Lembah Sindoro, Sudut Memikat dari Temanggung yang Indah

febri rama

febri rama

On Indonesia

Lembah Sindoro adalah salah satu kawasan wisata di Temanggung yang akan membuatmu senang. Apalagi jika ke sini dengan kesayangan, waktu bersama akan terasa lebih manis di tengah-tengah suasana romantis. Apalagi dengan adanya spot selfie cantik, Lembah Sindoro jadi lebih hits. Apa saja sih keistimewaan wisata yang juga disebut Lembah Posong ini?

1. Wisata dengan Tema Sunrise

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong
Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Via Instagram/@@nanangdoyok

Lembah Sindoro Posong berada di area yang dilewati oleh jalan raya penghubung Temanggung dan Wonosobo. Jadi sangat berpotensi dikunjungi banyak wisatawan. Letaknya ada di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung. Sejak dirintis sekitar tahun 2011 silam, sudah ada berbagai macam daya tarik di sini. Salah satunya adalah spot untuk melihat keindahan matahari terbit. Kamu akan dibuat terpesona saat cahaya merah menerpa gunung-gunung di kejauhan membentuk siluet keren.

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Via
Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Via Instagram/@@imam_stwn

2. Dua Gunung yang Jadi Pemandangan Andalan

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong
Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Via ngetripyuk.id

Lokasinya yang berada di lereng gunung membuat wisata Temanggung ini memiliki udara yang sejuk. Belum lagi hamparan perkebunan warga semakin menambah kecantikannya. Di beberapa sudut ada spot swafoto dengan latar belakang pegunungan. Salah satunya adalah gardu pandang, tempat yang bisa kamu datangi untuk menikmati panorama Gunung Sindoro dan Sumbing.

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong
Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Via dolandolen

3. Menuju Lembah Sindoro

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong
Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Via Bajalanan

Meski papan penunjuk arah ke tempat ini dari pusat Temanggung cukup jarang, kamu tak perlu khawatir. Karena letaknya yang dekat dengan pemukiman. Akses jalannya juga nyaman meskipun masih berupa batu yang disusun rapi. Baik mobil maupun motor bisa digunakan untuk menuju ke sini. Pengelolanya yang terdiri dari masyarakat setempat menarik retribusi dan parkir cukup murah, yaitu sekitar Rp7.000.

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong
Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Via Explore Wisata

4. Tempat Bersejarah Pangeran Diponegoro

Lembah Posong
Lembah Posong Via Instagram/@azis_radih_bjoo

Nama Kawasan Wisata Lembah Sindoro Posong sebenarnya lebih dikenal oleh wisatawan. Sebutan itu memiliki makna tersendiri dan berhubungan dengan cerita kepahlawanan Pangeran Diponegoro. Kabarnya saat zaman penjajahan Belanda dulu, Pangeran Diponegoro mendirikan pos di Tlahap. Saat keberadaannya diketahui Belanda, makan pos tersebut diserang. Namun karena pasukan Diponegoro sudah meninggalkan tempat itu sebelumnya, Belanda hanya mendapatkan pos yang kosong. Itulah asal-usul penyebutan Posong.

Lembah Posong
Lembah Posong Via Wisata Kuy!

Indahnya Wisata Alam Lembah Sindoro Posong memang mengagumkan. Kamu akan menemukan banyak hal yang seru di sini. Jadi tunggu apalagi, mari mampir ke Wisata Temanggung.