Jajanan Kaki Lima Enak di Penang, Liburan Senang dan Kenyang

Malaysia tidak hanya Kuala Lumpur dengan Petronas Twin Tower. Ada banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di negeri satu ini. Salah satunya adalah mampir ke Penang dan menjajal kuliner lezat di sana. Kamu bisa menemukan menu mengenyangkan hingga jajanan menggiurkan. Apa saja jajanan kaki lima di Penang yang bisa kamu coba? Berikut ini daftarnya!

1. Mayung

Mayung di Penang
Mayung di Penang via instagram/@seleramakan

Namanya memang asing, karena jarang ditemukan di Indonesia. Mayung merupakan makanan khas India yang bahan dasarnya berupa tepung beras. Jajanan kaki lima di Penang ini disajikan dengan taburan kelapa, gula merah, dan gula pasir. Rasanya kriuk, mirip banget dengan tekstur putu mayang. Tak hanya menjajal kuliner ini, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya yang masih sederhana. Nah, salah satu penjualnya ada di Pasar Pulau Tikus.

Mayung
Mayung via instagram/@miss_strawberry20

2. Ban Chang Kuih

Ban Chang Kuih
Ban Chang Kuih via instagram/@lovelkhell

Kue ini dikenal juga dengan pancake yang memilik bentuk mirip leker di Indonesia. Di atas jajanan ini terdapat aneka topping mulai dari keju, pisan, jagung, kalengan, cokelat, hingga kacang. Penjual Ban Chang Kuih cukup banyak, termasuk Restoran 77 Yard di Jalan Burma, Georgetown. Hingga artikel ini ditulis, harganya sekitar RM 1,2 hingga RM 2,8 (Rp4.000-Rp9.000).

Ban Chang Kuih, Penang
Ban Chang Kuih, Penang via instagram/@fongo_

3. Chendul

Cendol
Cendol via instagram/@seleramakan

Tak hanya di tanah air, kamu juga bisa menikmati segarnya cendol di Malaysia. Mereka menyebutnya chendul. Disajikan di atas mangkuk, isi minuman ini tidak hanya cendol berwarna hijau. Namun, kamu juga dapat menemukan taburan kacang merah. Rasanya nendang, apalagi disantap saat siang hari.

Cendol di Penang
Cendol di Penang via instagram/@diyanaanaksuhaimi

4. Mua Chee

Mua Che
Mua Che via instagram/@chairmanvoong

Jajanan pasar di Penang memang bikin ketagihan. Seperti Pasar Jalan Ansor di Georgetown. Kamu bisa menemukan Mua Chee atau mochi versi jadul. Proses pembuatannya terbilang unik dan klasik. Dipotong dengan gunting dan diisi manual dengan gula dan kacang. Pun demikian, rasanya nendang di lidah. Untuk harganya sendiri sekitar RM2,5 atau Rp5.000.

Mua Che di Penang
Mua Che di Penang via instagram/@themeatmensg

5. Koay Teow Soup

Koay Teow Soup
Koay Teow Soup via instagram/@seleramakan

Bingung mau cari sarapan apa saat di Malaysia? Koay Teow Soup seperti bisa jadi rekomendasi untuk kamu. Hidangan ini sebenarnya merupakan makanan khas Thailand. Isinya berupa mie dengan tambahan daging serta bumbu spesial. Kuahnya sendiri tak kalah menggiurkan. Keduanya disajikan terpisah dalam mangkuk ukuran sedang.

Koay Teow Soup Penang
Koay Teow Soup Penang via instagram/@yutanakamurablanju

Nah, itulah dia jajanan kaki lima di Penang yang bakal membuat liburanmu menyenangkan. Apalagi perut juga dimanjakan dengan sajian lezat. Jadi, kapan nih liburan ke sini?

Tags
jajanan kaki lima Kuliner Penang Malaysia Penang
Share