30 Wisata Taiwan yang Menakjubkan, Bikin Enggan Pulang

febri rama

febri rama

On Luar Negeri
Wisata Taiwan Wisata Taiwan

Wisata di Taiwan saat ini banyak yang kekinian. Ditambah lagi dengan adanya bangunan-bangunan bersejarah. Selama kamu ke sini, pasti menyenangkan. Kamu tinggal memilih wisata di Taiwan yang sesuai dengan selera. Mulai dari taman bermain dengan wahana-wahana mendebarkan, berjalan menelusuri setapak di taman nasional. Atau berkunjung ke monumen-monumen yang mengobarkan semangat. . Berikut ini Travelingyuk telah memilihkan 30 wisata di Taiwan penuh keseruan.

 

1. Kuil Xingtian

Wisat di Taiwan Kuil Xingtian
Kuil Xingtian via Josh Ellis Photography

Kuil berikutnya yang terkenal sebagai salah satu wisata di Taiwan adalah Kuil Xingtian. Tempat ini mulai dibangun pada tahun 1968 untuk mengenang salah satu kaisar yang dianggap sebagai penyelamat. Bangunannya memiliki arsitektur khas dan punya makan tertentu. Lokasi Kuil Xingtian berada di District Zhongshan.

2. Taipei Story House

Wisata di Taiwan Taipei Story House
Taipei Story House Flickr

Tempat ini miliki arti tersendiri bagi masyarakat Taiwan. Dulunya dikenal dengan nama  Yuanshan Mansion. Saat ini dibuka sebagai museum di Taipei Expo Park. Bentuknya cukup unik dan sudah ada sejak tahun 1913. Dulunya dibangun oleh  Tan Tiau-chun, seorang saudagar teh yang membuat rumah ini sebagai tempat menginap bagi para pedagang-pedagang kaya.

3. Kebun Binatang Taipei

Wisata di Taiwan Tapei Zoo
Tapei Zoo via Ecns.cn

Sebagai ibukota, Taipei juga memiliki kebun binatang yang juga disebut dengan Muzha Zoo. Lokasinya berada di District Wenshan. Wisata di Taiwan ini merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Pembangunanya dimulai pada tahun 1914 pada saat Taiwan masih berada di bawah kekuasaan Jepang.  Kamu bisa melihat panda di sini dan berbagai macam bintang dari berbagai benua.

4. Sun Yat-sen Memorial Hall

Wisata di Taiwan Sun Yat-sen Memorial Hall
Sun Yat-sen Memorial Hall via www.travel.taipei

Bangunan peringatan untuk mengenang Bapak Bangsa Taiwan ini rampung pada tahun 1972. Arsitekturnya memiliki gaya yang khas dan megah. Letaknya berada di pusat kota, jadi sangat mudah ditemukan. Selain berbagai informasi mengenai Sun Yat Sen. di sekitar bangunan juga ada taman-taman dengan bunga warn-warni.  Letak Sun Yat Sen Memorial Hall berada di  Distrik Xinyi.

5.  Sun Lake Moon

Wisata di Taiwan Sun Lake Moon
Sun Lake Moon via  Wallpaper Abyss – Alpha Coders

Ini adalah Wisata di Taiwan yang jadi andalan. Dikenal juga sebagai danau paling besar di Taiwan. Soal pemandangan jangan ditanya lagi, begitu indah dengan gunung-gunung menjulang tinggi. Jika kamu datang saat pagi atau sore, cahaya matahari yang memerah akan sangat menakjubkan. Pengunjung yang datang bisa menyewa sebuah perahu atau menelusuri jalan setapak hingga ke puncak bukit.

6. Raohe Street Night Market

Wisata di Taiwan Raohe Street Night Market
Raohe Street Night Market via Justgola

Taiwan sudah seperti tempatnya  night market. ada banyak lokasi yang setiap malam ramai dikunjungi karena menawarkan pertunjukan tradisional hingga modern, Belum lagi pilihan makanan dan barang-barang belanjaan murah merih. Satu lagi pasar malam yang harus kamu kunjungi sewaktu ke Taiwan adalah Jalan Raohe. Coba kuliner khas Taiwan di sini dan jangan lewatkan mencoba berbagai permainan seru.

7. Songshan Cultural and Creative Park

wisata di taiwan Songshan Cultural and Creative Park
Songshan Cultural and Creative Park via yearbook.taipei

Taman budaya yang saat ini menjadi wisata di Taiwan ini mulai dibangun pada tahun 1937. Awaknya merupakan bangunan untuk pabrik rokok bernama  Matsuyama Tobacco Plant of the Monopoly Bureau of the Taiwan Governor’s Office dibawah pengaruh Jepang. Di area taman budaya ini ada beberapa bangunan. beberapa dijadikan sebagai museum dengan barang-barang bersejarah.

8. Masjid Agung Taipei

Wisata di Taiwan Masjid Taipei
Masjid Agung Taipei via Wahyu Alam

Taipei juga ramah untuk wisatawan muslim. Selain tidak sulit menemukan makanan halal, juga ada tempat ibadah yang megah. Sebutannya adalah Taipei Grand Mosque. Pengunjung bisa datang ke sini untuk melakukan wisata religi. Pembangunannya sudah dimulai sejak 1947 dan hingga sekarang berdiri kokoh dengan arsitektur yang keren. Di sekitar masjid ada penjual-penjual makanan halal juga.

9. Dajia Riverside Park

Wisata di taiwan Dajia Riverside Park
Dajia Riverside Park via My Guide Taipei

Ini adalah tempat wisata di Taiwan yang cocok didatangi bersama dengan keluarga. Areanya sangat luas dengan berbagai fasilitas. Mata pun akan dimanjakan dengan pemandangan sungai dan jembatan. Belum lagi pepohonan berdaun lebat yang menawarkan kesejukan. Berlama-lama di sana tidak akan membuat kamu bosan.

10. Hualien

Wisata di Taiwan Hualien
Hualien via Nick Kembel

Hualien merupakan kawasan wisata di Taiwan yang mengandalkan pemandangan alam. Berbagai kegiatan seputar alam bisa kamu lakukan di sini. Salah satu lokasi yang tak boleh kamu lewatkan adalah Taroko Gorgem sebuah ngarai yang sangat panjang diapit oleh pemandangan sangat keren. Di sini juga ada sungai berair jernih dan barisan pegunungan.

11. Taipei 101

Wisata di Taiwan
Taipei 101 Tower via Lonely Planet

Wisata di Taiwan pertama yang menjadi ikon dan kebanggaan negeri ini adalah menara pencakar langit Taipei 101. Bangunannya sangat megah dengan bentuk yang khas. Lokasinya berada di Xinyi District, Taipei, Taiwan. Arsitektur ini pernah menyabet gelar sebagai menara tertinggi di Dunia sejak tahun 2014. Saat ada perayaan tahun baru biasanya Taipei 101 menggelar pertunjukan kembang api yang begitu keren. Saat ini menara setinggi 509 meter ini berfungsi sebagai Taipei World Financial Center.

12. Yangmingshan

Wisata di taiwan Yangmingshan
Yangmingshan via Taiwan Tourism Bureau

Menemukan wisata alam di Taiwan bukanlah hal yang sulit. Lembah-lembah padang rumputnya membentuk taman yang keren. Seperti Yangmingshan, salah satu dari sembilan Taman Nasional di Taiwan. Pengunjung yang datang ke sini bisa menjelajahi alam dan melihat daun-daun berguguran. belum lagi flora dan fauna yang menghuni taman nasional ini begitu menarik perhatian. Wisata di Taiwan ini memang bikin penasaran.

13. Museum Istana Nasional

Wisata Taiwan Museum Istana Nasional
Museum Istana Nasional via Garbers & James

Wisata di Taiwan yang satu ini berkaitan dengan sejarah. Bangunannya menyerupai istana-istana yang megah. Di dalamnya tersimpan banyak sekali artefak berharga dan informasi mengenai perjalanan Taiwan dan Cina. Koleksinya pun berasal dari berbagai macam dinasti mulai dari Song, Yuan, Ming, dan Qing.

14. Ximending

Wisata Taiwan Ximending
Ximending via YouTube

Ximending berada di Jantung Taiwan, datanglah ke sini saat malam hari dan kamu akan melihat bagaimana kehidupan menakjubkan. Lampu-lampu yang menyala terang dan jalanan yang tak pernak sepi membuat tempat ini seperti kota yang selalu terjaga. Selain berburu kuliner dan oleh-oleh, kamu bisa melihat berbagai macam atraksi khas Taiwan. Serunya lagi, di waktu tertentu ada banyak sekali diskon. Wisata di Taiwan ini cocok untuk kaum perempuan.

15. Chiang Kai Shek Memorial Hall

Wisata Taiwan Chiang Kai Shek Memorial Hall
Chiang Kai Shek Memorial Hall via Josh Ellis Photography

Balai peringatan ini dibangun untuk mengenang jasa-jasa presiden pertama Taiwan. Bangunannya yang khas dan megah menjadikannya sebagai salah sati wisata di Taiwan ikonik. Tamannya luas, dengan berbagai macam fasilitas yang memanjakan mata. Pengunjung yang datang bisa melihat sebuah arsitektur yang dibuat dengan penuh makna. Sama seperti istana-istana di Indonesia yang tetap terjaga kebudayaannya, di waktu tertentu ada pergantian penjaga yang menjadi tontonan seru bagi wisatawan.

16. Kuil Long Shan

Wisata Taiwan Kuil Long Shan
Kuil Long Shan via Taiwan News

Kuil Long Shan menjadi wisata di Taiwan yang penuh dengan muatan religi. Kuil yang memiliki sejarah panjang ini memiliki arsitektur yang menawan. Ukirannya seperti untaian cerita yang mengajarkan manusia tentang banyak hal. Lokasinya berada di Jalan Guangzhou, Wanhua, Kota Taipei. Hingga sekarang kuil masih digunakan sebagai tempat ibadah. Setia[ hari banyak pengunjung yang datang untuk berdoa dan melakukan berbagai macam ritual.

17. Shilin Night Market

wisata Taiwan Shilin Night Market
Shilin Night Market via Taiwan Tourism Bureau

Taipei yang menjadi ibukota Taiwan semakin meriah dengan adanya Pasar Malam Shilin. Sebutan populernya adalah Shilin Night Market. Setiap malam ada ratusan penjual yang menawarkan dagangannya terutama kuliner khas. Jika kamu datang untuk mencoba cita rasa unik yang sangat berbeda dengan di Indonesia, datanglah ke wisata Taiwan ini. Di sini juga kamu bisa mencoba Stinky Tofu yang terkenal memiliki bau tak sedap, tapi justru menjadi santapan favorit.

18. Air Terjun Shi Fen

Wisata Taiwan Air Terjun Shi Fen
Air Terjun Shi Fen via Eternal Arrival

Air terjun di Taiwan memiliki keindahan yang memesona. Salah satunya adalah Air Terjun Shi Fen yang dialiri Sungai Keelung. Udara di sini cukip segar dengan pepohonan rindang. airnya juga jernih berwarna kehijauan.  Lokasinya sendiri berada di District Pingxi tak begitu jauh dari pusat kota. Wisata Taiwan ini juga dilengkapi dengan Shi Fen Old Street, Sebuah area yang dibuat sedemikian rupa dan bertema jadul.

19. Maokong

Wisata Taiwan Maokong
Maokong via Entree Kibbles

Maokong adalah wisata Taiwan yang bernuansa alam, tapi sudah dilengkapi dengan fasilitas modern untuk memudahkan para pengunjung. Lokasinya berada di district Wenshan. Di sini pengunjung bisa melakukan banyak selain menikmati udara segar. Salah satunya adalah mencoba naik kereta gantung sampai ketinggian tertentu. Kemudian juga bisa mencoba minum teh yang menjadi unggulan Maokong.

20. Dermaga Tamsui

wisata Taiwan Dermaga Tamsui
Dermaga Tamsui via GoHitz

Ada juga tempat melihat indahnya matahari terbenam yang keren di Taiwan. Namanya adalah dermaga Tamsui, di sini ada banyak sekali kapal-kapal yang bersandar bisa dijadikan sebagai latar belakang foto dengan sentuhan cahaya matahari sore, Dermaga Tamsui berada di District Xinbei. Pengunjung yang datang bisa juga menyewa speed boat dan berkeliling menjelajahi lautan.

21. Taroko National Park

Wisata Taiwan Taroko National Park
Taroko National Park via The Lost Passport

Taman Nasional Taroko memiliki area yang cukup luas dan tentu saja bisa kamu kunjungi sebagai tempat wisata Taiwan. Nuansa alam jelas bisa membuat suasana hatimu bahagai dengan pikiran yang segar. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Salah satunya adalah bersepeda. Jika ingin yang kebih seru lagi bisa trekking dan masuk ke belantara.

22. Juifen

Wisata Taiwan Juifen
Juifen via The Discoverer Blog

Juifen merupakan kawasan pegunungan di Taiwan. Letaknya berada di timur Kota Taipe. Pemukimannya dikelilingi oleh pegunungan yang berhawa sejuk. Dari halaman-halaman rumah di Huifen, kamu bisa melihat pemandangan indah sejauh mata memandang. Selain menikmati malam, pengunjung yang datang ke sini juga bisa menikmati kuliner yang nikmat.

23. Kenting National Park

Wisata Taiwan Kenting National Park
Kenting National Park via YouTube

Wisata Taiwan berikutnya adalah Kenting National Park, sebuah area alam yang memiliki pemandangan indah. Lokasinya berada di ujung Pulau Taiwan. Di sini ada gunung hingga pantai dengan lautan biru jernih. Pengunjung yang datang bisa mencoba berbagai macam kegiatan outdoor super seru.

24. Alishan National Scenic Area

Wisata Taiwan Alishan National Scenic Area, Chiayi County, Taiwan
Alishan National Scenic Area, Chiayi County, Taiwan via Sonu Rai

Kalau soal pemandangan gunung, wisata Taiwan memang patut diacungi jempol. Ada banyak sekali pilihan destinasi yang menawarkan pesona dari puncak-puncak gunung. Seperti kawasan Alishan National Scenic Area. Di sini terdapat gardu pandang yang benar-benar keren. Letaknya pun mudah sekali ditemukan karena berada di tengah-tengah Pulau Taiwan.

25. Keelung

Wisata Taiwan Keelung
Keelung via Dreamstime.com

Keelung merupakan salah satu kota yang berada di Taiwan. Areanya terkenal sebagai kota pelabuhan yang sangat ramai. Di sini juga menjadi pusat turis dengan segala atraksi menyenangkan. Apalagi kalau soal kuliner, kamu bisa berburu kuliner khas Taiwan yang sangat enak di Keelung.

26. Hsinchu

Wisata Taiwan Kuil di Taiwan
Kuil di Taiwan via Taiwan Tourism Bureau

Letaknya berada di Taiwan bagian utara, Hsinchu merupakan kota yang cukup ramai dan terkenal akan banyak hal. Di sini kamu bisa menemukan bangunan-bangunan dengan arsitektur khas seperti Kuil Cheng Huang. Transportasi menuju ke Hsinchu juga mudah diakses dan banyak, menjadikannya sebagai wisata Taiwan andalan.

27. Beinan Cultural Park

Wisata Taiwan Beinan
Beinan via Taiwan Tourism Bureau

Taman Beinan adalah situs budaya yang sangat penting bagi masyarakat Taiwan. Di dalamnya terdapat situs arkeologis yang berharga. Selain itu juga dilengkapi dengan taman dan fasilitas belajar. Cocok didatangi bersama dengan keluarga. Lokasi Beinan Cultural Park berada di Kota Taitung, Taiwan.

28. Chung Tai Chan Monastery

Wisata Taiwan Kuil Buda di Taiwan
Kuil Buda di Taiwan via Taiwan Tourism Bureau

Ini meruapakan kuil buda terbesar yang berada di  Kota Nantou. Di dalamnya ada berbagaia fasilitas, termasuk juga museum. Bangunannya yang megah dibuat pada tahun 90an dan selesai tahun 2001. Di sekitarnya juga terdapat taman keren. Semua kemegahan di wisata Taiwan ini dirancang oleh arsitek terkenal bernama  C. Y. Lee.

29. Jiaoxi

Wisata Taiwan Jiaoxi
Jiaoxi via Agoda

Jepang sangat terkenal dengan pemandian air panasnya. Ternyata Taiwan juga memiliki spot untuk mandi air panas. Letaknya berada di kawasan yang bernama Jiaoxi, Distrik Yilan. Selainn itu, kamu juga bisa mencoba spa atau jalan-jalan sambil menikmati udara pegunungan.

30. Shei-Pa National Park

Shei-Pa
Shei-Pa via Pinterest

Taman Nasional Shei-Pa berada di pusat Pulau Taiwan. Sama seperti tempat-tempa wisata di Taiwan yang lain, kamu bisa melakukan kegiatan alam di sini. Mulai dari mendaki gunung atau bersepeda. Udara yang ada di sini sangat sejuk, apalagi jika kamu masuk sampai ke belantara-belantaranya. Ada beberapa spot yang jadi favorit pengunjung selama berada di Shei-Pa.

Itulah beberapa wisata di Taiwan yang sangat keren dan penuh keseruan. Jika kamu punya banyak waktu, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke 30 tempat wisata di Taiwan di atas. Dari semua itu, mana sih yang paling ingin kamu kunjungi?