7 Jajanan Berbungkus Daun, Citarasanya Bikin Terngiang-ngiang

Isti

Isti

On Indonesia
Jajanan Berbungkus Daun Jajanan Berbungkus Daun

Kuliner khas Indonesia memang unik. Tidak hanya mengandalkan aneka rempah, banyak makanan yang dimasak dengan cara unik. Contohnya seperti ketupat dan lontong yang dibungkus dedaunan untuk mendapatkan aroma sempurna. Tak hanya itu, masih banyak jajanan berbungkus daun yang cita rasanya bikin terngiang-ngiang. Beberapa ada di bawah ini.

1. Lemper

Lemper Ayam
Lemper Ayam via instagram/@maromakan

Jajanan tradisional ini terbuat dari ketan dengan isian abon atau daging cincang di dalamnya. Keunikannya terdapat pada bungkusnya yang memakai daun pisang. Meski beberapa ada yang menggunakan plastik berwarna hijau.

2. Nagasari

Kue Nagasari Pisang
Kue Nagasari Pisang via instagram/@santiayu

Kue khas Jepara ini memiliki aroma khas. Terbuat dari tepung beras, tepung sagu, dan gula yang dibungkus dengan daun pisang. Tak lupa di dalamnya diisi dengan buah pisang. Rasa dari jajanan ini manis gurih yang bikin nagih.

3. Arem-arem

Arem-arem
Arem-arem via instagram/@indriana_griyakue

Jajanan pengganti sarapan khas Kebumen ini mirip dengan lemper. Bedanya pada isinya yang terdiri dari nasi serta sayuran atau sambal goreng. Tak hanya di Kebumen, arem-arem juga dapat kamu temukan di Jogja, Solo dan beberapa daerah lainnya.

4. Lemet Singkong

Lemet Singkong
Lemet Singkong via instagram/@sukmawati_rs

Siapa yang tak kenal dengan kue legit ini. Bahan utama dari jajanan berbungkus daun ini adalah singkong dan gula merah. Adonan tersebut dibungkus daun kemudian dikukus. Pas banget disantap saat cuaca tengah dingin-dinginnya.

5. Barongko

Barongko
Barongko via instagram/@hanhanny

Nah, jajanan berbungkus daun selanjutnya ini merupakan kuliner khas Bugis-Makassar. Isinya terbuat dari olahan pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan telur, santan, gula, serta garam. Setelah adonan tercampur, baru dibungkus daun pisang dan dikukus. Biasanya, Barongko ditemukan di acara sunatan dan pernikahan.

6. Bongko Mento

Bongko Mento
Bongko Mento via instagram/@rahmapribadi

Kue khas Nusantara berikutnya yang juga dibungkus dengan daun adalah Bongko Mento. Sajian khas Jepara ini berisi dadar. Isi dadar ini terdiri dari suwiran ayam, jamur kuping, soun, dan santan. Sudah pernah coba belum?

7. Lepet

Lepet
Lepet via instagram/@sigityudo

Jajanan yang juga dikenal dengan Leupeut di Sunda ini merupakan kuliner dari beras ketan yang dimasak dengan santan dicampur dengan kacang. Setelah adonan jadi, baru dibungkus dengan janur. Bentuknya mirip dengan lontong dan lemper, tapi teksturnya lebih lengket.

8. Timphan

Thimpan
Thimpan via instagram/@elizasetiawan

Berencana liburan ke Aceh? Kamu pasti bakal menemukan timphan yang merupakan kue yang terbuat dari tepung, pisang dan santan. Adonan tersebut diaduk hingga kenyal yang kemudian diletakkan di daun pisang. Di dalamnya juga diisi dengan srikaya atau kelapa parut agar makin istimewa. Baru kemudian dibungkus sebelum disajikan hangat.

Nah, mana nih jajanan berbungkus daun pisang yang paling kamu favoritkan? Tulis komentarmu di kolom bawah ini ya!