal temukan wisata bernuansa petualangan, yang sekaligus jadi bukti bahwa dulunya daerah ini terendam permukaan air! Yuk, simak ulasannya.

Lengkapi Diri Sebelum Bertualang!

Gua Pawon di Desa Gunung Masigit Padalarang, Jawa Barat © Arakita Rimbayana
Gua Pawon (c) Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Gua Pawon dan Stone Garden menawarkan pemandangan pegunungan bersejarah dari ketinggian. Untuk sampai sini, Teman Traveler harus menempuh perjalanan cukup menantang. Jika berangkat dari Jakarta, kalian harus terus menuju Tol Cipularang arah Bandung dan keluar lewat pintu tol Padalarang.

Berikutnya, Teman Traveler wajib menempuh perjalanan sekitar satu jam lagi untuk sampai ke gerbang masuk Gua Pawon (bisa kalian cari di Google Maps). Alternatif lain adalah melalui Jalan Raya Purwakarta ke arah Cipatat. Kalian bakal melewati beberapa tempat terkenal seperti Situ Ciburuy dan deretan penjual nisan serta marmer di sepanjang jalan.

Petualangan Teman Traveler bakal langsung dimulai begitu sampai di gerbang masuk Gua Pawon. Destinasi utamanya sendiri berada sekitar 2 kilometer dari pintu masuk. Kalian bisa mengaksesnya dengan naik motor, meski jalurnya cukup menantang. Kebanyakan pengunjung lebih memilih berjalan kaki. Oh ya, jangan lupa bawa air minum, kenakan topi, serta alas kaki nyaman ya.

Setelah berjalan beberapa saat, Teman Traveler akan menemukan loket di dekat tempat parkir. Ketika saya mampir ke sini, tidak ada tiket resmi. Namun saya membayar Rp6.000 untuk masuk dan Rp5.000 untuk parkir.

Siap-siap Bercengkrama dengan Alam

Bebatuan Gua Pawon di Desa Gunung Masigit Padalarang, Jawa Barat © Arakita Rimbayana
Bebatuan Gua Pawon di Desa Gunung Masigit Padalarang, Jawa Barat (c) Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Selain monyet-monyet di beberapa area sepanjang jalan dari gerbang masuk, kamu akan disambut dengan bebatuan unik di Gua Pawon. Gua ini dulunya merupakan batu karang besar di tengah laut. Sekarang tempatnya menjelma jadi plato dengan aneka satwa liar. Kelelawar salah satunya, siap-siap dengan baunya, ya!

Setelah berjalan singkat dari loket masuk melalui jalan kecil dan beberapa anak tangga, kamu akan sampai di tangga untuk naik ke gua. Harap berhati-hati karena jalurnya cukup curam. Seorang petugas jaga akan membantu jika kalian kesulitan. Mereka juga akan memberikan panduan selama berada di dalam gua dan menunjukkan bebatuan yang terbentuk jutaan tahun. Kalian juga bisa melihat peninggalan tulang belulang manusia dari puluhan ribu tahun lalu.

Pemandangan Menakjubkan di Puncak

Pemandangan dari puncak Gua Pawon di Desa Gunung Masigit Padalarang, Jawa Barat © Arakita Rimbayana
Pemandangan di puncak (c) Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Setelah berada cukup lama di dalam gua, Teman Traveler pasti butuh udara segar. Naik terus ke atas menuju ke Stone Garden untuk menikmati pemandangan indah.

Stone Garden di puncak Gua Pawon di Desa Gunung Masigit Padalarang, Jawa Barat © Arakita Rimbayana
Stone Garden di puncak Gua Pawon (c) Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Jika Teman Traveler suka mendaki, bisa ambil jalur lebih curam dan menantang. Jika tidak, kalian bisa kembali turun untuk jalan kaki atau naik motor ke kawasan Stone Garden. Oh ya, di sekitar sini juga sudah terdapat deretan warung yang menjual makanan dan minuman.

Seperti Gua Pawon, tidak ada tiket masuk resmi ke Stone Garden. Saya hanya membayar Rp2.000 saja. Tempat ini biasanya penuh di akhir pekan. Namun lantaran kondisi geografisnya ikut mempengaruhi deformasi gua di bawahnya, jumlah pengunjung yang masuk bersamaan dibatasi. Jadi, sebaiknya Teman Traveler berkunjung saat hari kerja saja ya.

Itulah ulasan singkat mengenai Stone Garden dan Gua Pawon di Padalarang. Siapa sangka, ada tempat seperti ini di antara kota-kota tersibuk di Indonesia? Bagaimana, Teman Traveler tertarik mampir ke sini kala liburan di Bandung.

Advertisement
Tags
kontributor Padalarang Travelingyuk wisata padalarang
Share