Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2021, Tengok Sirkuit Mandalika yang Sedang Bersiap

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Kabar membanggakan kembali datang untuk negeri ini. Melalui tanda tangan kontrak yang dilakukan antara ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) dan Dorna, selaku penyelenggara MotoGP, diputuskan bahwa Indonesia tuan rumah MotoGP 2021.

Master Plan Sirkuit Mandalika via Instagram/circuitmandalika

Diketahui bahwa untuk mendapatkan kesempatan ini, kita harus bersaing dengan Brazil. Menurut rencana, MotoGP 2021 akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Dilansir dari Viva, pembangunan sirkuit tersebut baru akan dimulai pada Oktober 2019 mendatang.

Dibangun di atas lahan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika seluas 131 hektar, lintasan balap ini akan suguhkan pemandangan luar biasa. Berikut adalah informasi yang Travelingyuk rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengusung Konsep Street Race Sirkuit

Mengusung Konsep Street Race via Instagram/skyscrapercity_lombok

Sirkuit Mandalika didesain dengan unik. Rancangannya mengusung konsep Street Race Circuit atau sirkuit jalanan. Dikatakan bahwa desain tersebut, tidak kalah dengan sirkuit yang ada di Macau dan Monaco.

Konsep Street Race sendiri, berarti lintasan boleh difungsikan atau digunakan sebagai jalan raya apabila tidak ada jadwal balap. Menarik ya?

2. Trek Balap Sepanjang 4,32 Kilometer

Trek Lintasan Sirkuit Mandalika via Instagram/itdc_id

Trek balapan pada Sirkuit Mandalika, nantinya dapat mencapai hingga 4,32 Kilometer. Sepanjang jalur, ia akan dilengkapi dengan 18 sudut dengan titik pandang sebesar 360 derajat.

Dilengkapi dengan Fasilitas Canggih via Instagram/skyscrapercity_lombok

Sirkuit ini juga akan disiapkan dengan pusat konvensi multiguna pada bagian paddock, tribun penonton, fasilitas tim dan lahan pameran. Tidak ketinggalan rooftop yang dapat digunakan untuk menikmati keindahan alam Lombok juga akan disiapkan.

3. Lintasan Dikelilingi Bukit dan Pantai

Lintasan Dikelilingi Bukit dan Pantai via Instagram/skyscrapercity_lombok

Lintasan balap motor kelas dunia ini, akan dibangun mengelilingi bukit serta pantai. Dilansir dari Brilio, Abdulbar selaku PT Pengembangan Pariwisata Indonesia mengatakan bahwa jika di negara lain penonton terbatas berdasarkan jumlah kursi, di Mandalika tidak.

Penonton bisa melihat balapan dari atas bukit dengan harga yang lebih terjangkau. Bagaimana, tertarik?

4. Dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus

Dibangun di KEK Mandalika via Instagram/dwicreative

Sirkuit Mandalika direncanakan akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini memiliki luas sekitar 1.035,67 hektar. Lokasinya berada di selatan Pulau Lombok. Menariknya, KEK langsung menghadap ke Samudera Hindia.

Indonesia tuan rumah MotoGP 2021 tentu merupakan berita yang membanggakan. Siapa yang sudah nggak sabar menyaksikan para pembalap internasional berlaga di sini?