Itinerari Weekend Terbaik Jakarta-Jogja Cuma Rp300.000, Berlibur Murah Sambil Hilangkan Penat Jelang Akhir Tahun

Siapa sih yang tidak kangen dengan pesona Jogja? Rasanya kota ini memiliki daya tarik yang mampu menghipnotis siapa saja untuk kembali ke sana. Nah, menyambut akhir tahun, Travelingyuk rangkum secara spesial itinerari weekend Jakarta-Jogja dengan budget cuma Rp300.000. Kok bisa? Yuk, simak ulasan di bawah ini. Siapa tahu bisa menginspirasi kalian.

Awali Hari Pertama dengan Berangkat dari Pasar Senen ke Lempuyangan via KA Bengawan Rp74.000

Suasana Stasiun Lempuyangan via Shutterstock

Buat Teman Traveler yang berangkat dari Jakarta, kalian bisa menaiki KA Bengawan. Tiket dijual seharga Rp74.000, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.30 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pada pukul 14.55 WIB. Tidak usah membawa barang bawaan banyak agar tidak merepotkan Teman Traveler maupun penumpang lain.

Check In Sambil Manjakan Diri di YezYezYez All Good Hostels Mulai Rp40.000 Per Malam

Image may contain: pool and outdoor
Kolam renang di YezYezYez All Good Hostels via Instagram/yezyezyezyogyakarta

Tiba di Stasiun Lempuyangan, Teman Traveler bisa langsung menuju tempat penginapan. Salah satu pilihannya adalah YezYezYez All Good Hostels, sekitar 3 kilometer dari stasiun. Dengan fasilitas lengkap mulai dari kolam renang hingga mural arts yang instagramable, liburan kalian akan terasa sangat sempurna.

Semua itu bisa dinikmati hanya dengan membayar Rp40.000 per malamnya. Selain YezYezYez All Good Hostels, Jogja masih memiliki aneka pilihan hostel kece dan murah lainnya.

Napak Tilas Buah Karya Romo Mangun di Kali Code

No photo description available.
Suasana Kali Code via Instagram/dewisandra

Sekitar 2,5 kilometer dari penginapan, ada salah satu tempat wisata yang perlu Teman Traveler kunjungi. Namanya adalah Kali Code. Dulu, kawasan ini sangat kumuh dan nyaris digusur pemerintah.

Berkat jasa Romo Mangunwijaya, seorang imam Katolik dan arsitek nasional, daerah ini diubah dan ditata sedemikian rupa hingga nampak rapi dan estetik. Bahkan, sekarang kawasan ini menjadi salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Kalian bisa menikmati indahnya pemandangan kampung warna-warni dan berfoto hits di sana sambil mengenang jasa sang romo.

Makan Sepuasnya di Angkringan Pak Jabrik Mulai Rp1.000

Image may contain: 1 person
Makan sepuasnya di Angkringan Pak Jabrik via Instagram/foodjogja

Tak lengkap rasanya jika itinerari weekend Jakarta-Jogja tidak diisi dengan agenda mencicip kuliner Jogja. Nah, salah satu tempat yang bisa Teman Traveler singgahi adalah Angkringan Pak Jabrik. Dengan harga per menu mulai Rp1.000, kalian bisa makan sepuasnya sampai kenyang.

Selain itu, Teman Traveler juga bisa duduk santai di tepi jalan sambil berinteraksi sosial, entah dengan pemilik angkringan atau dengan sesama pengunjung. Dijamin akan buat liburan kalian makin kece!

Jalan-Jalan Sambil Berfoto Hits di Malioboro

Image may contain: one or more people, people sitting, shoes and outdoor
Berfoto hits di Kawasan Malioboro via Instagram/shavirapr

Nah, destinasi yang satu ini wajib hukumnya buat dimasukkan ke dalam itinerari. Mulai dari jalanan yang rapi, aneka macam dokar dan becak yang siap mengantar kalian berkeliling Jogja, hingga deretan penjaja aksesoris dan busana lokal akan membuat hari kalian makin berwarna.

Namun hati-hati! Awasi barang bawaan Teman Traveler karena rawan copet. Akan lebih baik jika kalian membawa barang seperlunya dan dimasukkan ke dalam tas kecil, contohnya wairst bag.

Hibur Diri Sampai Terpingkal-Pingkal di Raminten Cabaret Show Mulai Rp50.000

Image may contain: one or more people, people on stage and people dancing
Suasana di dalam Raminten Cabaret Show via Instagram/ramintencabaret

Melengkapi hiburan malam di Jogja, Raminten Cabaret Show adalah pilihan yang paling tepat, apalagi lokasinya masih berada di sekitaran kompleks Malioboro, tepatnya di Hamzah Batik lantai 3. Event ini ini hanya ada pada hari Jumat dan Sabtu pukul 19.00 – 20.30 WIB.

Di sini nanti kalian akan disajikan penampilan menghibur dari para pengisi acara yang mayoritas adalah drag queen. Kepiawaian mereka dalam menampilkan atraksi-atraksi lucu akan membuat Teman Traveler tertawa terpingkal-pingkal.

Semua itu bisa kalian saksikan hanya dengan membayar Rp50.000 on the spot. Sayangnya, kemungkinan besar Teman Traveler dapat tempat duduk sangat kecil. Kalau mau, kalian bisa memesan jauh-jauh hari dengan tiket VIP sebesar Rp115.000. Sudah pasti akan dapat tempat duduk plus makanan khas Raminten.

Buka Hari Kedua dengan Sarapan di Gudeg Mbah Lindu yang Legendaris mulai Rp15.000

Image may contain: 1 person
Mbah Lindu dengan gudegnya yang legendaris via Instagram/gilangbraja

Tak lengkap rasanya berwisata ke Jogja tapi belum mencicip makanan khasnya, yakni gudeg. Nah, buat kalian yang mau mencoba merasakan kuliner autentik ini bisa mengunjungi Gudeg Mbah Lindu. Ia biasa menjual makanan khas Jogja ini dari jam 05.00-10.00 WIB di Jl. Sosrowijayan No.30, hanya berjarak beberapa meter dari Malioboro.

Meskipun sudah berusia 96 tahun, Mbah Lindu masih semangat berjualan. Bahkan ia mengaku sudah menjajakan gudeg khasnya sejak zaman penjajahan Belanda. Keren, kan? Kalian bisa mencoba makanan dengan citarasa autentik ini mulai Rp15.000. Dijamin puas dan kenyang!

Wisata Sejarah di Benteng Vredeburg Rp3.000

Image may contain: one or more people and people standing
Salah satu sudut benteng yang sangat instagenic via Instagram/dewiptsr

Salah satu destinasi sejarah yang harus Teman Traveler kunjungi adalah Benteng Vredeburg. Hanya perlu membayar Rp3.000, kalian sudah bisa berjalan-jalan ke sudut-sudut bangunan sambil mempelajari bangunan peninggalan Belanda ini. Lokasinya pun strategis, berada di kawasan Malioboro dan tepat di seberang Istana Kepresidenan. Banyak spot instagramable loh di benteng ini!

Hayati Budaya dan Tradisi di Kraton Yogyakarta Rp7.000

Image may contain: 11 people, people standing and outdoor
Salah satu upacara di Kraton Yogyakarta via Instagram/kratonjogja

Tidak lengkap ke Jogja kalau belum mengunjungi Istananya yang megah dan kental dengan unsur tradisional. Yap! Kraton Yogyakarta Hadiningrat wajib dimasukkan ke dalam itinerari weekend Jakarta-Jogja, khususnya bagi kalian yang gemar mendalami budaya Jawa. Hanya dengan membayar Rp7.000, Teman Traveler sudah bisa puas melihat berkeliling kompleks kraton sambil melihat aneka koleksi benda-benda bersejarah.

Simak Keindahan Arsitektur Sambil Berfoto Hits di Taman Sari Rp5.000

Image may contain: 1 person, outdoor and water
Berfoto di Taman Sari via Instagram/sophia_hodes

Taman Sari dulunya adalah benteng sekaligus tempat pemandian para putri Kraton yang dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1758. Saat ini sudah dibuka untuk umum. Hanya dengan membayar Rp5.000, Teman Traveler bisa menikmati rasanya jadi kaum ningrat. Banyaknya spot foto instagramable bikin kalian tambah betah di sini!

Isi Perut dengan Kuliner Hits di Rumah Makan Murni 83 Mulai Rp5.000

No photo description available.
Aneka kuliner yang ditawarkan via Instagram/jogjaeatguide

Jalan-jalan seharian pasti membuat perut Teman Traveler lapar, bukan? Saatnya mengisi perut dengan kuliner setempat yang lagi ngehits. Salah satu pilihannya adalah Rumah Makan Murni 83. Menu yang ditawarkan sangat beragam, seperti ‘mengawinkan’ unsur Barat dengan lokal. Dengan kisaran harga Rp5.000-20.000, Teman Traveler bisa makan sampai puas!

Tutup Liburan dengan Belanja Oleh-Oleh di Mal Malioboro

No photo description available.
Belanja pakaian batik terbaik via Instagram/kenesbatikkids

Tiba saatnya untuk menutup liburan singkat kali ini dengan berbelanja oleh-oleh di Mall Malioboro. Kebetulan lokasi mal hanya berjarak 2 kilometer dari Stasiun Lempuyangan. Mulai dari baju batik, kuliner khas Jogja, semuanya komplet tersedia di sini! Harganya pun rata-rata terjangkau dan gak bikin kantong auto kering, kok!

Sambil Menunggu Kereta, Mau Coba Seruput Kopi yang Dicelup Arang Membara? Datangi Saja Angkringan Lik Man Rp4.000

No photo description available.
Gimana ya rasanya minum kopi arang? via Instagram/briandsumito

Katakanlah Teman Traveler memesan tiket tujuan Pasar Senen Jakarta dengan menaiki KA Bengawan. Mengingat jadwal keberangkatannya pukul 21.26 WIB dari Stasiun Lempuyangan dan baru tiba di Senen pukul 06.29 WIB, mungkin kalian butuh sajian malam yang nikmat.

Maka, Teman Traveler bisa coba mendatangi Angkringan Lik Man. Lokasinya tepat di luar Stasiun Tugu. Keunikan destinasi kuliner ini adalah sajian kopinya yang dimasak dengan menggunakan arang membara. Tak tanggung-tanggung, arangnya dimasukkan langsung ke dalam gelas yang berisi kopi.

Jangan khawatir, ternyata rasanya enak banget! Bahkan citarasa kopi terasa makin segar dan nikmat. Hidangan ini dijual oleh pemilik angkringan seharga Rp4.000. Murah, bukan?

Itulah tadi itinerari weekend terbaik Jakarta-Jogja bikinan Travelingyuk. Kalau Teman Traveler punya rencana perjalanan bikinan sendiri, jangan ragu untuk membagikannya bersama kami. Selamat berlibur!

Tags
Indonesia Itinerari itinerari weekend jakarta jogja Jogja Wisata wisata jogja Yogyakarta
Share