Gunung Pemula di Jogja, Cocok untuk Latihan Mendaki

Mendaki gunung memang salah satu kegiatan seru yang banyak diminati. Semua orang, tak peduli latar belakang profesi maupun usia, seperti tak mau ketinggalan ingin mencoba aktivitas yang cukup menantang ini. Jika Teman Traveler sedang berada di Kota Gudeg, ada beberapa gunung pemula di Jogja yang bisa kalian coba untuk berlatih.

Pendakian sendiri bukan kegiatan main-main. Perlu persiapan ekstra agar semuanya berjalan lancar. Teman Traveler perlu membekali diri dengan pengetahuan cukup dan melatih kemampuan fisik. Salah satunya lewat pendakian jarak pendek di sejumlah gunung pemula di Jogja ini. Mana saja? Yuk, simak daftarnya.

Gunung Andong

img_2224_Mfr.JPG
Puncak Gunung Andong (c) Anggraini/Travelingyuk

Gunung setinggi 1.731 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini masih berada di sekitaran Jogja, tepatnya di perbatasan Salatiga, Kabupaten Semarang, dan Magelang. Untuk mendakinya Teman Traveler bisa melewati jalur Sawit maupun Pendem. Namun demikian, jalur yang disebut pertama sering jadi favorit karena tidak terlalu ekstrem, apalagi untuk pemula.

Jalur Sawit juga memiliki toilet di sekitar area menuju pos 2. Selain itu juga ada banyak warung dan sumber air. Kondisinya relatif ramai sehingga kemungkinan tersesat bakal lebih kecil. Begitu sampai di puncak, Teman Traveler bakal disambut kehadiran warung makanan, jadi kalian tak perlu membawa membawa bekal terlalu banyak.

Perjalanan menaklukkan puncak Gunung Andong hanya butuh waktu sekitar dua jam kok. Cukup singkat bukan?

Gunung Mongkrang

52080023_10214439390164065_5252565774022737920_n_dBv.jpg
Gunung Mongkrang (c) Anggraini/Travelingyuk

Gunung ini memiliki ketinggian 2.194 mdpl. Meski lebih tinggi dari Andong, jalur menuju puncak Mongkrang lebih landai dan tidak terlalu ekstrem.   Teman Traveler hanya butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai di tujuan utama. Di hampir tiap pos pendakian terdapat warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Mongkrang berada tepat di selatan Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Masih cukup dekat dengan Jogjakarta kok. Saat musim penghujan, kawasan sekitarnya bakal ditumbuhi banyak ilalang indah, sangat cocok untuk berfoto. Teman Traveler juga bisa menyaksikan gagahnya Gunung Lawu dari sini.

Gunung Telomoyo

img_2676_c63.JPG
Gunung Telomoyo (c) Anggraini/Travelingyuk

Gunung yang berada di ketinggian 1.894 mdpl dekat daerah Magelang ini cukup unik, lantaran bisa didaki dengan menumpang sepeda motor. Namun jika Teman Traveler ingin melatih otot sekaligus menyiapkan tubuh untuk pendakian yang lebih berat, bisa menyusuri jalurnya dengan berjalan kaki.

Hanya butuh waktu sekitar dua jam untuk mencapai puncak Gunung Telomoyo. Oh ya, di sini tidak ada warung makanan dan minuman, jadi Teman Traveler harus siapkan bekal sebaik mungkin.

Begitu sampai di puncak, Teman Traveler bakal disuguhi indahnya panorama hamparan awan plus gagahnya Gunung Merbabu. Pemandangan selama jalur pendakian pun juga tak kalah memanjakan mata. Dijamin semua letih yang dirasakan selama perjalanan bakal hilang begitu saja.

Gunung Api Nglanggeran

img_20190304_wa0013_vEQ.jpg
Puncak Gunung Api Purba (c) Anggraini/Travelingyuk

Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl dan hanya butuh waktu kurang dari satu jam untuk mencapai puncaknya. Di beberapa spot terdapat penjual makanan dan minuman.

Destinasi ini masuk wilayah Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Medan pendakiannya tidak terlalu terjal, dengan suguhan pemandangan yang sangat indah. Kalian bakal merasakan sensasi unik melewati celah bebatuan sempit yang hanya cukup untuk satu orang. Begitu sampai di puncak, Teman Traveler bakal saksikan indahnya hamparan sawah, tebing, dan Embung Nglanggeran.

Itulah empat gunung pemula di Jogja yang cocok untuk berlatih mendaki. Bagimanapun juga, mendaki gunung butuh kehatian-hatian dan persiapan matang. Sebelum mendaki, ada baiknya latih fisik terlebih dahulu dengan menjajal gunung dengan jalur pendek dan tak terlalu ekstrem.

Tags
Gunung untuk pemula Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share