Air Terjun Goa Luweng, Wisata Tersembunyi di Kota Blitar

Advertisement

Berbicara mengenai Blitar, pasti langsung ingat dengan Bung Karno. Destinasi yang bisa ditemukan di sini tak hanya makam atau museum Bung Karno, lho. Ada banyak wisata alam yang siap membuat siapapun jatuh cinta. Salah satunya Air Terjun Goa Luweng yang memiliki bentuk unik dan lain dari pada lainnya. Penasaran kan? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Verwati Iriani.

Wisata Tersembunyi yang Belum Banyak Diketahui

Sumber : Ig hilmi_mpel
Keindahan alam air terjun di Blitar via instagram/hilmi_mpel

Keindahan Air Terjun Goa Luweng tak perlu diragukan lagi. Letaknya cukup tersembunyi. Dari pusat kota, Teman Traveler bisa mengarahkan kendaraan menuju Pantai Pangi atau Tambak, karena jalurnya searah. Tempat wisata ini berada Dusun Prodo, Desa Ngerjo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, tepat sebelum Monumen Trisula. Saat ini, wisata di Blitar ini dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar. Bahkan, mereka tidak segan-segan mengantarkan pengunjung secara sukarela ke lokasi mengingat letaknya yang jauh dari pemukiman warga.

Jalur Menuju Air Terjun yang Menawan

Dokumentasi Pribadi
Keindahan alam air terjun (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Masih jauh dari kata memadai, tentunya akses jalan menuju lokasi tidak cukup baik. Teman Traveler harus melewati ladang warga dan menelusuri jalanan setapak. Sebelum sampai di air terjun, ada dua pintu yang bisa dipilih pengunjung, yaitu pintu masuk dan keluarnya air. Biasanya, wisatawan yang datang ke sini memilih lewat pintu keluar aliran air. Aksesnya memang cukup unik mengingat letaknya yang berada di sekitar gua.

Asal Usul Nama Goa Luweng

Sumber : Ig fandycurtizs
Sudut lain dari air terjun via instagram/fandycurtizs

Nama Luweng sendiri berasa dari Bahasa Jawa yang berarti tungku. Hal ini dikarenakan bentuk wisata ini mirip seperti tungku dengan bagian tengah yang berlubang. Saat menjelajah sudut gua juga air terjun, Teman Traveler wajib hati-hati lantaran jalannya cukup licin. Jika pun ingin berfoto di atas bebatuan gua, harap hati-hati.

Dokumentasi Pribadi
Keindahan gua air terjun (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

 

Sumber : Ig indawatidewi
Bebatuan di dalam gua via instagram/indawatidewi

Saat jelajah air terjun serta gua di Blitar ini, warga sekitar tak hanya mengantarkan ke area wisata. Namun, mereka juga menunjukkan serta membantu pengunjung. Tujuannya tidak lain agar wisatanya dikenal banyak orang.

Nah, saat liburan ke sini, Teman Traveler tak perlu khawatir jika perut keroncongan. Pasalnya, sudah ada warung kecil yang menawarkan aneka makanan dan minuman untuk pengunjung. Warungnya berbentuk gubuk tersebut memang sederhana dan hanya terbuat dari bambu, tapi cukup jadi jujukan ketiga lapar sudah menyerang.

Itulah ulasan tentang air terjun Goa Luweng yang eksotis dan membuat siapapun jatuh cinta. Bagaimana dengan Teman Traveler, berminat untuk mampir ke sini?

Advertisement
Tags
Blitar Indonesia Jawa Timur wisata blitar
Share