Deretan Kuliner Sadis, Hewan Ini Dimasak Hidup-Hidup Sebelum Disantap

Apa kuliner ekstrem versi Teman Traveler? Ulat sagu khas Papua? Ternyata ada banyak cerita makanan ekstrem lainnya yang ditemukan di belahan dunia. Di antaranya adalah dengan mengolah dalam kondisi hewan masih hidup. Dikatakan sadis tetapi citarasa yang didapat menurut orang yang memakannya itu unik. Walaupun begitu, tentu masih banyak makanan lain yang nggak kalah enak. Nah, bersiaplah Travelingyuk akan membahas hewan ini dimasak hidup-hidup sebelum disantap.

Ikizukuri – Jepang

Ikizukuri Hidangan Mentah Jepang via instagram @ikomoiselle

Arti nama ikizukuri sendiri adalah hidangan yang disiapkan secara hidup. Jenis hidangan ini berasal dari bahan dasar hewan laut seperti ikan, gurita, cumi-cumi.

Pengolahannya dimulai dari ikan hidup yang disiapkan di piring. Kemudian chef akan memotong bagian tubuh ikan tersebut dan mengembalikannya ke posisi semula, seperti dalam kondisi masih hidup, agar mudah dimakan oleh pemesan. 

Ortolan – Perancis

Ortolan Hidangan Dari Perancis via instagram @diplyfacts

Hidangan ini berbahan dasar burung ortolan yang memiliki panjang sekitar 6 inch dan beratnya 4 ons. Sebelum diolah, hewan ini harus melakukan treatment diet yakni memakan anggur tipe brandy dan buah dalam kandang yang tertutup rapat hingga ukuran tubuhnya 2 sampai 4 kali lipat dari ukuran normal. Setelah itu, burung akan ditenggelamkan dalam alkohol tipe brandy, baru kemudian dipanggang hingga 8 menit.

Cara memakannya juga cukup unik, yaitu dengan menutup kepala ke dalam serbet, lalu memasukkan seluruh bagian burung ke dalam mulut, mengunyah secara perlahan. Kabarnya, sensasi yang paling enak adalah saat mengunyah bagian perut dan paru-parunya. Hal tersebut dikarenakan kandungan alkohol di dalam organ tubuh ortolan. 

Jiao Lu Rou – Cina

Jiao Lu Rou hidangan asli Cina via Instagram @omg.today

Untuk jenis santapan ini berbahan dasar keledai. Proses pengolahannya adalah keledai dikuliti dalam kondisi masih hidup. Daging yang telah terbuka tersebut kemudian disiram air panas mendidih, hingga keledai tersebut mati perlahan-lahan. Daging yang dalam kondisi setengah matang tersebut dapat diolah kembali atau langsung disantap. 

Foei Grass

Foei Grass hidangan dari angsa via instagram @thefeatherblade

Foei Grass adalah jenis makanan yang berasal dari hati angsa. Prosesnya dimulai saat angsa hidup yang diberi makan paksa hingga mereka tidak sanggup lagi. Seperti burung ortolan, angsa ini dikurung dalam kandang yang sempit. Maka dari itu organ tubuh angsa mengalami kerusakan sehingga hati mereka bertambah 3 kali lipat dari ukuran normalnya.  

Deretan kuliner sadis di atas bikin merinding bahkan sebelum memakannya, ya. Nggak kebayang kalau masih ada yang berani mencoba kuliner ini. Selain menyakiti binatang, juga masih ada banyak makanan lain yang lebih layak untuk disantap.

Tags
dimasak hidup hidup kuliner kuliner sadis Luar negeri
Share