3D2N Weekend Sekitar Danau Toba ala Mahasiswa Medan

Siapa sih yang gak suka weekend? Biasanya momen ini dipakai kaum millenials untuk berlibur ke tempat wisata favorit. Nah, kalau kalian mau menikmati liburan dengan hemat dan lengkap, kami sajikan itinerari weekend 3 hari 2 malam di Danau Toba ala mahasiswa Medan. Yuk, kita simak bersama!

Hari 1 Medan – Tongging dengan Travel Rp 35.000

No photo description available.
Angkutan umum Dairi via Instagram/dairi_transport

Salah satu cara yang paling mudah untuk mencapai Danau Toba dari Medan adalah dengan jasa transportasi travel, salah satunya yang paling populer adalah Datra. Teman Traveler bisa memesannya secara online melalui aplikasi traveling populer atau datang langsung ke kantor cabang.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp35.000, antara 2-2,5 jam kemudian Teman Traveler sudah bisa sampai Desa Tongging.

Check-in di akomodasi cantik persis tepi Danau Toba hanya Rp100.000

https://nonikhairani.files.wordpress.com/2013/07/dsc043501.jpg?w=721&h=479
Wisma Sibayak via Source

Setelah menempuh perjalanan jauh, saatnya istirahat sejenak. Salah satu alternatif penginapan murah yang bisa kalian singgahi adalah Wisma Sibayak. Rumah bergaya klasik ini sangat ideal buat dijadikan rekomendasi akomodasi low budget karena harga per malamnya sebesar Rp 100.000.

Selain karena lokasinya berada persis di depan Danau Toba, fasilitas yang disediakan memuaskan. Tempat tidur bersih, kualitas air terjaga, pokoknya terbaik!

Manjakan selera dengan kuliner khas Karo mulai Rp10.000

Image may contain: food
Arsik Nurung Mas via Instagram/bethsebaayu

Tak lengkap rasanya jika berlibur tanpa berburu kuliner. Nah, di Desa Tongging, kalian bisa menemukan aneka kuliner khas daerah yang enak dan segar. Karena mayoritas warga bersuku Batak Karo, maka makanan yang disajikan pun juga memiliki cita rasa khas tanah Karo.

Sebut saja Arsik Nurung Mas, masakan berbahan dasar ikan mas yang dicampur dengan kacang hijau, cambah, dan asam cekala yang memiliki tekstur kepekatan seperti santan. Rasanya nanti bakal jadi asam manis. Dengan mengeluarkan uang Rp10.000 per orang, Teman Traveler sudah bisa menikmati gurih eksotisnya makanan ini.

Image may contain: food

Desa Tongging juga terkenal dengan kuliner ikan bakarnya. Kalian bisa menemukan tempat makan yang menyajikan menu ini di sepanjang Danau Toba. Hanya dengan menyiapkan Rp20.000 per orang, kalian sudah bisa melahap ikan bakar khas Tongging sampai kenyang.

Nikmati Pemandangan Spektakuler Sipiso Piso Gratis

Image may contain: mountain, sky, cloud, tree, outdoor and nature
Air Terjun Sipiso-piso via Instagram/freezforshort

Destinasi wisata yang harus kalian kunjungi pertama adalah Air Terjun Sipiso Piso yang mengalir deras dari ketinggian 120 meter. Tanaman hijau yang mengelilinginya serasa menambah kecantikan tempat wisata ini. Cocok untuk merilekskan diri dan menyegarkan badan. Jangan khawatir, kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

Atau, Saksikan Dahsyatnya Alam Bukit Gajah Bobok Gratis

Image may contain: mountain, sky, outdoor, nature and water
Bukit Gajah Bobok via Instagram/visit_sumut

Destinasi wisata yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah Bukit Gajah Bobok. Letaknya bersebelahan dengan Air Terjun Sipiso Piso.

Memang untuk mencapainya, kalian harus mendaki dulu sekitar 30 menit sampai 1 jam. Namun apabila sudah sampai di atas, pemandangan Danau Toba, perbukitan hijau, dan pemukiman warga serasa saling melengkapi dengan cantik dan menakjubkan!

Hari 2 Hunting konten kece di Taman Simalem Resort Rp50.000

Image may contain: one or more people, sky, mountain, cloud, outdoor and nature
Berfoto dengan latar belakang Danau Toba via Instagram/simalemcoffee

Teman Traveler bisa mencoba mampir ke Taman Simalem Resort yang berada tak jauh dari Wisma Sibayak. Hotel berbintang ini memang strategis karena berhadapan langsung dengan Danau Toba. Alhasil, banyak spot menarik yang bisa dipakai untuk hunting foto.

Image may contain: cloud, sky, tree, outdoor and nature
Berfoto di kebun bunga via Instagram/mariaafrs

Kalian bisa mendapatkan konten menakjubkan dan pecah abis di sini hanya dengan membayar uang masuk sekitar Rp50.000 saja.

Hayati Kisah Leluhur Batak di Rumah Bolon Raja Purba Rp2.500

Image may contain: 1 person, sky, outdoor and nature
Rumah Bolon Raja Purba via Instagram/alveriana_tamsar

Bagi Teman Traveler yang hobi wisata sejarah, tempat ini tidak boleh dilewatkan. Terletak sekitar 31 kilometer dari Wisma Sibayak, kalian bisa menumpang mobil warga sekitar untuk menuju ke sana atau memesan ojek online. Siapkan saja Rp30.000 untuk sekali jalan.

Kompleks istana ini dibangun pada abad ke-16. Konon, Rumah Bolon Pematang Purba merupakan bangunan warisan Pangultop-Ultop, Raja Simalungun pertama yang menguasai tanah Batak pada saat itu. Di dalamnya terdapat beberapa buah tanduk kerbau yang digunakan untuk upacara adat. Sungguh menarik!

Eksplorasi Keindahan Danau Toba Gratis

Image may contain: sky, ocean, mountain, cloud, outdoor, nature and water
Pesona Danau Toba via Instagram/alfredoyoshuas

Itinerari weekend yang paling ditunggu adalah menjelajah keindahan Danau Toba yang magis. Danau yang memiliki luas 1145 kilometer persegi ini terbentuk dari letusan super-volcano jutaan tahun lalu.

Image may contain: one or more people, mountain, sky, outdoor, nature and water
Berenang mengarungi Danau Toba via Instagram/loudhailer

Salah satu cara terbaik meresapi keindahannya adalah berenang di tepian danau. Tenang saja, Teman Traveler tidak akan mungkin berenang sampai ke tengah karena sudah diberi tali pembatas. Selain menjaga keamanan, tali ini juga penting sebagai penanda batas kedalaman danau. Bisa berenang sepuasnya, deh!

Seberangi Danau Toba Menuju Pulau Samosir Mulai Rp12.000

Image may contain: mountain, sky, outdoor, water and nature
Bisa naik kapal feri via Instagram/felix.tuktuktour

Kalau Teman Traveler ingin menjelajah lebih jauh, kalian bisa langsung mencari kendaraan untuk menyeberang menuju Pulau Samosir yang terletak persis di tengah Danau Toba.

Sudah tersedia kapal penumpang umum dengan harga terjangkau mulai dari Rp12.000. Titik penyeberangannya sendiri tersebar di sekeliling danau, sehingga kalian tak perlu khawatir kejauhan atau tertinggal.

Kami menyarankan Teman Traveler berangkat dari titik Ajibata karena jumlah kapalnya yang jauh lebih banyak dan lebih sering mengangkut penumpang. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Pelabuhan Tomok, Samosir.

Hari 3 Belanja Oleh-oleh di Pasar Tomok Samosir Mulai Rp5.000

Image may contain: 1 person
Ilustrasi pedagang ulos via Instagram/franspandjaitan

Di Pasar Tomok, Teman Traveler bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga ataupun teman dekat. Banyak pilihan yang ditawarkan, seperti gelang, kalung, baju, tas anyaman, hingga ulos.

Untuk gelang dan kalung dengan ukiran khas Samosir dijual mulai dari harga Rp5.000, sementara baju dijual mulai dari harga Rp30.000. Tas anyaman dibanderol mulai harga Rp 35.000, sementara ulos dijual mulai harga Rp50.000.

Nikmati Keindahan Rute Pulang Parapat-Medan Mulai Rp50.000

Image may contain: tree, plant, outdoor and nature
Jalan Lintas Prapatan-Medan via Instagram/manotarsilipinggir

Setelah selesai mencari oleh-oleh dan hendak kembali ke Medan, ada baiknya Teman Traveler harus segera menyeberang ke Ajibata untuk menuju daerah Parapat.

Di sinilah baru ada transportasi menuju kota Medan. Waktu tempuhnya sekitar 5-7 jam. Pastikan kalian sudah menyiapkan perbekalan yang cukup karena kendaraan seperti bus atau angkutan umum tidak akan berhenti sampai tempat tujuan. Untuk harganya, siapkan saja alokasi dana mulai Rp50.000.

Sempurnakan Liburan dengan Relaksasi Mulai Rp20.000

Image may contain: one or more people and people sitting
Meregangkan otot yang kaku dengan pijat refleksi via Instagram/zengardenspa

Sesampainya di Medan, Teman Traveler bisa mencoba merilekskan diri dengan menikmati jasa pijat. Untuk menikmatinya, Teman Traveler hanya perlu sediakan budget mulai dari Rp60.000an untuk jasa online, Rp20.000an bagi jasa pijat favorit mahasiswa Medan. Dijamin badan akan kembali segar seperti sedia kala dan siap menghadapi hari berikutnya.

Sekian itinerari weekend ala mahasiswa Medan yang bisa kalian coba. Tunggu apalagi, yuk berangkat!

Tags
danau toba Indonesia Itinerari Samosir Sumatera Utara
Share