9 Kuliner Wajib Cicip di Jepang, Jangan Sampai Ada yang Ketinggalan

Jepang jadi salah satu negara yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Ini dikarenakan banyak hal menarik yang bisa turis dapatkan di sana. Salah satunya adalah kuliner Jepang yang mempunyai ciri khas tersendiri saat mendarat di lidah. Nah, di sini akan dibahas mengenai penganan yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Negeri Sakura tersebut. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Ramen

kuliner di jepang
Ichiran Ramen (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Kuliner yang satu ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia, apalagi di Indonesia. Dengan bahan dasar mie, Ramen memang sangat mudah
diterima oleh semua orang.

Namun, Teman Traveler perlu tahu bahwa di Jepang sendiri jenis Ramennya ternyata sangatlah banyak. Untuk pembedanya terdapat pada racikan kuahnya. Negera ini juga suka eksplorasi seperti munculnya Ramen toping ikan piranha beberapa waktu lalu.

Tapi, bagi kalian yang muslim, wajib bertanya dulu sebelum membeli makanan ini di Jepang. Alasannya karena banyak sekali ramen yang menggunakan bahan dasar babi untuk kaldunya. Jadi, sebelum membeli, pastikan dulu kepada penjual Ramen-nya, ya.

Udon

kuliner di jepang
Udon Kare (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Selain Ramen, ada juga makanan berbahan dasar mie lainnya yaitu Udon. Bedanya adalah Udon memiliki bentuk yang lebih tebal dan padat. Selain itu, makanan yang dibaca Udong ini juga bisa disajikan dengan dua pilihan kuah. Seperti kuah cair yang berasal dari kaldu dan beragam racikan sesuai asal daerah. Kemudian ada kuah kental kare.

Japanese Kare Raisu

kuliner di jepang
Tori Kare Raisu (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Selanjutnya ada Japanese Kare Raisu yang juga jadi kuliner primadona di Jepang. Merupakan Nasi Kare ala Jepang yang rasanya sangat khas, sehingga berbeda dengan kare kebanyakan. Makanan ini identik dengan rasa bumbunya yang begitu kuat, jadi tak heran banyak orang mengidolakan Japanese Kare Raisu.

kuliner di jepang
Seafood Kari Raisu (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Untuk topping dari Kare Raisu ini pun bermacam-macam, mulai dari daging babi, sapi, ayam hingga seafood. Untuk Teman Traveler yang mencari makanan ini dengan versi halal, ada satu kedai yang direkomendasikan yaitu Coco Curry Ichibanya yang berlokasi di Akihabara dan Shinjuku.

Tonkatsu, Gyukatsu, dan Torikatsu

kuliner di jepang
Torikatsu Teishoku (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Berbeda dengan di Indonesia, Katsu di Jepang tampilannya lebih mewah. Ini dikarenakan Katsu disajikan lengkap dengan Teishoku (set meal ala Jepang), kemudian ditambahkan dengan misoshiru (miso soup), chawanmushi (telur kukus di dalam cawan), tempura, dan nasi.

kuliner di jepang
Display Katsu (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Apabila di restoran, Teman Traveler akan dihadapkan oleh tiga macam Katsu. Di antaranya Tonkatsu (daging babi), Gyukatsu (daging sapi) dan Torikatsu (daging ayam). Jadi, wajib diingat supaya tidak salah pilih, ya.

Karaage

kuliner di jepang
Tori Karaage (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Bagi yang pernah dengar tentang Karaage, itu sebenarnya adalah teknik memasak ala Jepang, Teman Traveler. Bahan utamanya bisa berupa daging ayam, sapi, atau ikan. Kemudian dibumbui dengan mirin dan dibalur dengan tepung kentang serta terigu. Hal inilah yang membuat Karaage begitu banyak disukai. Terlebih lagi, Karaage yang berbahan dasar ayam menjadi saingan berat resto fried chicken yang ada di Jepang.

Donburi

kuliner di jepang
Gyudon Teishoku (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Kuliner di Jepang yang tak boleh dilewatkan lainnya adalah Donburi. Makanan ini berupa nasi putih yang di atasnya terdapat beragam toping. Seperti sayur, daging, dan lain sebagainya.

kuliner di jepang
Steak Gyudon (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Donburi memiliki beberapa jenis, yakni Gyudon (beef rice bowl) dan
Toridon (chicken rice bowl). Lalu, Donburi biasanya juga disajikan dengan Teishoku (set meal ala Jepang) yang berpasangan dengan Osumashi (Japanese clear soup). Untuk topingnya sendiri bisa dicampur atau dipisah.

kuliner di jepang
Roasted Gyudon (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Sushi

2019_08_29_07_14u.jpg
Makizushi (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Nah, untuk yang satu ini tentu Teman Traveler sudah tahu. Apalagi kalau bukan Sushi yang banyak diminati di berbagai negara. Kalau di Jepang, kalian tak perlu ragu dengan kesegaran ikan yang digunakan. Alasannya karena ikan segar selalu dikirim setiap hari ke semua restorang Sushi yang ada di Jepang.

Bagi kalian yang ingin merasakan makan Sushi dengan sensasi berbeda, bisa datang ke Tsukiji Fish Market. Di sini kalian bisa menyantap Sushi dari ikan-ikan yang baru ditangkap oleh nelayan. Jadi, jangan sampai lupa untuk mampir ke sini, ya.

Convenience Store Meals

2019_08_29_07_kig.jpg
Display Makanan Siap Saji (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Kalian juga tidak boleh melewatkan makanan siap saji yang ada di Convenience Store atau mini market. Kuliner yang ada di sini ternyata memiliki rasa tak kalah enak dengan restoran-restoran ternama. Bahkan, harganya pun jauh lebih murah. Oleh karenanya, para backpacker yang sedang berkunjung ke Jepang pasti membeli makanan yang ada di sini.

Ada banyak jenis makanan yang dijual. Seperti Onigiri, Bento (nasi kotak), Roti, Sushi, Salad dan Tempura. Untuk Convenience Store yang paling direkomendasikan adalah 7Eleven, Lawson, dan FamilyMart.

Ramen Cup

2019_08_29_07_ymr.jpg
Ramen Cup yang tidak mengandung babi (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Selain Sushi, Onigiri dan lainnya, masih ada makanan dari Convenience Store yang banyak digemari yaitu Ramen Cup. Rasanya tak kalah dengan di kedai-kedai. Namun, bagi Teman Traveler yang Muslim juga sebaiknya memeriksa dulu sebelum membeli Ramen Cup. Ini dikarenakan ada yang mengandung daging babi.

Jadi, itulah tadi deretan kuliner yang wajib dicoba ketika jelajah wisata Jepang. Mungkin beberapa di antaranya ada yang di Indonesia, namun rasanya dijamin berbeda. Oke, selamat berkuliner ria di Jepang, ya.

Tags
jepang kontributor kuliner Kuliner di Jepang Luar negeri Travelingyuk
Share