Mengunjungi Penangkaran Rusa di Indonesia, Beri Sensasi Seru Dekat dengan Hewan Lucu

Penangkaran rusa di Indonesia bisa sesekali dijadikan destinasi liburan saat benar-benar butuh hal baru. Datang ke tempat ini, pasti akan ada keseruan yang tidak bisa ditemukan di lokasi wisata lain. Bertemu dengan banyak rusa, memberi makan mereka dengan sayur-sayuran, akan membuat Teman Traveler semakin sadar bahwa di dunia ini manusia tidak hidup sendiri. Selain alam dengan segala sihirnya, ada juga hewan-hewan dengan kecantikan serta keunikannya. Lalu, di mana saja Teman Traveler bisa bertemu dengan rusa-rusa lucu itu? Ini dia tempatnya!

1. Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Siapa Mau Coba Memberi Makan Rusa
Siapa Mau Coba Memberi Makan Rusa via Instagram/trearere

Salah satu tempat penangkaran rusa di Indonesia, bisa Teman Traveler temui takjauh dari ibukota. Di Cariu Bogor tepatnya. Di kawasan ini, Teman Traveler bisa berinteraksi langsung dengan rusa yang memang dibiarkan bebas. Jenis rusa di tempat penangkaran ini antara lain Rusa Timor, Rusa Bawean dan Rusa Totol. Rusa di sini didatangkan dari berbagai wilayah di Indonesia. Serunya, untuk sampai sini, Teman Traveler harus melalui jembatan bambu di atas kali. Harga tiket masuknya juga tidak mahal. Terjangkau!

2. Taman Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman Lampung

Serunya Dikerumini Segerombolan Rusa di Tahura Wan Abdul Rahman Lampung
Serunya Dikerumuni Segerombolan Rusa di Tahura Wan Abdul Rahman Lampung via Instagram/riaferty12

Rusa di Tahura Wan Abdul Rahman Lampung merupakan rusa jenis Timor. Rusa-rusa tersebut didatangkan dari Penangkaran Rusa Cariu Bogor sejak 2012. Jumlah semula adalah 24 ekor. Terakhir, pada 2017 lalu, jumlah rusa naik hingga hampir 100%, yaitu menjadi 44 ekor. Tempat penangkaran rusa ini luasnya 1,5 hektar. Harga tiket masuk ke kawasan ini cukup murah, sekitar Rp5 ribu rupiah.

3. Penangkaran Rusa Penajam Paser Utara

Penangkaran Rusa di Paser Utara
Penangkaran Rusa di Paser Utara via Instagram/penajamku

Penangkaran rusa di Indonesia selanjutnya yang bisa Teman Traveler kunjungi untuk bertemu hewan lucu ini ada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Rusa yang ada di penangkaran ini merupakan jenis Sambar (Cervus unicolor brookei). Pada 1995, jumlahnya hanya 46 ekor. Sepuluh tahun kemudian, jumlahnya bertambah sampai 174 ekor.

4. Penangkaran Rusa Maliran

Berinteraksi dengan Rusa Bisa Jadi Seru
Berinteraksi dengan Rusa Bisa Jadi Seru via Instagram/popyauliaa

Untuk bertemu dengan rusa, Teman Traveler harus datang ke Desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Penangkaran rusa ini berada di kawasan Perhutani RPH Sumberingin. Di sini, Teman Traveler dapat langsung berinteraksi dengan rusa-rusa Jawa yang pada 2016 lalu jumlahnya mencapai 200 ekor. Di lokasi ini, Teman Traveler bisa bermain sambil memberi makan rusa, berinteraksi dengan mereka.

5. Penangkaran Rusa Ranca Upas

Berinteraksi dengan Rusa di Ranca Upas Bisa Seromantis Ini
Berinteraksi dengan Rusa di Ranca Upas Bisa Seromantis Ini via Instagram/maya_ayu

Mengunjungi tempat penangkaran rusa di Indonesia dengan suhu udara yang sejuk bisa Teman Traveler rasakan kalau berkunjung ke Ranca Upas. Dearah ini berada di ketinggian 1700 mdpl. Suhu rata-ratanya berada di antara 17 sampai 20 derajat celcius. Luas total kawasan ini adalah 215 hektare. Sementara itu, yang dikhususkan sebagai tempat penangkaran rusa, luasnya 3 hektare. Menikmati udara sejuk sambil main-main dengan rusa, kenapa tak dicoba?

Keberadaan tempat-tempat penangkaran rusa di Indonesia, menambah kaya pilihan liburan di negeri ini. Berkunjung bersama keluarga ke lokasi ini, bisa sekaligus menjadi sarana wisata edukasi yang murah dan tetap menyenangkan. Bagaimana, Teman Traveler tertarik berkunjung ke sini?

Tags
Bandung Blitar Indonesia Lampung penangkaran rusa di indonesia tempat penangkaran rusa Wisata
Share