Replika Landmark Wisata Negara Lain yang Ada di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa destinasi wisata yang mengambil tema lansekap luar negeri. Seperti Kyotoku Floating Market Lembang atau juga Littlle Venice. Tak hanya itu saja, di nusantara kamu juga dapat menemukan berbagai macam landmark yang ikonik dari beberapa negara. Bahkan denngan tingkat kemiripan yang mendekati mutlak. Seperti yang dapat kamu lihat pada beberappa tempat ini.

Replika Tembok Besar Cina di Koto Gadang

Replika tembok besar Cina di Sumatera Barat via instagram/@kiddrock85

The Great Wall of Koto Gadang adalah destinasi wisata dengan bentuk menyerupai Tembok Besar Cina. Lokasinya berada di Koto Gadang, Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Destinasi ini memiliki ribuan anak tangga dengan pemandangan Ngarai Sianok dan persawahan yang masih begitu asri. Meskipun ukurannya tak sebesar Tembok Besar yang ada di Cina, tempat ini sudah bisa memberikan gambaran The Great Wall yang ada di China.

Memiliki ribuan anak tangga via instagram/@aroel_laklul

Budha Tidur di Maha Vihara Majapahit, Mojokerto

Terbesar ketiga di Asia setelah Thailand dan Nepal via instagram/@arvidiva_amelia

Kamu dapat menemukan patung Budha tidur yang berlapis emas 18 karat di Wat Pho, Thailand. Namun pemandangan serupa juga dapat kamu temukan di Mojokerto. Patung Budha tidur ini terletak di dalam Maha Vihara Majapahit. Patung yang dicat dengan warna emas ini termasuk patung Budha tidur terbesar ketiga di Asia, setelah Thailand dan Nepal.

Tidak berlapis emas, hanya dicat dengan warna emas via instagram/@kevinlumingkewas

Patung Jesus Toraja, Serasa di Rio de Janeiro

Menyerupai patung di Rio de Janeiro via flickr.com

Rio de Janeiro, Brazil, dikenal dengan ikon patung Jesusnya yang juga sempat masuk dalam salah satu sekuel film Fast and Furious, Fast Five. Namun Indonesia juga tak kalah. Di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja juga terdapat patung serupa dengan ketinggian mencapai 40 meter. Bahkan patung ini juga merupakan buah karya pematung lokal, yaitu Niel El Fuadi yang berasal dari Padang.

Memiliki tinggi mencapai 40 meter via instagram/@charmeloun

Replika Arc de Triomphe di Kediri

Jalur untuk menuju lima daerah di sekitar Kediri via wiranews.com

Jika Paris memiliki Arc de Triomphe, Kediri juga memiliki bangunan yang bernama Simpang Lima Gumul (SLG). Bentuknya menyerupai monumen yang ada di Paris tersebut. Namun secara ukuran, ikon Kediri ini masih terbilang kalah. SLG memiliki tinggi 30 meter sedangkan Arc de Triomphe mencapai 50 meter. Sebelum menjadi semegah sekarang, daerah ini hanya sebuah perempatan dan juga jalan setapak.

Bagian dalam Simpang Lima Kediri via instagram/@bilangagus

Pemerintah Indonesia memang pandai memanjakan masyarakatnya. Daripada jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk berfoto, ada baiknya datang ke wisata negeri sendiri. Bentuknya juga tak terlalu berbeda. Selain itu dengan datang ke tempat-tempat tersebut kita juga membantu pemasukan untuk negara bukan?

Tags
Indonesia Jawa Timur sulawesi Sumatera Barat Wisata
Share