4 Jajanan Khas Maluku, Cemal Cemil Tak Hanya Sagu

Advertisement

Maluku selama ini terkenal memiliki banyak olahan kuliner dengan bahan dasar sagu. Ada yang dijadikan olahan makanan, ada pula yang diciptakan sebagai makanan ringan. Memang kelezatan sagu susah untuk ditampik, karena itulah tidak mengherankan jika kuliner satu ini begitu diburu. Tetapi, Maluku tidak hanya sagu semata. Banyak juga kudapan yang terbuat dari bahan lainnya, contohnya saja seperti berikut ini.

Roti Kering Kenari

Roti Kering Kenari, Via Instagram tikadana
Roti Kering Kenari, Via Instagram tikadana

Bentuk dari roti kering kenari ini adalah seperti roti tawar yang diatasnya diberikan cacahan kacang kenari dan gula pasir. Citarasa dari kudapan satu ini adalah manis dan crunchy. Proses pembuatannya adalah dengan cara dipanggang, jadi itulah yang menyebabkan teksturnya menjadi crunchy alias garing. Satu hal lagi, karena dibuat dengan cara dipanggang, roti kering kenari ini bisa bertahan lama, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Pisang Asar

Pisang Asar, Via Instagram makankeliling
Pisang Asar, Via Instagram makankeliling

Pisang Asar terbut dari pisang raja yang kemudian dipanggang ataupun dalam bahasa Maluku nya diasar. Karena dipanggang, pisang asar ini memiliki warna kecokelatan. Citarasanya cenderung manis karena dipadukan dengan bahan-bahan seperti halnya susu kental manis, gula pasir, margarin dan juga sedikit garam. Enak dinikmati dengan teh ataupun juga kopi hangat.

Gogos Ikan

Gogos Ikan, Via Instagram chandralikke
Gogos Ikan, Via Instagram chandralikke

Sepintas, gogos ikan mirip dengan lemper. Tetapi jika dirasakan akan sedikit berbeda. Pasalnya lemper biasanya berisi suwiran ayam, sementara sesuai namanya gogos ikan berisi daging ikan. Sama seperti lemper, kuliner khas Maluku ini juga memanfaatkan ketan sebagai bahan bakunya utamanya. Bedanya lagi, proses pemasakan gogos ikan ini dengan cara dibakar.

Asida

Asida atau disebut dengan Dodol Arab, Via Instagram khadijah.samsu
Asida atau disebut dengan Dodol Arab, Via Instagram khadijah.samsu

Ada camilan lainnya yang terbuat dari tepung terigu, gula merah, kayu manis, dan mentega, namanya adalah Asida. Ini merupakan camilan yang memiliki tekstur lembut dan sedikit kenyal. Sementara rasanya manis dan sedikit gurih. Biasanya, kuliner satu ini banyak keluar saat bulan Ramadhan dan juga disajikan saat menjamu tamu di Hari Raya. Meskipun begitu ada saja yang menjual camilan satu ini.

Jika kamu bisa ngemil berbagai kudapan yang terbuat dari sagu saat berada di Maluku, keempat camilan diatas bisa menjadi pilihan ya. Sama-sama khas di Maluku dan rasanya juga tak kalah enak.

Advertisement
Tags
Indonesia jajanan kahs maluku bukan sagu jajanan khas Maluku Maluku
Share