5 Jalur Pendakian Gunung Sumbing, Banyak Jalan Menuju Puncak

Advertisement
Advertisement

Gunung Sumbing merupakan salah satu yang harus didaki sebab di sinilah dapat merasakan keindahan alam tiada tara. Destinasi wisata ini berada di 3 wilayah kabupaten yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Terdapat beberapa jalur pendakian demi mencapai Gunung Sumbing. Mau tahu, kan? Yuk, simak kisah perjalanan saya berikut.

1. Garung

Garung adalah jalur yang sangat cocok buat Teman Traveler yang masih pemula, sebab jalannya tidak begitu menanjak. Selain itu, basecampnya juga mudah dicari karena berada di pinggir jalan. Jalur ini biasanya ramai oleh pendaki, jadi cocok buat kalian yang baru pertama kali ke sini.

Waktu tempuhnya adalah 8-9 jam, tergantung kecepatan kalian berjalan. Ada 3 pos yang akan kalian lewati sekitar 3-4 jam dan sampai puncak sejati sekitar 5 jam perjalanan.

2. Capit Parakan

Lokasi basecamp ini ada di Desa Capit, Parakan, Kabupaten Temanggung. Walau jarang orang lewat, tetapi di jalur inilah Teman Traveler akan mendapatkan pemandangan yang indah. Waktu tempuh jalur ini sangat singkat yaitu 7 jam dengan melewati 3 pos dan sampai puncak Buntu.

3. Kali Angkrik

img20190607152151_ICl.jpg
Kali Angkrik Desa Mangli Pos 2 (c) Azidane Selby/Travelingyuk

Jalur pendakian menuju Gunung Sumbing selanjutnya adalah Kali Angkrik. Di sini terdapat 2 basecamp yang berada di Desa Butuh dan Mangli. Jalur trekking di sini cukup menanjak. Teman Traveler akan melewati pos 4 dan pos 2 untuk tiba di puncak dalam kurun waktu sekitar 6 jam.

Bila melewati jalur ini, sempatkan untuk menyaksikan sunrise di pos 4. Di sinilah kalian akan melihat surga di atas awan yaitu Gunung Merapi dan Merbabu.

img20190608073835_Y8N.jpg
Puncak Sejati (c) Azidane Selby/Travelingyuk
img_20190608_055203_P4Y.jpg
Pos 4 (c) Azidane Selby/Travelingyuk

4. Bowongso

Jalur Bowongso cukup terkenal namun sangat sepi, karena treknya penuh tantangan dan rintangan. Namun, semua lelah akan terbayar dengan lanskap sabana indah serta puncak Rajawali dan Garung. Jarak tempuh kalau lewat Bowongso adalah kira-kira 7 jam.

5. Sipetung

Jalur Pendakian Gunung Sumbing
Pos 4 Gunung Sumbing (c) Azidane Selby/Travelingyuk

Terakhir adalah jalur Sipetung yang tergolong cukup menantang dengan jarak tempuh sekitar 7-8 jam. Sipetung sendiri berada di Desa Jambu, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing
Puncak Sejati (c) Azidane Selby/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang hendak mendaki Gunung Sumbing bisa melewati jalur pendakian di atas, ya. Jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan dan bawa turun sampah. Jadi kapan mau menjelajahi gunung di Indonesia?

Advertisement
Tags
Indonesia Jalur Pendakian Gunung Sumbing Jawa Tengah kontributor Travelingyuk Wisata wisata jawa tengah
Share