5 Hutan Terangker di Indonesia, Banyak Legenda Misterius di Dalamnya

Selain gunung, Indonesia juga kaya akan hutan yang tersebar di berbagai daerah. Beberapa di antaranya ternyata dianggap seram oleh masyarakat sekitar. Ini dikarenakan banyaknya kisah-kisah misterius di dalam hutan yang sudah diceritakan secara turun temurun. Lantas, apa saja hutan terangker yang ada di Indonesia? Mari kita jelajah lebih dalam. 

1. Hutan Bukit Barisan, Sumatera Barat 

hutan terangker indonesia
Hutan Bukit Barisan via facebook/Maman Photograaphy

Di Sumatra Barat ada Hutan Bukit Barisan yang dikenal angker oleh masyarakat sekitar. Ini dikarenakan hutan tersebut dihuni oleh orang Bunian. Itu merupakan makhluk astral yang dikenal suka sekali menyesatkan manusia.

Kalau ada orang yang berani masuk ke hutan tersebut, kemungkinan besar tidak bisa keluar dari sana. Tapi, apabila orang tersebut bisa selamat, berarti orang tersebut mempunyai kemampuan di luar nalar.

2. Alas Purwo, Jawa Timur 

hutan terangker di indonesia
Alas Purwo via instagram/sepupu_aw

Selanjutnya, ada hutan angker terkenal yang terletak di Jawa Timur bernama Alas Purwo. Hutan yang berlokasi di Banyuwangi ini dari dulu dipercaya sebagai tempat kerajaan makhluk halus yang sangat besar. Oleh karenanya, masyarakat percaya bahwa siapa saja yang masuk ke dalamnya tidak akan bisa keluar lagi. Kalau pun bisa keluar, orang tersebut akan mengalami kesialan, seperti kecelakaan. 

Di samping itu, hutan ini juga punya gua yang dinamakan Gua Istana. Menurut warga sekitar, gua ini dulunya pernah digunakan Ir. Soekarno untuk bertapa. Lalu, kebiasaan tersebut diteruskan oleh beberapa orang yang ingin mencari wangsit. Biasanya, kegiatan ini dilakukan pada saat 1 Suro.

3. Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya, Kalimantan Barat 

hutan terangker indonesia
Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya via instagram/jessicatharina

Tak kalah dengan Sumatra dan Jawa, Kalimantan Barat juga punya hutan angker yakni Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya. Mitos yang sudah tersebar secara turun menurun menyebutkan bahwa hutan ini dikuasai oleh seekor harimau yang tidak pernah diketahui wujudnya. 

Bagi yang ingin menjelajah hutan ini, warga Suku Dayak Dohoi menyarankan untuk melakukan sebuah ritual adat. Kalau ada 7 orang, maka diwajibkan untuk mengorbankan seekor ayam. Apabila jumlahnya lebih, harus mengorbankan sapi atau babi. Kalau tidak dilakukan, orang tersebut akan tertimpa sial dengan berbagai macam cara. 

4. Hutan Karaenta, Sulawesi Selatan 

Hutan Karaenta via facebook/Arya Kenjiro

Bergeser sedikit ke Sulawesi Selatan, ada Hutan Karaenta yang konon ditempati oleh hantu perempuan bernama Sumiati. Hantu wanita ini disebut-sebut merupakan seorang perempuan yang jasadnya dibuang oleh lelaki yang telah menjahatinya. Sejak saat itulah, ia sering menampakkan diri di area Hutan Karaenta yang berlokasi di Kabupaten Maros

Ada dua pertanda yang menyangkut Hantu Sumiati ini, Teman Traveler. Apabila ia mengenakan baju berwarna putih, berarti dirinya hanya memberitahukan kemunculannya. Beda lagi kalau ia memakai baju merah, urban legend ini memberi tanda bahwa ada orang yang sedang diincar untuk dibunuh.

5. Wenara Wana, Bali

Wenara Wana via twitter/VillaNetwork

Terakhir, ada Bali yang mempunyai hutan mistis bernama Wenara Wana. Berlokasi di Monkey Forest Ubud, hutan ini memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar oleh para pengunjung. Adalah tidak boleh menebang pohon, dilarang memetik daun dan harus bersikap sopan saat masuk ke hutan ini. Kalau ada yang berani melanggar, penghuni tak kasat mata akan mengganggu. Seperti menyusahkan kalian untuk keluar dari hutan. 

Itulah hutan terangker yang ada di Indonesia. Semuanya memiliki cerita mistis masing-masing yang pastinya membuat merinding siapapun yang mendengarnya. Namun, untuk percaya atau tidaknya bisa Teman Traveler sendiri yang menilai. Nah, menurut kalian, manakah yang paling seram? 

Tags
Bali Banyuwangi hutan terangker indonesia Indonesia Jawa Timur Kabupaten Maros Kalimantan Barat Sulawesi Selatan Sumatra Barat Ubud Wisata
Share