4 Leker di Solo dengan Topping Melimpah, Rasanya Bikin Candu

Banyaknya kue kekinian yang menjamur di tanah air ternyata tak membuat kuliner tradisional tergeser. Bahkan, banyak jenis jajanan tradisional yang kini makin difavoritkan. Salah satunya leker, camilan dari Surabaya yang mudah ditemukan di kota-kota besar, termasuk Solo. Kamu sedang liburan ke sini? Travelingyuk punya daftar leker di Solo yang rasanya bikin candu. Catat ya!

1. Leker Pattimura

Leker Pattimura, Solo
Leker Pattimura, Solo via instagram/@leker_pattimura

Tak hanya taburan meses saja, kini leker juga bertransformasi dengan tampilan makin menggiurkan. Seperti Leker Pattimura yang ada di Jalan Pattimura No.32, Serengan, Dawung. Kamu bisa memesan leker asin dengan beragam topping menggiurkan seperti mozarella, telur, sosis, kornet, hingga tuna. Selain aneka topping, ketebalan dari jajanan ini juga super tebal. Kamu pun bakalan puas setelah menjajalnya. Hingga artikel ini ditulis, harga Leker Pattimura sekitar berkisar antara Rp2.000-Rp22.000. Tergantung pilihanmu.

Leker Pattimura
Leker Pattimura via instagram/@solodelicious

2. Leker Gajahan Bapak Fathoni

Leker Gajahan Bapak Fathoni
Leker Gajahan Bapak Fathoni via instagram/@lekergajahan

Jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu, kanji, dan beberapa bahan ini juga dapat kamu temukan di Jalan Jalan Padmonegoro, Gajahan. Namanya Leker Gajahan Bapak Fathoni yang cukup legendaris di Solo. Sederhana, isi camilan ini berupa pisang, cokelat, keju, dan beberapa pilihan lain yang menggiurkan. Tampilannya memang tipis, tapi kamu bakalan merasakan tekstur krispi yang menggiurkan. Harga leker ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp4.000 per bijinya.

Leker Gajahan
Leker Gajahan via instagram/@solo.foodie

3. Lekker Coy

Lekker Coy, leke di Jogja dengan topping premium
Lekker Coy, leke di Jogja dengan topping premium via instagram/@lekker_coy

Jajanan leker di Solo berikutnya yang juga bisa kamu jajal ada di sekitar UNS, Solo. Tepatnya di Jalan Surya Utama. Seperti lainnya, di sini kamu bisa menikmati leker dengan aneka topping premium dengan harga terjangkau. Ada leker beng beng keju, pisang cokelat keju, leker oreo, hingga telur sosis mozzarella. Menu terbaru yang pastinya bikin kamu ngiler adalah oreo creamy. Menu ini sangat pas disantap saat cuaca panas. Unik kan?

Lekker Coy
Lekker Coy via instagram/@lekker_coy

4. Leker Pak Djum

Gerai Leker Pak Djum
Gerai Leker Pak Djum via instagram/@budisan168

Jajanan leker berikutnya yang tak kalah menggoda adalah Leker Pak Djum. Letaknya di sekitar SD Warga. Tak berbeda dengan lainnya, jajanan ini dibuat sederhana dengan bahan bakar arang. Bentuknya tipis, sementara teksturnya kriuk dan bikin ketagihan. Bukan hanya kelezatan dari lekernya, ternyata kepopuleran jajanan ini karena sudah ada sejak tahun 1970. Termasuk legendaris bukan?

Leker Pak Djum
Leker Pak Djum via instagram/@soloculinary

Nah, itulah empat leker di Solo yang rasanya nendang dan bikin tak mau bagi-bagi. Sajiannya berbeda-beda, ada yang kering kriuk, juga tebel dengan topping melimpah. Jadi, mana nih yang ingin kamu coba dulu?

Tags
Indonesia jajanan solo Jawa Tengah kuliner Solo Solo Surakarta
Share