Alas Purwo, Hutan Tertua Jatim yang Simpan Sejuta Misteri

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat Teman Traveler wisata di Banyuwangi adalah Taman Nasional Alas Purwo. Konon kawasan ini merupakan hutan tertua di Jawa dan dikenal sebagai tempat keramat. Meski demikian, ada banyak pesona alam menarik yang bisa kalian sambangi di sana. Yuk, simak ulasannya.

Lokasi Alas Purwo

img_201907261131049_nze.jpg
Jalan satu-satunya menuju Alas Purwo (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah Teman Traveler yang belum pernah mendengar atau bahkan tahu di mana Alas Purwo berada? Hutan belantara ini sejatinya merupakan salah satu kawasan Taman Nasional di Kabupaten Banyuwangi. Secara administratif wilayahnya masuk Kecamatan Tegaldlimo dan Purwoharjo.

img_201907261144039_e2n.jpg
Gerbang Taman Nasiona Alas Purwo (c) Rosita/Travelingyuk

Jika ingin berkunjung ke sini, Teman Traveler bisa ambil rute menuju Kecamatan Rogojampi – Srono – Muncar – Tegaldlimo. Berikutnya, ikuti jalur sejauh 10 km menuju Resort Rowobendo. Setelah itu kalian bakal sampai di gerbang masuk menuju hutan tertua Jawa.

Tertua di Jawa

img_20190726115402_GVs.jpg
Jalan utama di dalam kawasan hutan (c) Rosita/Travelingyuk

Kawasan ini dipercaya banyak orang sebagai hutan tertua di Jawa. Namanya sendiri tidak diberikan sembarangan. Dalam Bahasa Jawa, Purwo memiliki makna kawitan atau permulaan. Sementara Alas merupakan istilah lain untuk menyebut hutan.

img_7548_CRw.jpg
Pura Giri Saloka (c) Rosita/Travelingyuk

Hutan ini merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna. Tak hanya itu, peninggalan Kerajaan Majapahit juga bisa Teman Traveler saksikan secara
langsung di sini. Yap, kawasan ini memiliki banyak situs peninggalan Majapahit yang dianggap suci oleh umat Hindu.

Bagi sebagian masyarakat, hutan ini dikenal sangat angker dan termasuk tempat keramat. Tak heran jika keasrian lingkungannya benar-benar masih terjaga hingga kini.

Dikenal Keramat

img_7616_mo2.jpg
Petunjuk arah menuju goa (c) Rosita/Travelingyuk

Alas Purwo, merupakan salah satu kawasan hutan tropis yang masih sangat terjaga di Jawa. Tempat ini sekaligus menjadi rumah bagi beragam jenis flora dan fauna. Namun demikian, tak sedikit pula orang yang menganggapnya keramat.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Jika Teman Traveler menjelajah setiap jengkal hutan ini, kalian bakal menemukan sejumlah goa tersembunyi nan alami. Beberapa di antaranya adalah Goa Istana, Mayangkoro, dan Padepokan.

img_20190726114543_njU.jpg
Loket gerbang di Taman Nasional (c) Rosita/Travelingyuk

Salah satu goa yang cukup ternama di kalangan wisatawan adalah Gua Istana. Lokasinya begitu dekat dengan Resort Pancur. Jika ingin mampir ke sini, Teman Traveler harus berjalan sekitar dua kilometer dari lokasi parkir. Sementara itu Goa Mayangkoro dan Padepokan sering dianggap keramat hingga jarang dikunjungi.

Meski menyimpan banyak misteri, Alas Purwo masih memiliki beragam pemandangan menakjubkan untuk dinikmati.

Punya Segudang Daya Tarik Wisata

img_7613_bU0.jpg
Pantai Pancur (c) Rosita/Travelingyuk

Terlepas dari reputasinya, Alas Purwo punya segudang atraksi wisata menarik. Taman Nasional seluas 43.420 hektar ini menyimpan sederet pantai cantik nan menakjubkan.

Salah satunya adalah Pantai Triangulasim yang hanya berjarak tiga kilometer dari Pura Giri Saloka. Destinasi ini benar-benar tampak sangat alami dan berpasir putih. Berikutnya ada Pantai Pancur yang berada dekat Resort Pancur dan memiliki muara air tawar. Masyarakat setempat percaya sumber air ini punya khasiat untuk membikin awet muda.

Teman Traveler juga bisa temukan Pantai Plengkung atau kondang dengan sebutan G Land. Destinasi sudah lama diakui sebagai salah satu spot surfing terbaik Asia Tenggara, ombaknya merupakan satu dari tujuh terbaik dunia dan menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

img_7646_ScO.jpg
Menara di Savana Sadengan (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa mampir ke Savana Sadengan untuk melihat sejumlah fauna penghuni hutan ini. Kalian bisa mengamati mereka dengan aman lewat menara pengawas yang tersedia.

Itulah sekilas ulasan mengenai Alas Purwo, hutan yang diyakini sebagai tertua di Jawa. Adakah di antara Teman Traveler berencana liburan ke Banyuwangi? Jika ya, jangan lupa sertakan tempat ini dalam list perjalanan kalian. Selamat liburan.

Tags
Banyuwangi kontributor Travelingyuk wisata banyuwangi
Share