Menjamah Gunung Abang, Puncak Tertinggi Ketiga di Pulau Dewata

Aktivitas pendakian gunung memang menjadi tren tersendiri bagi kalangan remaja. Selain mendapat pengalaman yang luar biasa, mendaki gunung juga bisa dijadikan sebagai sarana berolahraga sambil mengisi waktu berlibur. Gunung Abang yang ada di Bali merupakan salah satu destinasi mendaki gunung. Berikut ulasan mengenai pendakian Gunung Abang dan juga beberapa faktanya.

20190802_073539_diV.jpg
Penampakan Puncak Gunung Abang (c) Mas Gundrit/Travelingyuk

Puncak Tertinggi Ketiga di Bali

20190802_110208_tnc.jpg
Lanskap Lembah di Bali Bagian Utara (c) Mas Gundrit/Travelingyuk

Dengan ketinggian 2.152 mdpl, Gunung Agung menjadi puncak tertinggi ketiga di Pulau Dewata ini. Lokasinya berdekatan dengan Gunung Batur yang ada di sisi selatan dan Gunung Agung di sisi timur. Pendakian menuju puncak Gunung Abang membutuhkan waktu sekitar 5 jam dan turun gunung selama kurang lebih 3 jam.

Jarang Dijelajahi Turis

20190802_073801_L6z.jpg
Pemadangan Indah di Sekitar Gunung Abang (c) Mas Gundrit/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang belum pernah berkunjung ke Pulau Dewata Bali, pasti di benak kalian menyangka bahwa Gunung Batur dan Gunung Agung yang menjadi destinasi wisata favorit di Bali. Padahal Gunung Abang ini tak kalah apik dari kedua gunung lainnya. Selain itu, jalur pendakian Gunung Abang tidak terlalu sulit dan kalian bisa pergi menuju puncak tanpa harus menyewa guide lokal.

Puncak Kaldera Batur

20190731_112330_sd7.jpg
Foto dengan Pemandangan Gunung Batur (c) Mas Gundrit/Travelingyuk

Status Gunung Abang yang sudah tidak aktif atau biasa disebut dengan gunung mati juga menjadi salah satu gunung paling aman untuk didaki. Dengan ketinggian 2.152 mdpl, gunung ini juga merupakan puncak tertinggi dari Kaldera Batur yang memungkinkan Teman Traveler bisa melihat panorama Danau Batur dan Gunung Batur dari Puncak Abang.

Jarak Tempuh dari Denpasar Hanya 2 Jam

20190802_072442_O9m.jpg
Potret Gunung Batur dari Gunung Abang (c) Mas Gundrit/Travelingyuk

Untuk jarak tempuh dari Kota Denpasar ke Kintamani, Teman Traveler akan menempuh perjalanan selama 2 jam. Pada saat memasuki Kintamani, kalian harus membayar tiket masuk kawasan konservasi sebesar Rp 10.000 dan Rp 2.500, untuk asuransi selama Teman Traveler berada di kawasan konservasi ini.

Pemandangan Indah di Sekelilingnya

Potret di Puncak Gunung Abang (c) Mas Gundrit/Travelingyuk

Ketika Teman Traveler sudah berada di Gunung Abang, selama perjalanan menuju puncak kalian akan disuguhkan pemandangan lanskap dari Danau Batur dan Gunung Batur yang menjulang tinggi. Saat berlibur di tempat yang masih asri seperti di pegunungan, jangan lupa untuk membawa pulang sampah dari perbekalan yang dibawa.

Itulah ulasan mengenai Gunung Abang yang ada di Pulau Dewata, Bali. Tertarik untuk mengunjunginya bukan, Teman Traveler? Selamat berlibur!

Tags
Bali Pulau Dewata tempat wisata di bali wisata bali
Share