5 Santapan Hida Beef Terenak di Takayama Old Town

Salah satu destinasi kuliner favorit apabila berkunjung ke Jepang adalah Takayama Old Town. Di sini, kalian akan menjumpai aneka hidangan spesial, salah satunya adalah hida beef. Yuk, kita simak liputannya!

Mengenal Hida Beef

dscf0881_ty_0xg.jpg
Beef Bun & Cafe Kihachiro (c) nydiasusanto/Travelingyuk

Popularitas Takayama tak hanya sebatas menjadi akses utama menuju Shirakawa-go. Kota yang terletak di Prefektur Gifu ini juga memiliki kuliner andalan yang dengan bahan dasar daging sapi Hida atau Hida Beef.

Hida Beef berasal dari sapi berbulu hitam yang hidup di Prefektur Gifu yang umurnya minimal 14 bulan. Hida Beef adalah salah satu daging sapi berkualitas tinggi karena pola sebaran lemaknya atau marbling yang bagus sehingga aroma, keempukan dan rasa manisnya terjaga.

Aneka makanan yang menggunakan Hida Beef di Takayama sangat mudah ditemui di Takayama Old TownApa sajakah variasinya dan di mana lokasinya?

1. Hida Beef Bun

dscf0900_ty_Ots.jpg
Premium Hida Beef Bun (c) nydiasusanto/Travelingyuk

Tak hanya di Tiongkok, bapau juga disukai orang Jepang. Di Kihachiro Beef Bun, kamu bisa mencoba bapau dengan isi 100% daging cincang Hida yang dilabeli “premium” seharga ¥ 450 (Rp60.000).

Rasa bumbunya memang tidak terlalu tajam, tapi menonjolkan kesegaran dan manisnya daging asli yang berkualitas baik. Penampilannya pun dipercantik dengan cetakan huruf kanji di permukaan bapaunya. Pilihan lainnya adalah bapau kacang merah, bapau matcha, dan puding manis.

2. Hida Beef Burger

dscf0931_ty_h6V.jpg
Hida Beef Burger (c) nydiasusanto/Travelingyuk

Sepintas, Hida Beef Burger yang ditawarkan di Hanamizuki Cafe & Restaurant nampak sama saja dengan burger-burger pada umumnya. Tetapi daging cincang memang enak karena bahan-bahannya masih segar.

dscf0930_ty_3wi.jpg
Kartu tunggu pesanan dengan peta lokasi (c) nydiasusanto/ Travelingyuk

Selain itu, bumbu homemade barbecue dengan rasa manis rempah menyelimuti daging burger. Dibanderol ¥ 800 (Rp100.000) per porsi, makanan ini memang tak bisa dibilang murah-murah amat, apalagi diameter rotinya lebih kecil daripada burger di McDonald’s dan Burger King. Namun, kamu tetap kudu coba karena burger ini lebih mementingkan kualitas daripada sekedar ukuran besar.

3. Hida Beef Nigiri Sushi

dscf0837_ty_QQ5.jpg
Hida Beef Sushi (c) nydiasusanto/Travelingyuk

Makanan ini harus kalian coba selama kunjungan ke Takayama Old Town. Hida Beef Sushi ini terbilang unik karena ditampilkan dengan lembaran daging sapi Hida panjang yang menyelimuti nasi sushinya sehingga nyaris tidak terlihat dan diletakkan diatas senbei atau kreker beras yang bulat tipis sebagai pengganti piring.

Tipe kematangan daging bisa dipilih antara medium atau well-done. Saat itu saya memilih medium, yang menurut saya segar dan manis karena masih ada sisa darahnya dan teksturnya agak kenyal. Tentunya, lebih seru lagi bila dimakan dengan piring krekernya sekalian. Dengan harga ¥ 500 (Rp66.000), kamu mendapatkan 2 buah sushi dalam 1 porsi.

dscf0842_ty_77Z.jpg
Antrian panjang di Sakaguchiya (c) nydiasusanto/Travelingyuk

Kamu pun juga bisa menambah atau mengganti Hida Nigiri Sushi dengan Hida Maki atau sushi roll dengan kapasitas maksimum 3 buah untuk diletakkan diatas kreker beras. Tersedia juga pilihan daging dengan grade lebih tinggi yang ditawarkan mulai dari harga ¥ 700 (Rp92.000) hingga diatas ¥ 1000 (Rp130.000). Semua ini bisa kamu dapatkan di Sakaguchiya yang selalu antriannya panjang.

4. Hoba Miso Beef Steak

dscf0940_ty_Dwd.jpg
Hoba Miso Beef Steak (c) nydiasusanto/Travelingyuk

Salah satu menu best seller di Suzuya Restaurant adalah Hoba Miso Beef Steak Rice Set yang berisi steak sapi Hida yang dibakar diatas daun hoba dengan bumbu miso, sayuran seperti jamur shimeji, shiitake, dan daun bawang, beserta nasi, sup miso dan air putih yang dijual seharga ¥ 1944 (Rp 256.000).

Untuk standar Jepang, menu ini tergolong yang terjangkau dan kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Setelah dihidangkan, kamu harus menunggu sekitar 6 hingga 8 menit supaya dagingnya mencapai kematangan medium untuk menjaga kegurihannya.

dscf0939_ty_Ft6.jpg
Suzuya Restaurant (c) nydiasusanto/Travelingyuk

Disamping itu, pelayanannya sangat baik dan ramah, bahkan pelayan yang melayani saya bisa sedikit berbahasa Indonesia dan menawarkan diri untuk menfoto saya di dalam restoran.

5. Stewed Hida Beef

dscf0863_ty_6MB.jpg
Stewed Hida Beef (c) nydiasusanto/Travelingyuk

Dengan menggunakan daging Hida grade tertinggi untuk seluruh menunya, yakni A5, spesialisasi Rokujuban Restaurant adalah sate dan stewed beef. Hida Beef Stew-nya yang dibanderol seharga ¥ 700 (Rp 93.000) mempunyai rasa yang mirip dengan goulash soup dari Hongaria, tetapi isinya hampir 50% lemak daging yang dipotong dadu yang membuat rasa kaldunya dagingnya kuat dan gurih.

dscf0858_ty_TcT.jpg
Tampak luar Rokujuban (c) nydiasusanto/Travelingyuk

Bila tidak mau terlalu banyak lemak, menu-menu satenya dapat menjadi pilihan, seperti Hida Beef Meatball Salt seharga ¥ 500 (Rp. 66.000), Standard A5 Loin seharga ¥ 600 (Rp 80.000) dan yang termahal dari semuanya adalah Special A5 Loin yang ditawarkan ¥ 1000 (Rp. 130.000) per tusuk.

Tak ketinggalan, dengan mengeluarkan extra ¥ 500 dari kocekmu, kamu dapat menikmati segelas sake sebagai penutup hidangan supaya lebih merasa seperti penduduk Negeri Sakura.

Sekian 5 santapan Hida Beef terenak di Takayama Old Town, Jepang. Tertarik untuk mencoba?

Tags
jepang kontributor kuliner Takayama Old Town Travelingyuk
Share