Deretan Wisata di Maros, Indahnya Bikin Melongo

Adakah Teman Traveler yang sedang rencanakan wisata Makassar? Tak jauh dari pusat Kota Daeng, kalian bisa mampir ke Kabupaten Maros. Daerah ini punya banyak obyek wisata yang begitu menakjubkan. Mulai dari Kerajaan Kupu-Kupu hingga Goa Prasejarah, banyak wisata di Maros yang pantang dilewatkan.

Saya sendiri pernah mengunjungi tiga wisata di Maros. Semuanya benar-benar indah. Saking cantiknya, bikin saya melongo! Seperti apa? Yuk, simak ulasannya.

Rammang-Rammang

img_0591__4__m8m.JPG
Pemandangan indah di Rammang-Rammang (c) Rosita/Travelingyuk

Siapa sangka, Indonesia ternyata punya pegunungan karst terbesar ketiga di dunia. Teman Traveler bisa menemukannya di Rammang-rammang, kawasan yang juga merupakan Taman Hutan Batu Kapur satu-satunya di Nusantara.

Destinasi ini terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Jaraknya sekitar 40 km dari Makassar. Nama Rammang-rammang sendiri diambil dari bahasa setempat, yang maknanya kurang lebih kabut atau awan. Berkunjung ke sini pagi hari, Teman Traveler akan disambut lapisan kabut khas kawasan pegunungan.

Satu-satunya akses menuju Rammang-Rammang adalah dengan perahu motor kecil. Kendaraan air berkapasitas enam orang ini, bisa Teman Traveler sewa dengan harga antara Rp100.000 hingga Rp300.000. Rasakan sensasi menyusuri Sungai Pute yang seru dan mengasyikkan.

Taman Nasional Bantimurung

img_1458_qfR.JPG
Taman Nasional Bantimurung (c) Rosita/Travelingyuk

Siapa tak kenal dengan Kerajaan Kupu-Kupu Sulawesi Selatan ini? Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung memang sudah tak asing di telinga sebagian besar pelancong. Sejak masa penjajahan, tempat cantik ini sudah diberi julukan ‘The Kingdom of Butterfly’, yang terus melekat hingga kini.

Di area pintu masuk , patung kupu-kupu ukuran besar siap menyambut kedatangan Teman Traveler. Berjalan lebih jauh, kalian akan menemukan air terjun setinggi 15 meter yang jadi ikon tempat ini. Sebutan Bantimurung sendiri diambil dari bahasa lokal yang artinya gemuruh suara air.

Penasaran? Teman Traveler bisa langsung melipir ke Kabupaten Maros dan Pangkajene Kepulauan (Pangkep). Jaraknya sekitar 40 km dari Makassar.

Leang-Leang

img_8356_dOO.jpg
Leang-leang (c) Rosita/Travelingyuk

Leang-leang merupakan objek wisata yang pasti bakal membuat Teman Traveler takjub. Berada di wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, destinasi ini hanya berjarak sekitar satu jam dari Makassar.

Di sini Teman Traveler bisa mengunjungi sebuah goa prasejarah dengan jejak tapak tangan manusia purba di dalamnya. Total, Leang-Leang memiliki tak kurang dari 286 goa, 30 di antaranya merupakan goa prasejarah. Namun dua yang wajib dikunjungi adalah Pettae dan Petta Kere.

Memasuki Goa Pettae, Teman Traveler akan melihat lima gambar telapak tangan dan satu gambar babi rusa melompat dengan anak panah di dadanya. Sementara di Goa Petta Kere, 300 meter dari Pettae, ada dua gambar babi rusa, 27 gambar telapak tangan, alat serpih bilah, dan mata panah. Bagaimana, menarik bukan?

img_1460_gLp.JPG
Kawasan air terjun di Bantimurung (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai tiga wisata di Maros yang sempat saya kunjungi. Ketiganya punya keunikan yang tentu bakal bikin Teman Traveler takjub. Tunggu apa lagi, segera wujudkan rencana liburan ke Makassar dan jangan lupa mampir ke Maros ya.

Tags
kontributor Maros Travelingyuk wisata maros
Share