Mau Bermain di Negeri Atas Awan? Di Sini Tempatnya!

Advertisement

Tak kalah dengan Jogja, Semarang juga termasuk kota yang sering dijadikan destinasi liburan. Selain kota tua-nya yang menarik, kuliner Semarang juga punya tempat tersendiri di hati. Nah, ada yang terbaru nih dari Kota Lumpia, rasanya sayang banget untuk dilewatkan begitu saja. Ada apa, sih?

Gua Tempat Sunan Bertapa

Goa Kreo, Semarang
Gua Kreo, Semarang [image source]
Ada wahana baru di Gua Kreo yang menarik pengunjung untuk datang lagi. Gua ini dipercaya sebagai tempat bertapa salah satu Wali Songo, yaitu Sunan Kalijaga. Dulunya, gua ini sangat panjang dan ujungnya bisa berada di kota lainnya, yaitu Demak atau Kendal. Wahana baru yang ditambahkan di wisata sejarah ini, akhirnya bisa membuat Gua Kreo makin ramai dikunjungi. Wahana baru tersebut adalah rumah bambu dan negeri di atas awan untuk berselfie ria.

Rumah Bambu di Goa Kreo
Rumah Bambu di Gua Kreo [image source]

Dijaga oleh Ratusan Kera

Kera di Goa Kreo
Kera di Gua Kreo [image source]
Para guide di Gua Kreo menceritakan bahwa hingga kini lokasi ini dijaga oleh ratusan kera liar. Meski begitu, mereka sudah sangat terbiasa dengan kehadiran wisatawan. Namun, ada baiknya pengunjung yang datang tidak mengenakan aksesoris yang bisa menarik perhatian kera, seperti kaca mata, topi, dan yang lainnya. Diharap juga wisatawan yang datang tidak membawa makanan berlebih atau minuman yang bisa direbut para penunggu gua ini.

Banyak kera di Goa Kreo
Banyak kera di Gua Kreo [image source]

Pemandangan Sekitar yang Mengagumkan

Pemandangan dari Goa Kreo
Pemandangan dari Gua Kreo [image source]
Lokasinya sangat pas untuk sekedar menghabiskan akhir minggu bersama keluarga. Gua ini letaknya berada di tengah-tengah Waduk Jatibarang yang semakin menambah indah panorama di sekitar. Selain itu, wahana baru lainnya, seperti negeri di atas awan sangat menarik pengunjung untuk mengabadikan pemandangan ini. Foto-fotonya pun sudah mulai banyak beredar di sosial media. Wah, siap-siap antri, nih. Tak hanya unik, tiket masuknya pun sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 saja. Wisata ini terletak kurang lebih 13 km ke arah selatan dari Bundaran Tugu Muda.

Main awan di Goa Kreo
Main awan di Gua Kreo [image source]

Wisata Lain di Sekitar Gua Kreo

Lakers BSB
Lakers BSB [image source]
Serunya, Gua Kreo ini berdekatan dengan beberapa desa wisata, salah satunya adalah Kandri. Di sini kamu bisa mengajak keluarga untuk kembali ke alam dan bermain bersama. Selain turun ke sawah, kamu juga bisa turun ke sungai, lho. Seru banget. Tak jauh dari gua, tepatnya sekitar 30 menit ke arah Mijen, ada Lakers Club BSB Sport yang juga cocok dijadikan tempat menghabiskan akhir minggu. Kolam renang di sini langsung menghadap pemandangan alam bebas, lho. Sangat menyegarkan.

Desa Wisata Kandri
Desa Wisata Kandri [image source]

Kuliner yang Wajib Dicoba

Bebek Goreng Pak Thori
Bebek Goreng Pak Thori [image source]
Jalan-jalan ke kota lain, rugi jika tak menyempatkan diri menyantap hidangan setempat. Berjarak 7 menitan dari Gua Kreo, tepatnya di Jalan Raya Manyaran – Gunungpati, ada Ayam dan Bebek Goreng Pak Thori yang enaknya sudah banyak dibicarakan. Santapan makan siang yang sempurna, bukan? Kuliner Semarang lainnya yang tak boleh ketinggalan adalah Nasi Gandul, salah satunya adalah milik Pak Subur yang berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan. Nasi gandul adalah hidangan mirip dengan semur daging dan gulai. Nah, coba sendiri untuk tahu bedanya, ya.

Nasi Gandul Pak Subur
Nasi Gandul Pak Subur [image source]
Gua Kreo

Lokasi: Jl. Raya Gua Kreo, Kandri, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222

Nah, ada lagi nih alasan untuk berkunjung ke Semarang. Setelah puas menjelajah Lawang Sewu, boleh nih mampir ke Negeri di Atas Awannya. Setuju, kan?

Advertisement
Tags
gua Indonesia Jawa Tengah semarang
Share