Jajanan Khas Taiwan dengan Rasa Istimewa, Bisa Jadi Rekomendasi Nih!

Sebelum jelajah negara di Eropa, sudah pernah mampir ke destinasi cantik Asia, belum? Selain Jepang, Korea dan Thailand, Wisata Taiwan bisa jadi  tujuan saat libur panjang loh. Tak hanya memiliki tempat wisata yang memesona, Teman Traveler juga bakal dimanjakan dengan kuliner Taiwan yang nendang di lidah. Seperti jajanan khasnya? Berikut ini ulasannya.

1. Mee Sua Taiwan

Kuliner Taiwan, Mee Sua Taiwan
Mee Sua Taiwan via instagram/@kellychiasn

Mee Sua atau Misoa merupakan kuliner nendang yang berisi bihun dengan tektur tipis. Di Taiwan, menu ini merupakan kuliner istimewa yang mudah ditemukan di pinggir jalan. Seporsinya biasa disajikan dengan potongan daging tiram dan kuah berwarna kecokelatan dengan rasa gurih. Beberapa tempat menyajikan menu ini dengan tambahan usus babi. Jadi, pastikan untuk cek label halal bagi Teman Traveler yang muslim sebelum membeli.

2. Kua Bao

Kuliner Taiwan, Kua Bao
Kua Bao via instagram/@edstronomy

Nah, jajanan ini sebenarnya tidak jauh beda dengan burger pada umumnya. Yap, Kua Bao terbuat dari roti yang diisi dengan daging dan beberapa sayuran. Roti yang digunakan berupa roti kukus berwarna putih yang punya dua rasa, yaitu manis dan asin. Sayang, kuliner ini tidak dianjurkan untuk wisatawan muslim karena mengandung daging babi.

3. Stinky Tofu

Kuliner Taiwan, Stinky Tofu
Stinky Tofu via instagram/@jimmyhweebeng

Nama lain jajanan ini adalah Chou Doufu atau tahu busuk. Sekilas mirip dengan tahu petis di Indonesia, tapi warnanya lebih gelap. Sesuai dengan namanya, aroma tahu ini menyengat karena proses memasaknya difermentasi sebelum digoreng kering. Biasanya, stinky tofy disajikan bersama dengan kubis rebus, kecap dan saus bawang. Sementara rasanya gurih, dengan tekstur kering di luar dan lembut di dalam.

4. Xiao Long Bao

Kuliner Taiwan Xiao Long Bao
Xiao Long Bao via instagram/@hungryhungryheejin

Selain kua bao, Taiwan masih punya banyak jajanan dari olahan roti. Salah satunya Xiao Long Bao yang merupakan roti keranjang. Yap, sekilas mirip banget dengan dimsum karena memiliki kulit tips dan elastis. Sementara untuk isinya terbuat dari daging cincang yang rasanya gurih. Nah, menu ini biasanya disajikan dengan sup segar dan manis yang warnanya kekuningan.

Bagaimana, tertarik untuk coba satu-satu jajanan khas Taiwan di atas kan? Jangan lupa juga kunjungi wisata Taiwan yang menakjubkan.

Tags
Kuliner Taiwan Luar negeri Taipei Taiwan Wisata Taiwan
Share