Menyambut Hari Kopi Internasional 2018, Begini Cara 4 Daerah Ini Merayakannya

Advertisement
Advertisement

Adakah Teman Traveler yang penikmat atau penggiat kopi? Tentunya tidak asing dengan International Coffee Organization (ICO) menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kopi Internasional. Berbagai negara menyambut hari tersebut dengan festival kopi berisi bermacam kegiatan, seperti kompetisi, workshop, bagi-bagi kopi gratis, dan banyak lainnya. Indonesia pun ikut menyambut dengan agenda yang beragam. Inilah cara Indonesia merayakan Hari Kopi Internasional 2018.

Memperkenalkan Kopi Temanggung Melalui Festival

Seduh Kopi Manual via Instagram @azzam_zicc

Festival Kopi Temanggung kembali diadakan di Gedung Pemuda oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Temanggung dan para penggiat kopi. Tujuan utama diadakannya festival ini adalah untuk memperkenalkan kopi Temanggung yang bercitarasa khas seperti tembakau. Teman Traveler yang berada di Temanggung dan sekitarnya bisa singgah, acara diadakan mulai 28 September sampai 1 Oktober 2018. Selain terdapat setidaknya 42 stan kopi dan 18 stan pendukung, disediakan juga 1.000 gelas kopi gratis. Wah selain icip juga bisa belajar tentang kopi ya.

Festival Kopi sebagai Wujud Kesederhanaan Penggiat Kopi Malang Raya

Semarak Hari Kopi Internasional di Malang via Instagram @dw_coffee

Dengan mengusung tagline “Berbagi Rasa, Kopi Indonesia”, penggiat kopi Malang Raya kembali menyongsong Hari Kopi Internasional dengan beragam agenda. Setelah tahun lalu diadakan di Coban Talun, kini giliran di Kota Malang tepatnya Graha Insan Cita Jalan Soekarno Hatta. Teman Traveler sedang menghabiskan weekend di Malang bisa memperpanjang liburannya dan melipir ke lokasi pada tanggal 1 Oktober 2018. Kalau ingin tahu lebih jauh tentang kopi, bisa mengikuti Klinik Seduh Edukasi Kopi yang merupakan salah satu isi acara. Selain itu, panitia akan membagikan 1.000 cup kopi yang bebas dinikmati oleh pengunjung dan 500 drip coffee bag kepada masyarakat umum. Agar suasana semakin semarak, diadakan hiburan berupa live music.

Memberikan Awareness tentang Kopi Robusta Trenggalek

Ngopi Ikhlas di Trenggalek via Instagram @pandowo_coffeehouse

Dikemas dengan konsep donasi, penggiat kopi Trenggalek mengadakan kegiatan Ngopi Ikhlas pada 2 Oktober 2018. Seperti memesan kopi pada umumnya, bisa memilih biji kopi dan metode seduh yang diinginkan. Namun bedanya, pada acara ini Teman Traveler tidak dibatasi hendak membayar dengan nominal berapa pun. Agenda ini diadakan di 4 kedai kopi yaitu Pandowo Coffee House, Depot Anda, DR Coffee, dan Kedai Aroma Kopi. Hasil penjualan akan digunakan untuk membantu pengembangan kebun kopi petani Trenggalek.

Makassar Terpilih Menjadi Tuan Rumah Festival Hari Kopi International

Deretan Kopi Indonesia via Instagram @space.roastery

Pada perayaan tahun lalu, Lampung Timur terpilih menjadi tuan rumah. Tahun ini Festival Hari Kopi Internasional diselenggarakan di Makassar. Penggiat kopi dari seluruh Indonesia dan juga negara-negara penghasil kopi akan ikut berpartisipasi dalam agenda tahunan ini. Festival yang akan diadakan pada 15-17 Oktober 2018 di Hotel Clario Makassar ini berisi pameran produk kopi dari Indonesia dan negara lain yang berpartisipasi, diadakan juga lomba menyeduh kopi. Menyesuaikan tema dari ICO yaitu Women in Coffee, acara akan dilengkapi dengan talkshow, pemutaran film, wisata kampung kopi, dan pemilihan duta kopi.

Ternyata ada banyak agenda untuk merayakan hari spesial bagi penggiat kopi ya. Teman Traveler sedang berada di kawasan yang telah diulas di atas, bisa loh mampir dan berpartisipasi. Di daerah Teman Traveler ada perayaan kopi apa nih?

Advertisement
Tags
Event Kopi Hari Kopi Internasional Indonesia kuliner
Share