Ikan Penis Sashiminya Orang Busan, Kudapan Anti Mainstream yang Bikin Penasaran

Beberapa waktu lalu ramai ditemukan ikan berbentuk aneh yang disebut ikan penis di Pantai Drake, California. Terlihat menjijikan hingga menggelikan ternyata rasanya menakjubkan. Bahkan di Busan, Korea Selatan dijadikan sashimi dan diolah berbagai makanan. Penasaran? Yuk, simak perjalanan kuliner berikut.

1. Hidangan Umum di Korea Selatan

Ilustrasi Sashimi gaebul via Shutterstock

Di Korea Selatan disebut gaebul salah satu makanan ekstrem yang sudah umum dinikmati dan disajikan di restoran. Gaebul merupakan spesies cacing sendok, hidupnya bisa mencapai 25 tahun lho.

Biasanya masyarakat Negeri Ginseng terutama warga Busan lebih sering menyantap gaebul dalam keadaan mentah. Dihidangkan layaknya sashimi bersama hidangan laut lainnya. Teksturnya kenyal, cita rasanya asin serta segar khas makanan laut.

2. Diolah untuk Berbagai Jenis Makanan

Salah satu olahan gaebul via Shutterstock

Selain itu gaebul dimasak tumis bersama kimchi, masakan ini akan terasa manis dari dagingnya. Bisa juga dipanggang dengan cara ditusuk seperti sate kemudian dibumbui garam, merica dan minyak wijen, lalu dipanggang sampai matang. Bahkan gaebul ini dapat menjadi bubuk penambah rasa seperti MSG, caranya dengan dikeringkan sampai menjadi bubuk penyedap.

3. Hidangan di Negara Asia Lain

Gaebul atau ikan penis via Shutterstock

Tidak hanya di Korea Selatan tetapi ikan gaebul dikonsumsi juga di China, Jepang, Thailand dan Vietnam. Biasanya mereka akan menumisnya dengan sayur. Di China disebut dengan h?ichang dan di Jepang yumushi. Mereka mengkonsumsinya bukan tanpa alasan karena memiliki efek untuk pembangkit gairah seksual. 

4. Sebagai Petanda Bencana Alam

Gaebul atau ikan penis via Shutterstock

Di Jepang kehadiran cacing ini merupakan tanda akan hadirnya bencana alam seperti tsunami. Walaupun tidak selalu terjadi, namun cacing ini akan berpindah ke pantai jika ada sesuatu di dalam laut. Hal ini menjadikan ikan penis sebagai penanda peringatan dini bencana alam.

Demikian perjalanan kuliner ikan penis yang menjijikan tetapi rasanya menakjubkan. Saat ke Korea tidak ada salahnya mencoba makanan ekstrem satu ini. Teman Traveler berani mencobanya.

Tags
China Ikan Penis jepang Kuliner Busan Luar negeri
Share