Mandalika, Primadona Dari Lombok yang Sekelas Pulau Dewata

Begitu mendengar Lombok, apa yang akan Anda pikirkan secara langsung. Benar sekali, pasti berkutat pada Gili Trawangan dan gili lain yang memiliki pesona tidak tertandingi. Pantai yang jernih, bawah laut yang memukau, serta resor yang bertebaran di mana-mana membuat Gili Trawangan menjadi surga dunia yang tidak bisa ditandingi.

Anyaway, selain Gili Trawangan yang sudah benar-benar hebat, Lombok masih memiliki satu kawasan yang memukau loh. Bahkan diunggulkan menjadi tempat wisata favorit pada tahun 2020 nanti. Nama tempat itu Mandalika. Belum pernah dengar? Well, simak deh artikel terkait Mandalika yang konon bisa mengungguli Bali ini.

Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus

Mandalika dari Udara [image source]

Ibarat sebuah bayi, kawasan Mandalika adalah sebuah embiro terbaik yang akan dikembangkan menjadi sesuatu yang megah. Dan benar saja, sejak tahun 2015 silam, pemerintah Indonesia sudah bisa mengendus potensi yang ditunjukkan oleh Mandalika yang terletak di pesisir selatan dari Lombok atau kurang lebih 1,5 jam dari kawasan Kota Mataram.

Potensi Mandalika [image source]

Pemerintah berencana menjadikan kawasan ini menjadi KEK atau Kawawasan Ekonomi Khusus. Dengan status ini, kawasan Mandalika akan mengalami pembangunan di banyak sektor seperti jalanan lintas, listrik, air, dan juga kawasan ekonomi dan industri yang akan menunjang kawasan ini secara langsung dan tidak langsung.

Anugerah Pantai yang Banyak

Pantai Mandalika [image source]

Barangkali satu nilai plus dari kawasan Mandalika adalah memiliki garis pantai yang cukup panjang. Tidak kurang dari 16 kilometer garis pantai dengan pasir putih nan lembut siap memanjakan siapa saja yang datang. Pengunjung bisa melakukan penjelajahan di kawasan pantai yang terbagi menjadi beberapa lokasi termasuk  yang digunakan untuk resort.

Sisi Pantai Mandalika [image source]

Ada Pantai Gerupuk, Pantai Serenting, dan Pantai Tanjung Aan yang siap memanjakan kamu. Pantai ini mulai dibangun fasilitas-fasilitas pendukungnya sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama akan membuat kawasan ini semakin maju sehingga kawasan Kuta dan Seminyak bisa ditandingi, bahkan Gili Trawangan yang ada di dalam kawasan yang sama.

Daftar Wisata Pantai di Mandalika

1. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika via Instagram.com/sute_d

Salah satu wisata pantai di Lombok yang sedang banyak diburu oleh wisatawan saat ini adalah Pantai Kuta Mandalika. Selain lanscape yang indah, letaknya juga strategis dan dekat dengan Bandara. Pantai Kuta Mandalika Lombok ini memiliki garis pantai yang panjang dan dikelilingi oleh bukit – bukit kecil. Belum lagi dengan ombak laut yang cukup bersahabat untuk dijadikan tempat berenang. Tak heran jika banyak wisatawan dari mancanegara dan lokal yang mulai melirik pantai ini.

2. Pantai Seger

Pantai Seger via Instagram.com/martinagung

Masih satu lokasi dengan Pantai Kuta Mandalika Lombok, yaitu Pantai Seger. Letaknya berada di sebelah barat Pantai Kuta dan yang menarik dari pantai ini adalah Festival Bau Nyale yang digelar setiap satu tahun sekali. Festival ini digelar untuk melestarikan legenda Putri Mandalika. Acara tahunan ini adalah kegiatan menangkap cacing laut dimana penduduk setempat menyakini bahawa hewan tersebut merupakan jelmaan Putri Mandalika. Tak hanya ada agenda tahunan dan cerita legenda yang menarik, tapi pemandangan Pantai Seger juga sangat mempesona. Untuk menikmati keindahannya tak hanya dari pinggir pantai saja, Teman Traveler juga bisa menikmati dari ketinggian dengan menuju ke bukit yang ada di sekitar bibir pantai.

Daftar Pantai di Mandalika Lainnya

  1. Pantai Serenting
  2. Pantai Gerumpuk
  3. Pantai Tanjung Aan
  4. Pantai Batu Payung
  5. Pantai Torok Bare
  6. Pantai Tanjung Bongo

Perbukitan dan Padang Rumput

Perbukitan Mandalika [image source]

Selain pantai yang sangat panjang dan pasirnya sangat lembut. Pesona lain yang ada di kawasan Mandalika adalah perbukitan hijaunya yang bergelombang. Di kiri dan kanan dari kawasan ini memiliki padang rumput yang sangat indah dinikmati dari ketinggian. Kamu bisa menikmati permadani hijau yang memukau dan juga pantai yang ada di bawahnya.

Bukit Meresek [image source]

Kawasan perbukitan ini mulai dikunjungi oleh banyak orang untuk saat ini. Rata-rata mereka datang untuk bersantai-santai, melihat hewan ternak yang sengaja digembalakan di sini, atau berburu foto sampai puas. Jelajahi semua tempat yang ada di kawasan ini sebelum kamu menyesal saat pulang nantinya.

Resor dan Fasilitas yang Terus Diperbaiki

Landmark Mandalika [image source]

Sebagai kawasan yang dikhususkan sebagai tempat pariwisata dan juga ekonomi. Pemerintah tidak mau setengah-setengah dalam membangunnya. Mulai dari akomodasi, pemerintah telah bekerja sama dengan pengelola resor besar seperti Novotel untuk pembangunan akomodasi yang nyaman dan menyatu dengan alam Mandalika yang memesona.

Putri Mandalika [image source]

Selain kawasan resor dan juga hotel, kawasan yang berisi kafe dan juga tempat hiburan lain juga kemungkinan segera dibangun. Diharapkan dalam beberapa tahun lagi kawasan Mandalika sudah menjelma menjadi tempat terpadu yang memiliki apa saja mulai dari destinasi wisata yang lengkap hingga akomodasi dan resor lain ada di sana perlahan-lahan. Impian untuk mengungguli Kuta, Bali sepertinya bukan sesuatu yang terlampau susah untuk dilakukan.

Inilah sekian ulasan tentang Mandalika yang menjadi primadona baru di kawasan Lombok. Dalam beberapa tahun ke depan atau saat ini juga, jangan lupa untuk memasukkan Mandalika dalam list itinerary perjalanan ke Lombok ya!

Lokasi:

Tags
Explore Lombok pantai wisata lombok
Share