Dibungkus Daun, 5 Kuliner Ini Wangi dan Makin Sedap

Advertisement

Pecinta kuliner kini tak hanya memandang rasanya saja, tapi juga tampilannya yang unik. Meski varian makanan makin beragam, ternyata kuliner tradisional masih di favoritkan. Bahkan menu sederhana yang hanya dibungkus daun di bawah ini. Penasaran apa saja kan?

1. Nasi Jangkrik Khas Kudus

Sego Jangkrik Kudus
Sego Jangkrik Kudus [image source]
Nasi Jangkrik. Kuliner unik yang sama sekali tidak menggunakan olahan serangga jangkrik. Dibungkus dengan daun jati, menu enak khas Kediri ini berisi nasi berporsi kecil yang dilengkapi dengan daging kerbau atau kambing. Rasanya nendang karena aroma daun jati yang wangi. Belum lagi lauknya yang dimasak dengan rempah asli.

Sego Jangkrik
Sego Jangkrik [image source]

2. Nasi Thiwul Madiun

Nasi Thiwul Bu Lutfi Madiun
Nasi Thiwul Bu Lutfi Madiun [image source]
Nasi Tiwul atau Thiwul memang makanan khas Jawa Tengah. Namun, di Madiun juga ada banyak kedai nasi thiwul dengan rasa yang tak jauh beda. Seperti warung Bu Lutfi yang unik karena kuliner yang terdiri thiwul, urap, ikan asin, dan tempe goreng ini dibungkus menggunakan daun jati. Jika penasaran, kamu bisa mampir langsung ke Kelurahan Banjarsari kulon, Madiun.

Nasi Thiwul Bu Lutfi
Nasi Thiwul Bu Lutfi [image source]

3. Pecel Pincukan di Nganjuk

Pecel Yu Jimur
Pecel Yu Jimur [image source]
Nganjuk merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan pecelnya. Tak mahal, harga seporsi kuliner ini tak sampai Rp10.000. Rasanya pun juga nendang apalagi pecel pincukan di warung Yu Jimur. Uniknya lagi, menu lezat ini disajikan di dalam daun jati yang aromanya wangi.

Ilustrasi Pecel Yu Jimur
Ilustrasi Pecel Yu Jimur [image source]

4. Pecel Ndeso Solo

Sambal Pecel Ndeso
Sambal Pecel Ndeso [image source]
Berbeda dengan pecel Jawa Timuran, kuliner khas Solo ini lebih hitam pekat. Hal ini tidak lain karena sambalnya yang bukan menggunakan kacang melainkan wijen. Citarasanya tak kalah enak, apalagi disajikan di atas pincukan daun pisang. Bukan hanya sambalnya, keunikan dari Pecel Ndeso adalah nasi merahnya. Cocok buat kamu yang tengah menjalani diet ketat.

Sambal Pecel Ndeso Berwarna Hitam
Sambal Pecel Ndeso Berwarna Hitam [image source]

5. Nasi Bogana

Nasi Bogana
Nasi Bogana [image source]
Terdiri dari nasi putih, oseng-oseng, suwiran ayam, serundeng serta telur, Nasi Bogana sudah siap jadi menu makan siang. Bukan hanya di Tegal, kuliner ini juga laris manis di Ibukota. Selain isinya yang menggugah selera, keunikan dari nasi ini adalah bungkusnya dari daun pisang. Aromanya makin membuat makanan menggoda untuk segera disantap.

Nasi Bogana enak
Nasi Bogana enak [image source]
Bagaimana, sudah coba menu makanan yang dibungkus sederhana dengan daun jati atau pisang di atas? Mana nih kuliner favoritmu?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Jogja kuliner Madiun Yogyakarta
Share