Destinasi Wisata Alam Pulau Rote, Ada Laut Mati di Indonesia

Advertisement
Advertisement

Rote yang merupakan pulau paling selatan di Indonesia, tidak mengherankan jika terdapat berbagai macam wisata alam yang menggoda untuk disinggahi. Tidak hanya pantai yang elok, Pulau Rote pun menyuguhkan kecantikan teluk sampai laut mati. Teman Traveler pecinta keindahan bisa melipir ke 4 wisata alam Pulau Rote berikut ini. Apa saja, ya?

Teluk Mulut Seribu

Teluk Mulut Seribu via Instagram @farahlynaa

Mulut seribu merupakan wisata alam Pulau Rote yang wajib disinggahi. Terdapat pulau-pulau kecil yang bisa dikelilingi. Mulut Seribu yang berlokasi di Desa Papela, Rote Timur Kabupaten Rote Ndao, bisa ditempuh dari pusat kota Ba’a selama sekitar 1 jam kemudian dilanjutkan menggunakan perahu untuk menjelajah ‘labirin’ di Mulut Seribu. Dengan warna air laut yang kehijauan bisa membuat Teman Traveler terpana.

Telaga Nirwana

Birunya Telaga Nirwana via Instagram @arsip_alam

Telaga Nirwana terletak di Dusun Kotalai Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote. Dari Kota Ba’a, dapat menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 1 jam menuju Desa Oeseli. Kemudian dilanjutkan menggunakan sampan dari Pantai Buedale masih di kawasan desa tersebut, berjarak sekitar 200 meter saja. Telaga Nirwana menawarkan keindahan alam yang serasa belum banyak terjamah manusia. Keasrian suasana serta kejernihan air dengan warna tosca. Sayang dilewatkan oleh mata, lebih menyenangkan lagi diabadikan dengan jepretan kamera untuk kenangan.

Danau Laut Mati

Danau Laut Mati via Instagram @travelnatic

Teman Traveler sudah pernah mendengar tentang laut mati yang berada di perbatasan Yordania, Palestina, dan Israel? Terbersit keinginan untuk bertolak ke sana? Tunggu dulu, tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati betapa menakjubkannya laut mati. Di Pulau Rote juga ada Danau Laut Mati tepatnya di Dusun Sipuk, Desa Sotimori, Kecamatan Rote Timur.

Teman Traveler bisa menyewa motor atau mobil di pusat Kota Ba’a kemudian menyusuri jalan yang cukup bagus menuju Wisata alam Pulau Rotesa satu ini, dapat ditempuh dalam waktu 90 menit. Suasana sekitar danau ini cenderung sunyi, tepat untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Keistimewaan danau ini terletak di pasirnya yang terbentuk dari kulit kerang, serta konon kandungan garam di sini tidak setinggi air laut pada umumnya. Menurut penduduk setempat beberapa ikan tawar dapat hidup di dalam air danau.

Batu Termanu

Batu Termanu via Instagram @trisnaindonesia

Batu Termanu bisa dikatakan sebagai destinasi wisata alam Pulau Rote wajib bagi traveler, berada di sebelah timur Kota Ba’a. Dapat ditempuh selama sekitar 30 menit dari Pelabuhan Ba’a. Teman Traveler tidak usah khawatir karena fasilitas transportasi menuju Batu Termanu cukup mudah didapatkan. Terbatasnya kata-kata tidak bisa menjelaskan secara rinci betapa menawannya alam Batu Termanu. Terdapat karang besar yang bisa dilihat dari bibir pantai, ditambah air di kawasan ini berwarna kebiruan yang sungguh menakjubkan.

Nah itu tadi beberapa wisata alam Pulau Rote yang harus disaksikan sendiri kecantikannya. Jadi semakin yakin bahwa Indonesia adalah surga di dunia. Bagaimana, yakin nih Teman Traveler nggak mau ke sini juga?

Advertisement
Tags
Indonesia NTT Nusa Tenggara Timur Pulau Rote Wisata
Share