Keindahan Gunung Puntang, Pesona Alam di Ketinggian Bandung Selatan

Bandung memiliki beragam wisata yang ditawarkan. Ada budaya, surga belanja, hingga kuliner. Tak heran jika setiap akhir pekan dan musim liburan tiba, Kota Kembang ramai dikunjungi wisatawan. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan, yaitu mendaki Gunung Puntang. Bandung Selatan memang memukau, terutama panorama alamnya. Penasaran, kan? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Gunung Ramah untuk Pendaki Pemula

Gunung yang ramah di daki IG @adinda_huriyyah_r
Gunung yang ramah didaki via instagram/@adinda_huriyyah_r

Berlokasi di Bandung Selatan, Jawa Barat, Gunung Puntang merupakan bagian dari pegunungan Malabar. Meskipun kalah populer dengan Ciwidey dan Ranca Upas, keindahan dan kesejukan alamnya tak perlu diragukan lagi. Sama halnya dengan pendakian gunung pada umumnya, Teman Traveler hanya perlu mempersiapkan fisik, mental dan stamina prima. Terdapat 5 pos pendakian dengan estimasi normal 3 jam sampai puncak. Waktu terbaik untuk mendaki adalah saat musim kemarau.

Puncak Bernama Mega yang Memesona

Puncak Mega IG @kanianuryanti_
Puncak Mega via instagram/@kanianuryanti_

Puncak Mega adalah titik tertinggi Gunung Puntang yang mencapai 2223 Mdpl. Titik ini pula yang menjadi spot favorit para pendaki untuk berburu foto. Lukisan alam yang indah, membuat siapapun bakal betah untuk berlama-lama di sini. Puncak Mega kerap dijadikan para pendaki sebagai spot terbaik melihat matahari terbit. Teman Traveler juga bisa melihat keindahan alam Bandung dari ketinggian.

Spot Menikmati Sunrise yang Istimewa

Sunrise dari Puncak Mega IG @ajisami18
Sunrise dari Puncak Mega via instagram/@ajisami18

Momen yang paling ditunggu-tunggu para pendaki adalah menikmati keindahan surya saat terbit. Rasa lelah dan perjuangannya akan terbayar lunas dengan keindahannya. Jika cuaca sedang cerah, Teman Traveler bisa menikmati matahari terbit dari Puncak Mega. Bukan hanya melihat sunrise, panorama hijau serta bentangan Pegunungan Malabar dapat dinikmati di puncaknya. Begitupun saat malam hari yang cerah, City Light kota Bandung terlihat begitu indah.

Memiliki Air Terjun yang Indah

Air terjun Siliwangi IG @khansamadiyah
Air terjun Siliwangi via instagram/@khansamadiyah

Pesona Gunung Puntang tak hanya ada pada puncaknya. Namun, beberapa air terjun di sekitarnya juga menjadi daya tarik sendiri. Jumlahnya ada lima, yaitu Air Terjun Cigeureuh, Air Terjun Siliwangi, Air Terjun Cisaat, Air Terjun Gentong, dan Air Terjun Cihuripan. Dari kelima destinasi, Siliwangi menjadi primadona. Tingginya mencapai 150 meter dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Barat. Keindahannya bisa merelaksasi pikiran ketika lelah mendaki Gunung Puntang.

Tips Mendaki Gunung Puntang

Keindahan Gunung Puntang IG @faisalfatchurrahman
Keindahan Gunung Puntang via instagram/@faisalfatchurrahman

Gunung Puntang berlokasi di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Kurang lebih memerlukan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota untuk mencapai lokasi. Setibanya di Banjaran, mengarahkan kendaraan menuju Pangalengan. Terdapat 2 jalur pendakian, bisa melalui pos Perhutani dan pos PGPI (Persatuan Gunung Puntang Indonesia). Sementara tiket masuknya masih terjangkau, hanya Rp 22.500 per orang dan parkir Rp 2.000 untuk motor, Rp 10.000 untuk mobil.

Meskipun ramah untuk pendaki, tetap perhatikan keselamatan. Banyak tanjakan dengan berbagai macam tingkat kemiringan. Persiapan logistik yang matang, salah satu kunci untuk sampai puncak. Mendakilah saat musim kemarau dan pastikan tidak buang sampah sembarangan. Tetap ikuti aturan yang telah ditetapkan, ya.

Jadi bagaimana? Ingin menikmati alam Bandung Selatan dari ketinggian? Yuk, rencanakan mendaki Gunung Puntang. Jangan lupa ajak teman yang sudah berpengalaman. Selamat berlibur.

Tags
Bandung bandung selatan gunung puntang Indonesia Jawa Barat Wisata
Share