7 Gunung Indah Kebanggaan Warga Tomohon, Sudah Pernah ke Sana?

Advertisement

Pantai atau gunung selalau punya cara sendiri untuk menyumbang kebahagiaan bagi para penikmatnya. Tomohon juga begitu, kabupaten di Sulawesi Utara ini memiliki banyak sekali destinasi wisata alam berupa gunung-gunung tempat melihat keindahan dari ketinggian. Seperti apa panorama yang ditawarkan? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Gunung Lokon

Gunung Lokon [image source]
Sebenarnya pendakian ke gunung ini menjanjikan tantangan dan pemandangan indah di setiap langkah kakimu. Hanya butuh waktu tidak sampai satu jam berjalan, sudah bisa melihat kawah dan lembah di kejauhan. Mendakilah saat pagi agar bisa melihat indahnya matahari terbit. Kamu akan tiba di puncak ketika udara masih sejuk dan segar. Namun kamu harus tetap berhati-hati, karena Gunung Lokon masih aktif dan terkadang menunjukkan aktivitas seperti mengeluarkan asap. Dari Manado, Gunung Lokon berjarak sekitar 20 km.

Gunung Lokon [image source]

2. Gunung Empung

Gunung Empung [image source]
Gunung Empung disebut juga sebagai kembarannya Gunung Lokon. Bahkan ada cerita yang mengatakan bahwa tempat ini adalah gunung tertua dan pertama di Sulawesi utara. Selain bertualang menikmati alam, kamu juga bisa melihat bagaimana kehidupan warga setempat yang mencari rotan di hutan. Lebih baik mengandalkan penduduk setempat sebagai pemandu jika ingin melihat lebiih dekat seperti apa rahasia Gunung Empung.

Gunung Empung [image source]

3. Gunung Mahawu

Gunung Mahawu [image source]
Mahawu tidak lebih tinggi dari Gunung Lokon, tapi keindahannya tidak kalah. Sebelum menemui jalan yang menanjak, kamu akan melihat hamparan perkebunan sayur milik warga setempat. Dari sini saja, udaranya sudah sejuk. Di beberapa titik, bahkan pesona Danau Tondano nampak jelas tak terhalang apapun. Perjalanan ke puncak juga tidak butuh waktu lama yaitu sekitar 1 jam.

Gunung Mahawu [image source]

4. Gunung Masarang

Gunung Masarang [image source]
Gunung Masarang juga juga bisa diakses dari Tomohon. Letaknya tepat di kawasan Tondano bagian utara. Memang tidak terlalu tinggi, dan perjalanan ke puncak juga mudah. Sama seperti gunung lain, Masarang masih belum dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Jika kamu membutuhkan penginapan, bisa bertanya pada penduduk di kaki Gunung Masarang.

Gunung Masarang dilihat dari Gunung Lokon [image source]

5. Gunung Tampusu

Danau Gunung Tampusu [image source]
Gunung Tampusu juga bisa kamu tuju untuk melihat cantiknya Sulawesi Utara. Bahkan untuk kamu yang tidak pernah mendaki, puncak Tampusu cukup mudah dicapai. Butuh waktu 45 menit berjalan kaki dari kaki gunung. Jangan lupa bawa perbekalan agar kamu tidak kelapran. Ada bonus danau keren di Tampusu. Tetap berhati-hati ya, karena tempat ini terkenal sebagai habitat lintah.

Danau Gunung Tampusu [image source]
Lokasi : Tomohon, Sulawesi Utara

Ada dua lagi ikon keunikan Tomohon yaitu Gunung Tatawiran dan Gunung Kasuratan. Ketujuh gunung tersebut menjanjikan keindahan alam. Meski kebanyakan tidak terlalu tinggi seperti Semeru di Jawa, kamu tetap harus berhati-hati. Jika bisa menggunakan pemandu, itu lebih baik dan yang pasti jangan buang sampah sembarangan.

Advertisement
Tags
Gunung Indonesia Sulawesi Utara Tomohon
Share