Hidangan Lebaran Negara Islam, Bisa jadi Inspirasi yang Bosan Opor Ayam

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Kuliner
hindangan lebaran negara Islam hindangan lebaran negara Islam

Tradisi lebaran di Indonesia memang menyuguhkan makanan bagi para tamu yang berkunjung ke rumah ya Teman Traveler. Tak heran jika lebaran banyak makanan di berbagai rumah dan tempat. Nah, berbicara hidangan lebaran di Indonesia, opor ayam, sambal goreng ati, dan juga rendang sudah biasa. Kali ini Travelingyuk akan memberikan aneka hidangan lebaran negara Islam yang bisa jadi inspirasi suguhan tamu.

Nasi Kabsa (Arab Saudi)

Nasi kabsa, via Instagram/marinagardenia
Nasi kabsa, via Instagram/marinagardenia

Hidangan Lebaran yang pertama ini adalah Nasi Kabsah, dari Timur Tengah, termasuk Arab Saudi. Ini merupakan nasi dengan warna kecokelatan menyerupai nasi goreng. Namun bumbunya memanfaatkan tomat, sedikit cabai, sehingga rasanya cenderunga sam gurih, namun tak terlalu pedas.

Biasanya, nasi kabsah ini dipadukan dengan daging kambing ataupun ayam yang dimasak dengan direbus dengan tomat dan rempah khas Timur Tengah.

Lokum (Turki)

Lokum, via Instagram/suheylanintarifleri
Lokum, via Instagram/suheylanintarifleri

Hidangan lebaran negara Islam selanjutnya adalah Tukish Delight atau yang disebut lokum merupakan kudapan manis khas Turki. Ini merupakan camilan yang menyerupai permen atau bahkan dodol jika di Indonesia. Sementara rasanya tentu saja sangat berbeda. Karena bahan-bahan pembuatanya seperi halnya madu, air mawar, lemon, dan juga jeruk. Saat digigit, tesktur lokum ini akan lembut dan juga lengket.

Kahk (Mesir)

Kakh dari Mesir, via Instagram/esalaskari
Kakh dari Mesir, via Instagram/esalaskari

Sementara itu di Mesir ada yang namanya Kahk. Ini merupakan kuer kering yang berisi kuram, buah arah, dan buah-buahan kering lainnya. Kemudian di atasnya akan ditambahkan gula halus. Kue ini sudah ada sejak abad ke-18, jadi merupakan salah satu warisan leluhur juga di Mesir. Awalnya memang hanya da di Mesir saja, namun sekarang sudah menyebar di penjuru Timur Tengah, bahkan di Indonesia juga ada.

Nasi Lemak (Malaysia)

Nasi lemak, via Instagram/jhenndamian
Nasi lemak, via Instagram/jhenndamian

Jika di Indonesia ada nasi padang, di Malaysia terdapat pula nasi lemak. Ini merupakan makanan yang kerap kali hadir saat perayaan penting masyarakat Malaysia. Termasuk juga saat merayakan Lebaran. Nasi lemak sendiri merupakan simbol kerukunan dan kebersamaan masyarakat Malayasi.

Kuliner Malaysia ini merupakan beras yang dimasak dengan santan. Lauk pendampingnya ada telur rebus goreng, tumus kering kacang teri, rendang ayam, dan lain-lain.

Lebaran memang jadi waktu sempurna untuk temu kangen dengan opor ayam dan sambal goreng hati. Namun, jika berniat ganti menu, deretan hidangan Lebaran negara islam di atas Bisa jadi ide juga untuk suguhan para tamu yang berkunjung, bukan?